16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (2)

16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (1)

FUJIHARU – Berikut ini adalah kebiasaan jelek yang buat bangkrut. Please, jika kamu merasa telah melakukan hal hal ini, ubah sekarang agar hidupmu semakin makmur dan pastinya memberikan vibe positif terhadap sesama.

16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (1)

Kebiasaan jelek ini bukan hanya milik orang Indonesia, tapi banyak orang mengalaminya. Tapi, dengan mengubah kebiasaan buruk ini, maka hidupmu akan semakin bermanfaat.

Baca juga: 6 Alasan memilih Reksa Dana Tokopedia

Apa sih kebiasaan?

Kebiasaan adalah proses berulang ulang suatu kegiatan. Lama kelamaan hal ini bisa menjadi semacam kebutuhan.

Jika kebiasaannya baik, maka hal itu akan sangat menguntungkan. Bagaimana jika kebiasaan yang ada justru kebalikannya? Kebiasaan jelek misalnya?

Contoh kebiasaan baik adalah saat ketika berterimakasih ketika diberi sesuatu, olahraga rutin, makan makanan sehat, dll. merupakan contoh kebiasaan baik yang patut terus dilakukan.

Kebiasaan buruk adalah kejadian atau proses berulang yang proses atau hasilnya jelek, sehingga mendapat predikat kebiasaan buruk.

Baca Juga  Daftar kelurahan yang diblacklist program pemagangan ke Jepang

Contohnya kebiasaan mengumpat, awalnya mungkin hanya ingin terlihat keren, tapi jika dilakukan terus menerus, bukan hanya kamu yang terkena imbasnya, orang sekitar juga jadi tidak nyaman denganmu.

Contoh perbuatan buruk lain adalah belanja sesuatu yang tidak dibutuhkan. Kita sering cek barang barang online. Tanpa kita sadari kita membelinya, padahal kita sama sekali tidak membutuhnya.

Atau satu contoh yang sangat terkenal dikalangan orang asing atau tepatnya orang Jepang adalah kebiasaan buruk orang Indonesia terkait waktu. Kita sering disebut orang yang tidak tepat waktu. Kita seenak udel saat janjian. Itu sangat merugikan.

Padahal kita tahu sendiri orang Jepang sangat tepat waktu. Aku sering mendapat omongan miring ini saat di jepang dan juga saat kerja di perusahaan asing. Katanya orang Indonesia sering tidak tepat waktu.

Sakit sih, tapi mau bagaimana lagi, semoga kedepannya kebiasaan baik orang Indonesia yang bisa terlihat dari semua orang. Amiin.

Kali ini akan membahas bagian pertama kebiasaaan jelek yang buat bangkrut.

Baca juga: Jangan menabung, tapi investasilah

Lalu apa saja kebiasaan buruk atau jelek yang buat bangkrut seseorang?

1. Merokok

Rokok itu mahal dan membuat kesehatanmu jadi tidak seperti sediakala. Bayangkan orang orang yang merokok itu duitnya ditabung, dapat uang berapa coba?

Baca Juga  Ads.txt apakah itu?

2. Minum Alkohol

Minum alkohol bukan hanya dilarang agama, tapi karena harga mahal dan membuat otakmu tidak bekerja secara benar. Alkohol membuatmu jadi lupa diri.

3. Kopi mahal

Mungkin karena gengsi atau memang karena ketergantungan, kamu jadi beli kopi mahal secangkir, padahal jika kamu buat sendiri dirumah, kamu bisa membuat 20 cangkir kopi. Mahal digengsi lho.

4. Air botol

Air mineral mungkin murah cuma 3000 perbotolnya, tapi bayangkan jika kamu meminumnya setiap hari? Jumlahnya semakin membengkak. Padahal kamu bisa minum air putih dirumah sekaligus menjaga lingkungan juga.

5. Poin game

Saking inginnya skin gamemu bagus, kamu harus beli poin yang harganya mahal. Jika ditabung, kamu mendapatkan uang lebih. Atau bisa juga digunakan untuk investasi.

6. Judi

Kata bang haji Rhoma, jangan judi. Judi itu membuat semua hal jadi berantakan. uang jadi hilang, kamu bisa jadi berbuat jahat, dll. Hindarilah judi.

Baca juga: Mencairkan reksadana Tokopedia 2 menit cair

7. Beli barang mewah

Kamu terobsesi dengan barang branded, padahal kamu bisa mendapatkan jenis barang yang sama dengan brand yang beda dan jauh lebih murah.

Baca Juga  Manakah yang Kamu Pilih? Laptop, Radio atau Televisi?

Banyak kok barang tidak bermerk yang bagus dan tetep membuatmu gaya.

8. Kebutuhan beli HP baru

Setiap ada produk baru hape ingin beli? Ingat, tujuanmu beli hape buat apa? Untuk komunikasi agar lebih gampang, bukan? Apakah harus beli hape keluaran terbaru? Duitmu bisa dihemat sekian juta.

Sebisa mungkin hape diganti per 5 tahun jika tidak ada kebutuhan mendesak untuk beli karena fungsinya masih bagus kok.

Kebanyakan orang yang ingin beli hape baru karena hanya mengejar gengsi dan hype saja. Hindari hal hal berbau hype sesaat tersebut.

Itulah beberapa hal jelek yang seharusnya kamu buang agar hidupmu semakin makmur dan uang yang ada bisa digunakan untuk investasi.

Banyak kok investasi yang cocok buat pemula seperti kita. Kamu bisa investasi emas, reksdana, nabung biasa, atau kamu jualan pulsa atau kuota. Kan duitnya berputar, bukan hanya sekedar habis tidak bersisa untuk hal hal yang merugikan.

Baca juga: 16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (1)