Kerja part time jobs di Jepang - Fujiharu.com

Kerja part time jobs di Jepang

Fujiharu.com - Jepang itu surganya part time jobs, baito atau arubaito. Btw, arubaito itu apaan sih? Berdasarkan wikipedia, arubaito atau baito itu dari bahasa Jerman. Ya artinya kerja sampingan itu. Banyak yang menyebutnya baito. Lalu, bagaimana part time job bisa menjadi surga di Jepang? 

Banyak orang yang mencari pekerjaan setelah menampatkan SMA, Senmon Gakkou atau Universitas, dan jika masih belum menemukan pekerjaan yang cocok, mereka biasanya menjadi baito di tempat tertentu. Bahkan, banyak juga yang nggak mau kerja secara permanen, mereka lebih memilih baito, meskipun gajinya nggak terlalu besar. Mereka bilang yang penting gaji bisa untuk biaya hidup selama di Jepang. dan, nggak mau terikat dengan perusahaan secara mendalam. Lalu, aku melakukan baito apa agar survive di Jepang yang notabene surga baito? 
ARUBAITO ATAU KERJA SAMPINGAN DI JEPANG
Salah satu majalah part time job di Jepang

Menjadi baito san atau pelaku baito itu lumayan seru juga lho. Memang sih dari segi fasilitas mungkin beda dengan karyawan tetap, tapi enaknya bisa menentukan kapan liburnya, tapi tetep ya izin dulu. Menjadi baito juga seru bagi siswa dan mahasiswa yang sedang belajar di negeri Jepang. Kayak aku, sepulang sekolah langsung baito. Biasanya baito akan lebih banyak tersedia lowongan kerjanya di kota besar seperti Tokyo, Osaka, Kyoto dan kota besar lainnya.

Nah duit yang kita dapat dari baito bisa digunakan untuk bayar sekolah, bantu orang tua atau nabung untuk jalan jalan. Seru kan? Tapi berapa sih perjam untuk baito ini? Biasanya tergantung jenis pekerjaannya sih. Contohnya aku, baito di restoran yang pekerjaannnya membuat sushi. Sebagai training untuk 30 jam pertama dibayar 730 yen perjamnya (kalo ga salah). Setelah melewati jangka waktu tersebut, aku akan dapat 870 yen. Itu pun hanya untuk heijitsu atau hari biasa seperti senin-jumat. Kalo sabtu minggu, karena shukujitsu atau libur, maka perjam jadi 930 yen. Gede nggak sih segitu? Ya menurut aku sih lumayan. Soalnya ada juga yang perjamnya 800 yen. 

Baca Juga:

Kerjaan lain berapa? Ya ada juga temen yang kerja di pembuatan bento, katanya perjamnya 1000 yen keatas, wuih,,,itu baru namanya gede. Tapi waktu pengerjaannya malam hari. Kira kira perbulan bisa dapat berapa ya? Tergantung jam kerja kita. Bisa 10 man - 30 man yen. Gede banget kan? Untuk kehidupan disini mah udah cukup. Tapi bagi yang share house ya. Kalo tempat tinggalnya sendiri mah mampus aja gaji segitu. Wakakakak. Abisnya bayar apaato aja sekitar 5 man, lalu makan minum sekitar 2 man, bayar listrik air juga 2 man, kan gede banget. Tapi jangan khawatir, rejeki nggak tertukar. Insya allah.

Untuk baito ini, kamu bisa nyari di majalah majalah, di internet, depan toko yang membuka baito, atau ke pusat tempat informasi baito. Biasanya ada bagian yang khusus menginformasikan baito. Btw, cari baito yang pas. Pas gaji dan pas di hati. Hahaha.

Bagi yang jago berbahasa Inggris, kamu bisa mendaftar baito di sekolah bahasa Inggris untuk menjadi tutor. Perjamnya lebih besar lho. Aku pernah liat di web perjamnya bisa dibayar sekitar 3000 yen sampai 3500 per jam nya. Gurih banget kan? Jika dikonversi ke rupiah maka sekitar Rp. 400.000 perjam. 

ARUBAITO ATAU KERJA SAMPINGAN DI JEPANG

Tapi, bagi aku, yang namanya baito ini tetep kudu dicoba, soalnya hanya ada di negara maju aja kerjaan kayak gini. Kalo di Indonesia ada ga ya? Ada sih, tapi kayaknya sesusah mencari jarum ditumpukan jerami. Kita harus bawa magnet segede mobil untuk menarik jarum itu. Hihihihihi. Jepang emang surga baito ya.

Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

0 Response to "Kerja part time jobs di Jepang"

Post a Comment

Ayo berkomentar santun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel