Mata Uang Jepang Yen - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mata Uang Jepang Yen

Fujiharu.com - Semenjak berada di Jepang, praktis semua hal berhubungan dengan Jepang, apalagi dengan uangnya. Biasanya berhubungan dengan rupiah, kini berhubungan dengan rate uang Yen Jepang, atau orang Jepang menyebutnya "en", "eng". Mata uang Jepang cukup berbeda dengan Indonesia. Kenapa? Karena nilainya lebih tinggi pastinya. Haha dan aku suka uang yang 10000 yen dan 5000 yen.

Mata Uang Jepang
Mata uang Yen

Setiap menerima gaji atau bayar belanjaan, pasti pake yen ini, ya iyalah masa barter, emang kita hidup dimana? Wakakakak bisa aja ya barter ama hatimu. Ciah......

Baca Juga:

Lambang Mata Uang Jepang

Duitnya tidak seperti rupiah (idr) Indonesia yang berwarna warni ngejreng, apalagi kalo menerima yang paling ngejreng warna merah, alias duit 100rb. Hahahahah yang biru mengkilat juga ga apa apa,,,kekekekekek 50rb. Duit yen warnanya lebih ke coklat kebiruan gitu. Begini nih penampakannya.

Ada lambang seperti burung phoenix, orang ternama jepang pada masanya dan pemandangan alam.


Mata Uang Jepang
Mata Uang Yen

Udah liat kan gambar uang yen? Pecahan nominal uang yen adalah sebagai berikut ini:

1. 1 yen (koin)

2. 5 yen (koin)

3. 10 yen (koin)

4. 500 yen *go hyaku (koin)

5. 1000 yen * sen (kertas)

6. 5000 yen * gosen (kertas)

7. 10.000 yen * ichi man (kertas)

1 Yen berapa rupiah?

Dari semua jenis uang itu, aku paling suka yang ichi man atau 10000 yen. Disamping nilai uang yang lebih besar, aku suka sekali bentuk dan juga gambarnya. Lebih kokoh dan enak aja. Mirip uang 100 ribu rupiah. Uangnya nggak gampang kusut, berbeda dengan jenis yang lainnya (?).

Mau nanya dong? Satu yen berapa rupiah sih? Tergantung fluktuasi pasar ya, jadinya beda beda, tapi rata rata kurs yen ke rupiah sekitar 110-130 rupiah per satu yen. Ada kejadian lucu ketika baru pertama kali ke Jepang. Setiap belanja, pasti diotaknya langsung mengkonversinya ke rupiah. Waduh, mahal banget! Masa iya air minum yang sekitar 330 ml kalo di Indonesia seharga 2000 rupiah, di Jepang bisa seharga 10 ribu atau 20 ribu! Mahal bingo. Wakakakakak.

Tapi itu hanya sementara, ya sekitar 2 sampai 3 bulan. Setelahnya otak nggak pernah konversi kayak gitu lagi. Capek! Kan digaji juga dengan yen, buka rupiah, jadi sepadan Insya allah.

Tukar Yen ke Rupiah

Jika kamu punya uang Yen, lebih baik ditukar di money changer yang ada di tengah kota. Kenapa? Soalnya jika kamu menukar uang yen ke rupiah, begitupun sebaliknya, nilainya menjadi semakin kecil. 

Jika kamu menukar di money changer di bandara atau bank, terkadang taksirannnya nggak sebesar money changer.

Aku pernah mengalaminya saat akan ke Jepang, aku menukar di money changer di bandara, hasilnya bikin sedih. Huks.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Mata Uang Jepang Yen"