Cara mengirim barang dari Jepang ke Indonesia

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara mengirim barang ke Indonesia dari Jepang? Bagaimana jika sebaliknya kirim barang dari Indonesia ke Jepang? Ini adalah pengalaman kirim peket ke Indonesia dari Jepang, tepatnya Maebashi Gunma. Saat kirim ke Indonesia, aku menggunakan jasa kirim barang Japan Post (Pos Jepang/ yubin). Sedangkan ketika kirim barang ke Jepang, aku menggunakan Pos Indonesia karena biaya ongkos kirim/ ongkirnya lebih hemat dibanding jasa pengiriman barang sejenis. Apakah proses kirim barangnya susah? Gampang.

Jasa Kantor Pos Jepang Praktis

Kegiatan apapun yang dilakukan di Jepang sangat mudah, apalagi cuma kirim barang dari Jepang. Tunjukin caranya dong! Datang aja ke Yuubin (kantor Pos Jepang) terdekat. Kalo kalian nggak bisa ngomong bahasa Jepangpun, nanti ada petugas yang bantu. Ya mungkin pake bahasa tubuh, tapi masih bisa dimengerti. Cerita ini aku lakukan saat kirim paket dari Jepang maupun sebaliknya dari Indonesia. Ongkos kirim atau ongkirnya hemat, Nggak mahal kok. Tapi, apakah sehemat dengan PT Pos Indonesia? 

Berikut ini adalah contoh pengiriman paket barang

Jika kamu nggak bisa bahasa Jepang, ayo belajar bahasa Jepang dengan buku Minna no nihongo edisi kedua versi bahasa Indonesia. Kamu juga bisa mendownload atau membeli bukunya. Harganya sekitar Rp. 92.000.

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya
Kardus yang akan dikirim

Jasa kurir selain Pos Jepang dan Pos Indonesia

Sebenarnya banyak jalan untuk mengirim barang ke roma, eh salah, ke Indonesia dari Jepang. Malah yang lebih murah juga, konon katanya ada, biasanya dihitung perkubik barang, pasti dikirimnya bareng dari Jepang. Ya bahasa kerennya nebeng ekspor impor gitu ya. Salah satu forwarder atau nama jasa pengiriman barang yang aku tahu adalah Nice Cargo Indonesia. Kita bisa kirim barang dari Jepang ke Indonesia atau sebaliknya. Saat itu aku belum kesampaian, soalnya kalo dihitung hitung, masih murah menggunakan pengiriman JP Post. Btw, petugasnya ramah lho pas aku kirim dari Maebashi, Gunma Jepang.

Hal yang dipersiapkan saat kirim barang

Jika kamu akan mengirim paket ke Indonesia dari Jepang, diharapkan kamu mempersiapkan hal penting berikut. Inilah cara kerja yang aku gunakan saat mengirimkan via pos manapun.

1. Pastikan barang dipacking rapi.

Sebelum ke Yuubin (Japan Post), pastikan barang yang kita kirim sudah rapi dikemas dengan baik saat di Jepang, bisa menggunakan karton bekas makanan atau karton bekas belanja. Jangan lupa kemas juga dengan plastik biar lebih aman dari suhu lembab atau air yang bisa merusak kartonmu. Itu kondisi ekstrimnya ya. Siapa tahu ketika di Indonesia lagi musim hujan. Atau jika kamu nggak punya karton, bisa beli di JP Post langsung kardusnya. Harga per kardus hemat kok, nggak lebih dari 500 yen. Kalian bisa memilih sesuai ukuran dan harganya.

2. Tulis nama penerima dan pengirim

Memang benar kamu akan menulis kembali di kertas yang disediakan oleh petugas pos jepang, tapi nggak ada salahnya kamu menulis sendiri dengan tulisan jelas agar kardusmu mudah dikenali.

3. Jasa yang digunakan saat mengirim barang

Nanti akan ditanyakan kamu akan menggunakan jasa apa? Pesawat atau kapal laut? Penggunaan pesawat akan lebih mahal dari kapal.

4. Berapa Kira kira harga paketmu?

Ketika akan kirim paket, maka harga paketmu akan dikira kira harganya. Ini untuk menghindari kehilangan atau ganti rugi kali ya. Berhubung aku hanya mengirimkan merchandise kecil yang murah, jadi nggak terlalu memikirkannya. Bagi yang mengirimkan barang mahal, tolong dipikirkan baik baik. Nggak mau hilang kan?

5. Simpan bukti pengiriman

Jika telah selesai prosesnya, maka simpan bukti pengiriman karena kamu bisa tracking barang dengan nomor yang disediakan oleh pos. Jika masih di jepang, percaya deh barangmu aman. Jika ke Indonesia, banyak banyak berdoa aja.

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya
Jika telah rapi, pasang nama penerima dan juga pengirim di bungkusan tersebut, biar terjadi sesuatu gampang dicarinya. Kan lucu masa mau kirim barang, tapi nggak jelas siapa penerima dan pengirim barangnya.

Datangi kantor pos terdekat. Lalu mereka akan menanyakan apa isi barang, lalu seharga berapakah barang tersebut, mau dikirim melalui udara atau kapal. Setelah ditanya, maka akan ditimbang terkait pengiriman barangnya. Nah hasil timbangan tersebut menentukan harga pengirimannya.

Baca Juga:

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya

Jasa yang digunakan: pesawat atau kapal

Ups, yang terpenting adalah apakah jasa yang akan kita kirim. Dengan pesawat atau kapal? Pesawat pastinya lebih mahal karena lebih cepat, sedangkan dengan kapal lebih hemat. Kebetulan aku pake yang hemat aja untuk sahabat yang ada di Indonesia. Saat itu uang yang aku gunakan sebagai biaya pos sekitar 2000 yen sekian untuk ongkos kirim atau ongkirnya. Mungkin karena nggak terlalu berat juga kali ya. 

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya
Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya

Bagaimana dengan dari Indonesia ke Jepang?

Jasa pengiriman barang dari Indonesia ke Jepang hampir sama, intinya kalo di Indonesia dihitung perkilonya berapa. Nah, berhubung aku kangen banget ama trasi Indonesia, makanya pesan ke kakak dan bibi tercinta untuk dibuatkan sambel trasi dan juga pesanan lainnya. Makasih kak, bi, love you! Sedikit info, nih barang kalo di Indonesia mungkin harganya cukup mahal, tapi kalo di Jepang, lebih mahal lagi. Lalu kalo harga barang Indonesia dijumlah harga kirim mahalan mana? Tergantung barangnya sih, tapi dalam kasus aku, mahalan dari Indonesia. Tapi, harga mahal tidak sebanding dengan enaknya buatan makanan keluarga. Tak terhingga rasa dan harganya. Sedap! 

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya

Menggunakan Pos Indonesia karena lebih hemat dibanding kurir sejenis di Indonesia

Untuk jasa pengiriman, tentunya keluargaku menggunakan PT Pos Indonesia yang lebih hemat dibandingkan dengan yang lainnya.

Kalo nggak salah perkilo sekitar 300rb, cukup mahal jika dibandingkan dengan ongkos kirim Jepang ke Indonesia ya. Sekarang lagi harap harap cemas, soalnya barangnya dikirim beberapa hari yang lalu.


Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya

Mau jasa yang lebih hemat dari semuanya? Ada!

Caranya cukup siapkan barang dengan rapi dan bagus, lalu titipkan ke teman, keluarga atau orang yang dikenal yang akan menuju Indonesia atau Jepang, itu jauh lebih hemat. Heheheh cuma kudu tebel muka aja sih, soalnya terkadang bikin mereka repot. Hehehehe.

Baca Juga: Hal Unik di Jepang bagi orang asing (4)

Jasa Pengiriman International

Jika kamu telah mengetahui cara mengirim barang lewat pos Indonesia, maka sama dengan jasa kirim international juga. Kali ini aku akan sedikit mengenalkan EMS.

Apakah EMS?

EMS adalah Express Mail Service. Jasa kirim paket ke luar negeri. Tarif EMS cukup murah dibandingkan jasa sejenisnya (DHL, Fedex, etc). Terakhir aku tanya, tarif paket pos per kg sekitar 300 ribuan. Ini EMS Indonesia ya. 

Cuma nggak tahu kenapa, ada beberapa yang complain terkait pengiriman dari Indonesia ke Jepang. Aku mengetahui infonya dari status FB temanku yang kirim barang dari Indonesia ke Jepang. Katanya kedatangan nggak sesuai dengan yang diperkirakan. 

Anyway, apapun jasa pengiriman paket atau barang international yang kamu gunakan, selalu hati hati dan banyak berdoa biar sampai sesuai yang direncakan. 

Note

Barang dari Indonesia ke Jepang sampai sekitar 10 hari. Namun, karena saat itu aku nggak ada di rumah, so dapat kertas ini. Intinya barang telah telah sampai rumah, tapi nggak diterima kita. Telpon aja no tersebut, atau langsung datang ke kantorpos terdekat untuk tanya langsung.

Saat itu aku kerja part time atau baito di Jepang demi gaji yang besar. Hehehe. Makanya nggak ada di rumah.

Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Barang dari Jepang ke Indonesia melalui kapal laut membutuhkan waktu 39 hari. Wow, cukup lama ya. Tapi kalo barangnya nggak urgent banget, okelah biar kantong nggak bolong.

Cara kirim barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya

Begitulah cara kirim barang dari Indonesia ataupun sebaliknya dari Jepang. Semoga berguna!

5 Responses to "Cara mengirim barang dari Jepang ke Indonesia"

  1. Hallo Bpk/Ibu,

    Perkenalkan kami dari M8 Express International Service dan Domestic Project cargo.
    Kami bekerja sama dengan seluruh vendor terbaik express dunia seperti DHL, TNT, Citylink, Firstflight, Aramex, FEDEX dan Sky Net.

    Tidak juga lupa kami melayani Air Freight dan Sea Freight untuk seluruh negara.

    Anda kesulitan untuk mengirim paket berupa Cosmetic, Herbal,Fabric, Sample spare parts, Personal Effect (barang pindahan) dan Food? Serahkan ke kami M8 Express.
    Rencana mau kirim paket ke Arab Saudi, Singapore, Brunei Darussalam, Hongkong, Pakistan Malaysia, Taiwan, USA dan Australia ? Yuks gunakan M8 Express.

    Kelebihan yang kami tawarkan :
    1. Harga lebih ekonomis dan Tarif murah
    2. Layanan door to door se-Jabodetabek (tidak ada biaya tambahan)*
    3. Melayani UKM dan Pebisnis Online Shop dari Luar Kota

    Untuk info lebih lanjut silahkan menghubung kami di 0822-8400-9200 (Phone + WA)

    ReplyDelete
  2. itu masnya ngirim berapa kg ya? terus kalau mau bikin total harganya berapa? soalnya itukan banyak banget.
    kalau misalnya saya mau ngirim ke indonesia 7,5kg dengan total kurang lebih 5jt rupiah itu gapapa? atau bakalan kena di bea cukai?
    mohon infonya, terimakasih­čÖĆ­čĆ╗

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Saat itu kirim sekitar 1,8 kg. Bayarnya 2100 yen (sesuai struk digambar).
      2. Silahkan baca di blog ini dengan judul "cara kirim barang dengan kapal". Kalo nggak salah, kalo kamu ingin kirim barang ke indonesia sekitar 7 kg, Harganya kurang dari 7,5 juta. Dengan syarat pake kapal dan isi barang nggak ada elektronik ya. Terus ketika menulis total, harganya jgn pake harga asli.dikira kira aja.

      Delete
  3. Gimana caranya saya mau kirim sper parts?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika mengirimkan barang spare part ke Indonesia, agak susah karena biasanya barang tersebut dilarang. Jika mau, bisa tanya terlebih dahulu ke pihak japan post apakah bisa atau tidak.

      Delete

Biasakan berkomentar yang santun

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel