Sewa Apartemen di Jepang

Fujiharu.com - Satu hal penting sebelum ke Jepang adalah terkait sewa apartemen. Kamu harus mempertimbangkannya sebaik mungkin karena akan mempengaruhi kehidupanmu selanjutnya. Sampai begitunya? Iya, bahkan harga apartemen di Jepang jika semakin dekat stasiun maka akan semakin mahal lho. Jadi semakin jauh semakin murah sewanya. Alasannya karena jantung Jepang berada di kereta listriknya. Bagi mahasiswa yang sedang mencari apartemen di Jepang juga harus memperhatikannya sebaik mungkin.

Cara mencari apaato di Jepang
Apaato aku

Harus direncakan terlebih dahulu

Wah, selama hidup di Jepang, memang segala hal perlu direncanakan. Ya, banyak juga sih yang nggak direncanakan. Its like spontanity. Huh! Wakakakak Tapi kayaknya kudu sedikit bijak ya, kata orang, "We plan to fail". Bener nggak tuh? Ya intinya adalah kitalah yang merencanakan apakah rencana tersebut sukses atau nggak. Setidaknya, ketika kita merencanakan, kita juga telah merencakan untuk sukses. Yeay! salah satu caranya adalah dengan mencari apaato atau apartemen di Jepang. Sangat penting sekali lho mencari apaato atau apartemen ini. Soalnya menyangkut tempat belajar, baito, kerjaan atau stasiun. Iya, yang paling penting adalah stasiun.

Apartemen di Jepang harganya cukup mahal lho. Biasanya mereka melakukan penyewaan apartemen secara bulanan atau tahunan. Untuk jenis apartemen sendiri, kamu bisa pilih dari harga yang kaki lima sampai yang mewah. Tergantung budget kamu dalam memilih apartemen tersebut. Biasanya harga semakin mahal jika berada di kota besar seperti Tokyo.

Untuk penyewaan apato atau apartemen, kamu bisa mendatangi langsung biro jasa apartemen terdekat. kamu bisa konsultasikan karena menyangkut biaya hidup di jepang. Jika kamu semakin banyak penghuni dan juga pemasukannya, pastinya bayaran bulanan atau tahunan akan lebih hemat.
Cara mencari apaato di Jepang
Source Google

Nah, begitupun dengan tempat tinggal di Jepang ini. Karena kebanyakan dari kita yang sekolah atau kerja di Jepang menggunakan apaato, jadi kita kudu cerdas dalam memilihnya. Apaato? Apaan tuh? ya kita bisa bilang itu semacam rumah tinggal, apartemen yang biasa digunakan bagi orang Jepang atau orang asing sebagai "rumah". Mereka juga ada mansion, real apartemen atau rumah, tapi harganya mahal kali ya. Nah, sekarang aku mau sedikit share tentang cara memilih Apaato.

Cara mencari apaato di Jepang
Source Google

Kebetulan aku pindah dari apaato sekolah, jadi sebulan sebelum pindah, aku datang ke agen real estate. Bener nggak ya, istilahnya? Pokoknya semacam agen pencari apaato gitu. Mak comblangnya apartemen. Cie...yang nggak mau kalah ama mak comblang percintaan. Nah, agen yang ada di Jepang itu cukup banyak, tapi yang sering aku denger dan liat adalah Accola, Mini Mini, dan Apaman. Ketiga agen ini memiliki keunikan tersendiri.

Baca Juga:

Cara mencari apaato di Jepang
In and Out Scene

Dari ketiga agen itu, aku cukup kesulitan ketika minta bantuan dengan mini mini. Alasannya adalah mereka minta penjamin orang Jepang untuk bisa menempati salah satu apaato yang mereka handle. Sedangkan Accola nggak. Dia bisa lebih luwes dengan orang asing, makanya kita pilih Accola. Asyik, promosiin Accola. Dapat fee nggak ya? Hehehehe.

Cara mencari apaato di Jepang
Source Google

Cara mencari apartemen di Jepang adalah sebagai berikut:

- Biaya kehidupanmu (sekitar 3-4 man)

Bayaran perbulan kira kira berapa ya?

1. Datangi Accola terdekat

2. Minta dicarikan apaato

3. Sesuaikan budget bulanan kamu!*

- Bulanan untuk bayar apaato (sekitar 5 man/ sederhana)

- Bulanan Listrik, Gas, Internat, Air (sekitar 2 man)

4. Sesuaikan dengan tempat kerja, sekolah atau eki terdekat agar mobilitas kamu lebih nyaman dan efektif

5. Datang, lihat dan pastikan apakah apaato yang kamu lihat sesuai kriteria.

6. Pastikan ada alat ajaib di rumahmu.

Microwife, Kulkas, Kompor gas, toilet, kamar mandi. Jika tidak, tanyakan apakah bisa disediakan barang barangnya.

7. Pastikan butuh penjamin atau tidak

Make a deal! Yeah its finish!

Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Tergantung tempatnya? Bisa dari strategis tidak tempat tersebut? Komplit tidaknya barang furnitur? Atau bangunan lama atau barunya. Cuma, jika apaato sebulan sekitar 5 man, atau sekitar 5 jutaan. Bagaimanana dengan listrik, gas, dan air? tergantung pemakaian. Nah, kebetulan aku ber 6 di apaato ini, aku urunan tiap bulan sekitar 1,5 man itu bebas semuanya. Kalo lebih detailnya bayaran listri sekitar 5 ribu, air 5 ribu dan gas 5 ribu. Terkadang bayaran naik turun, apalagi jika musim dingin tiba. Listrik dan gas pasti bocor. Soalnya butuh pemanas ruangan dan juga air hangat untuk mandi.

Untuk alat ajaib diatas, terkadang setiap apaato berbeda beda, tapi jika nggak ada, minta mereka untuk mengadakannya. Masalah internet, kalian bisa datangi softbank, AU, atau Docomo terdekat untuk beli wifi nirkabel atau portable. Sebagai informasi, aku berlangganan di softbank dengan pinjam alatnya. Gratis tis, cuma bayar sebulan sekitar 5300 yen, itu udah unlimited! Kecepatannya cukup cepat ya. Kalo mau lebih cepat pastinya menggunakan nirkabel atau router itu. Cuma tiap apaato terkadang tidak ada kabel provider tertentu. kalo portable bisa dibawa kemanapun, asalkan dicolokin ke listrik, bisa browsing sepuasnya.

Pembayaran apaato juga berbeda beda, ada yang langsung datang ke Accola, atau agen langsung perbulan; Melalui konbini terdekat *semacam convenient store Jepang; atau transfer langsung ke rekening yang agen berikan.

So, ayo cari apaato terbaik dan nyaman sesuai budget dan kebutuhanmu!

0 Response to "Sewa Apartemen di Jepang"

Post a Comment

Biasakan berkomentar yang santun

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel