Cara perpanjang visa di Jepang - Fujiharu.com

Cara perpanjang visa di Jepang

Fujiharu.com - Update Visa di Jepang? Maksudnya? Iya...maksudnya memperpanjang visa biar bisa tinggal di Jepang lebih lama. Dalam bahasa Jepang disebut enchou atau bisa koushin. Dan, aku melakukan update visa ini di Imigrasi Takasaki. Nyaman banget lho bikin disini. Gampang pula caranya. Dan alhamdulillah visa Jepangku nggak ditolak.

Alasan memperpanjang Visa

Alasan aku memperpanjang visa adalah karena mau tetep tinggal di Jepang dan mengeruk uang sebanyak banyaknya. Hahahahah rakus banget ya. Intinya ada hal yang perlu dipikirkan selama 6 bulan kedepan, so berhubung visa akan habis sampai 7 April 2017, maka aku memutuskan untuk memperpanjangnya.

Caranya gimana? Gampang? Susah? Ya,,,gampang gampang susah sih. Sekalian cerita juga ah. Rencana nihongo gakkou sebenarnya cuma 1,5 tahun, tapi berhubung ada yang belum kelar, aku menambah 6 bulan lagi. Padahal temen temen yang berangkat bareng ama aku udah pada lulus semua. Ya sudahlah ya. Mungkin aku nggak naik kelas karena malas belajar. Baito bakari!Sebenarnya aku udah memutuskan masuk senmon gakkou yang deket sekolah, tapi melihat kualitas dan juga biaya, kayaknya lebih baik lanjut di nihonggo gakkou. 

Baca Juga:


Cara update Visa di Jepang
Suasana di dalam kantor imigrasi

Syaratnya gimana? Cuma mau tahu cara visa koushin doang....kikikik.

1. Konsultasikan dengan sensei

Kamu harus ungkapkan alasan kenapa kamu mau nambah 6 bulan lagi, soalnya ada beberapa surat rekomendasi yang harus sekolah buat untuk diserahkan di imigrasi.

2. Isi semua formulir

Formulirnya cukup banyak. Tapi dengan bantuan O sensei, jadi lebih gampang. Isi form menyangkut nama, nomor paspor, masa berlaku, tempat baito, sebulan penghasilannya berapa, fotocopy buku tabungan, fotocopy paspor, fotocopy zairyukaado, foto berwarna 3x4 selembar (yang asli juga harus ada ya!)

Cara update Visa di Jepang
Kantor imigrasi di takasaki

3. Surat Rekomendasi

Jadi, kalian kudu manut ama sensei kalian. Ya...setidaknya untuk sementara ya, untuk cari muka. kikikikiki. Soalnya kalian tahu sendiri senseinya itu kayak gimana kalo marah. Wakakakak. DIANCAM! Hahaha. Nggak diperpanjang Visa lah, nggak boleh dicicil lah, dipulanginlah. Banyak deh, so, baik baik ya kelakuan kalian agar bisa dapat rekomendasi dengan mudah. Beruntung aku siswa teladan, jadi ya gampang. Wakakakak. Sensei...punten atuhlah. Ini kan biar tulisannya beremosi, punya rasa, jiwa. 

Cara update Visa di Jepang
No Antrian

Cara update Visa di Jepang
Depan Kantor Imigrasi

Surat rekomendasi biasanya berisi raport selama kita belajar di nihongo gakkou. (Aku intip nilainya, wow.... "C" darake). Akibat ga pernah buka buku sedikitpun. Lalu rasio kehadiran juga ada lho. Misal selama satu semester kita masuk berapa persen. Nah, terkait rasio kehadiran. Ada pesan yang sangat melegenda."Byouki dame! Shinu dame! Gakuhi ok!" Ga boleh sakit! Ga boleh mati! Yang boleh cuma bayar gakuhi *bayar sekolah. Wakakaka. Kayaknya kita sudah hapal ya pesan legenda ini.

Cara update Visa di Jepang
Peta kantor Imigrasi

Cara update Visa di Jepang
Foto buat zairyuukaado

Kalo udah semua persyaratannya, datang langsung ke imigrasi terdekat. Pas visa koushin yang pertama, siswa nihonggo gakkou dibantu sensei, jadi nggak perlu repot ke imigrasi terdekat. Berhubung karena aku sendiri yang update visa, so datang ke imigrasi terdekat dari Maebashi, yaitu Takasaki. 

Jika kamu punya kenalan atau uang lebih, bisa diurus lewat Travel Agent. Kamu tinggal tunggu hasilnya.

Lokasi Imigrasi di Takasaki

Kantor Imigrasi di Takasaki sekitar 15 menit jalan kaki dari stasiun Takasaki. Cuma karena belum pernah kesana, agak repot juga untuk mencarinya. Pake internet lelet banget (ryo call), nanya ke orang Jepang banyakan yang nggak tahu. Untunglah di sini ada shiyakusho. Semacam balaikota gitu. Aku datang kesini dan langsung tanya. Dikasih peta dan dikasih tahu jalannya. Yuhui..

Ngantri lama

Pas sampai tempat imigrasi, alamak...ngantrinya mengular. Nggak di Indonesia dan nggak juga di Jepang. Banyak banget orang asing yang ada disitu. Orang Vietnam, Nepal, Brazil, Cina, lainnya berkumpul disini. Berhubung aku datang dari jam setengah dua, maka ngantrinya juga lama. Tips kalo mau ke kantor imigrasi, harus pagi pagi. Imigrasi buka dari jam 9-12, lalu dilanjutkan dari jam 13-16. Nah, mendekati pukul 16.00 nomor antrian aku sama sekali belum terlihat. Oh my god. Tapi alhamdulillah pelayanan Jepang emang luar biasa. tetep dilayani sampai selesai. Aku baru selesai pengurusan itu sekitar 17.45. Keren banget pelayanannya. Padahal, saat itu masih banyak yang belum selesai.

Cara update Visa di Jepang
Kartu pos

Cara update Visa di Jepang

Cara update Visa di Jepang
Materai Jepang

Biaya pembuatan visa gratis

Kata pihak imigrasi, nanti aku akan menerima kartu pos untuk dibawa lagi ke imigrasi dengan perangko sebesar 4000 yen. Bayarnya cuma untuk materai doang. Sisanya gratis tis.

Seminggu kemudian, aku menerima kartu pos dan langsung ke Imigrasi lagi untuk ambil zairyuukaado yang baru. Btw, persyaratan awal tetep dibawa ya, kayak paspor dll. 

Masa Berlaku

Karena permintaan dari sekolah cuma 6 bulan, maka perpanjangan atau update visaku cuma berlaku 6 bulan setelah pembuatan. 

Cepat dan mudah sih sebenarnya. Sekarang masih visa gakusei yang abal abal, semoga kedepannya visa gakusei yang beneran *komat kamit. Pengen belajar yang bener bener belajar!

Cara update Visa di Jepang
Pemandangan indah menuju kantor Imigrasi
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

1 Response to "Cara perpanjang visa di Jepang"

  1. Thank you so much for the post you do. I like your post and all you share with us is up to date and quite informative, i would like to bookmark the page so i can come here again to read you, as you have done a wonderful job. Immigration Consultant Toronto

    ReplyDelete
Ayo berkomentar santun

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel