16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (2)

16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (2)

FUJIHARU – Kamu mempunyai kebiasaan jelek ini? Please segera buang agar hidupmu semakin maju dan tidak bangkrut dibuatnya.
16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (2)

Kebiasaan baik dan buruk ini pasti pernah kita lakukan. Karena tidak baik, maka segera hindari dan ubah kebiasaan tersebut agar jadi bagus.

Kebiasaan jelek ini adalah part 2 dari artikel sebelumnya.

Baca juga: 16 Kebiasaan jelek yang buat bangkrut (1)

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang Indonesia adalah jam karet alias tidak tepat waktu. Sering sekali aku melihat ketidaktepatan ini ada disekitar kita. Makanya aku sering mendengar teman jepangku yang bicara bahwa orang Indonesia tidak tepat waktu.

Tapi tidak semua orang Indonesia mempunyai kebiasaan jelek kok.

Table of Contents

Dan, ini adalah kebiasaan jelek yang buat bangkrut part 2:

 9. Lupa membatalkan free subscription

Kamu mungkin suka dengan subcription film di Tv atau internet secara gratis untuk bulan pertama, tapi ingat biasanya mereka akan mengotomatisasi pendaftaran kita yang awalnya gratis, lalu kita lupa mematikan gratisan tersebut sehingga bayar. Bukan hanya bayar hal yang kita dapatkan. Tapi ketika kita terlalu banyak menonton film, maka kita juga akhirnya kurang produktif.

10. Tiket Lotere

Kamu mungkin berharap dengan membeli lotere yang murah dan bisa mendapatkan undian besar, bukan? Meskipun begitu, kemungkinan kamu untuk menang juga kecil lho. Lebih baik tabung uangnya dan beli sesuatu yang berguna agar bisa mendapatkan pasif income.

Baca juga: Cara mencairkan reksadana di tokopedia

11. Kendaraan yang tidak perlu

Kita dengan mudah memanggil taksi atau kendaraan berbayar semacam mobil pribadi, tapi hal itu justru akan membuat kantongmu jebol. Bayangkan jika kamu ambil bus yang harganya murah, mendukung pemerintah agar kendaraan tidak terlalu banyak dan juga hemat uang pastinya. Atau jika memungkinkan bisa jalan kaki.

Baca Juga  Festival obon matsuri di Jepang

12. Lupa nyari diskon

Saking inginnya kamu pada suatu barang, kamu sampai lupa untuk mencari diskonan dari barang yang kamu inginkan. Selalu cek ricek ya, siapa tahu kamu mendapatkan diskon besar dari barang yang akan kamu belanja sehingga bisa mengirit pengeluaranmu.

13. Beli onlyfans

Jika kamu daftar atau beli di onlyfans, maka kamu akan kena charge yang besar karena mereka memberikan hal eksklusif untukmu. Pikirkan lagi apakah sebanding dengan yang kamu keluarkan dan apakah akan membuatmu semakin produktif dalam bekerja?

14. Tidak bayar kartu kredit secara penuh

Selalu bayar kartu kredit secara penuh, jangan sisakan terlalu lama. Semakin lama kamu menggunakan kartu kredit, maka akan semakin besar duit yang akan kamu bayarkan.

15. Beli barang sembarang

Kamu ingin membeli barang apapun, padahal tidak butuh. Hindari barang barang online yang tidak dibutuhkan. Ingat, kamu hanya ingin, bukan butuh.

16. Sering makan di luar

Sesekali makan dluar tidak masalah kok, tapi jika sering dilakukan maka dompetmu akan semakin menjerit dan tipis.

Masak dan makan di rumah jauh lebih hemat dan juga lebih yakin dengan kebersihannya daripada makan di luar rumah.