Undokai sports day in Maebashi - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Undokai sports day in Maebashi

Fujiharu.com - Sekolah di Jepang identik banget lho yang namanya undoukai (Undokai) atau sport competition (sport day). Banyak juga yang menyebutnya dengan sebutan Japanese Sports Festivals Games. Dalam acara undokai, kita diharapkan bisa bekerjasama dengan baik, kerjakeras dan mementingkan tim. Event olahraga tersebut biasanya dilaksanakan setahun sekali. Biasanya dilakukan setelah liburan summer atau musim panas. Biasanya udara sedang menuju dingin karena akan musim gugur atau autumn.

Apakah itu Undokai?

Undokai adalah hari olahraga atau hari atletik yang dilaksanakan dari tingkat SD, SMP dan SMA. Bahkan Tk dan juga universitas juga ada lho.

Saat undokai dilaksanakan, suasana sangat ramai dengan teriakan anak SD dan orang tuanya yang menonton dipinggir lapangan. Aku pernah melihat orang yang menyiapkan kursi kursi kecil untuk menonton saat undokai berlangsung di lapangan luas.

Teriakan, "Ganbare! Ganbare!" "Ganbatte kudasai!" begitu lantang terdengar.

Ajang olahraga satu grup sekolah

Karena aku ada di kota Maebashi, kota kecil di daerah Gunma, aku juga mengikutinya dalam rangka Undoukai, Japanese School Sport Competition. Selalu ada aja tentang yang namanya Undoukai ini. Undoukai bisa diartikan dengan lomba olahraga. Kita biasanya diadu dengan kelas lain. Bisa juga diadu dengan sekolah lain. Kebetulan kita semua adalah satu bagian dari NIPPON ACADEMY, so NILA, NICA, OMOTENASHI gabung semua untuk unjuk diri dalam ajang atau kompetensi olahraga.

Nippon Academy merupakan grup yang membawahi beberapa sekolah bahasa Jepang untuk siswa asing yang ada di Maebashi, Gunma. Kita bukan hanya belajar bahasa Jepang, tapi juga kebudayaannya. Untuk sekolah Omotenashi, bukan hanya bahasa jepang yang dipelajari. Ada bahasa Jepang, bahasa Inggris, kebudayaan, bahkan lebih spesifik ke beberapa pekerjaan sebagai seorang ahli hospitality. 

Saat itu, banyak anak Indonesia yang belajar bahasa Jepang di sekolah NICA, Nippon Culture Academy. Sedangkan siswa dari negara lain kebanyakan masuk di sekolah NILA, Nippon Language Academy. Dari lulusan sekolah bahasa jepang ini, banyak sekali yang telah bekerja dan menetap di Jepang lho. beberapa teman juga bisa mendapatkan JLPT N2 dari sekolah ini.

Undoukai ini sepertinya cukup penting posisinya dalam mata pelajaran disekolah. Biasanya diadakan setiap setahun sekali. Kalo di Indonesia seperti lomba setelah Ujian Akhir Semester atau UN gitu. Biar anak anak fresh kembali. Nah begitupun dengan kita.

Acara Undoukai di Yamato Taiikukan Maebashia
Kegiatan undokai

Undokai sebelumnya di Shikishima park, Gunma

Tahun 2015 yang lalu, Undoukai diadakan di Shikishima Kouen, tempatnya cukup jauh, tapi pemandangannya itu enak banget, indah dan luas tempatnya. Mirip taman kota, atau hutan kota (?). Soalnya lebat dan rindang. Untuk tahun ini sedikit berbeda. Kita akan bertanding di Yamato Taiikukan, salah satu tempat Gym di Maebashi. Lho kok nggak diluar sih? Soalnya kalo diluar semua akan kedinginan. Maklum, Maebashi kena musim dingin lebih cepat. Bulan November aja ada salju, padahal sebelumnya belum pernah terjadi, kecuali 54 tahun yang lalu. Nah, karena alasan dingin dan lainnya, kita melakukan undokai di Gymnasium ini.

Beberapa dari kita membawa bento untuk makan siangnya, atau banyak juga yang bawa roti untuk mengganjal perut selama pertandingan berlangsung.

Hadiah untuk sang Juara

Hadiah yang diberikan pada sang juara biasanya cuma kenang kenangan dan info bahwa kitalah juaranya. Atau yang paling banter dapat roti. Hahaha. Tapi, acara undokai biasanya bukan mencari juaranya, tapi kebersamaannya.

Baca Juga:

Acara Undoukai di Yamato Taiikukan Maebashia
Suasana saat menunggu pertandingan

Jenis lomba undokai

Lombanya apa saja sih? Jangan mikir kayak di Indonesia ya, kayak futsal, Bola, Basket dll. Bukan....disini lombanya adalah tamaire, memasukkan bola ke keranjang, tapi bolanya banyak banget. Siapa yang memasukan bola lebih banyak maka akan jadi pemenang; Tarik tambang antar kelas. Yes, kelas kita juara. Hahay. Dan yang terakhir adalah kana. Kita nyari huruf, tapi si huruf ada di belakang punggung lawan.

Kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan antar teman. Kita bukan hanya belajar bahasa Jepang dan kebudayaannya, tapi juga hampir segala aspek.

Acara Undoukai di Yamato Taiikukan Maebashia

Lomba yang paling menarik tentu saja lomba Tarik tambang. Kita seolah perang dengan negara negara lain. 

Lomba antar negara

Indonesia! Indonesia! Indonesia! Hahahah seru, abisnya kita bener bener ngeluarin tenaga saat itu. Sport competition yang awalnya hanya sebatas perkelas kini antar negara. Kebanyakan sekolah kami diisi dengan anak Indonesia, China dan Vietnam. Ramai! Dan ketika kelas kita menang, puas.......banget. Menjuarai tarik tambang di undokai atau sport competition ini serasa menjadi atlet Indonesia yang berjuang di Olimpiade. Haha. Btw, thanks buat Osawa sensei yang udah support kita abis abisan juga. Minna ganbattayo! 

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Undokai sports day in Maebashi"

Berlangganan via Email