Cara bayar pajak motor di Samsat kota Bekasi - Fujiharu.com

Cara bayar pajak motor di Samsat kota Bekasi

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara bayar pajak motor di Samsat Bekasi? Gampang lho cara membayarnya. Bisa melalui online atau datang ke Samsat langsung. Inilah pengalamanku saat membayar pajak motor dan memperpanjangnya di Samsat Bekasi. waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya kurang dari 2 jam.

Cara bayar pajak motor di Samsat


Pajak aku akan habis dibulan Desember ini, tapi agar lebih cepat mengurusnya, kebetulan aku juga masih banyak waktu kosong, jadi aku bayar pajaknya di Samsat Bekasi langsung. Katanya sih, bisa aja kita bayar di ATM Bank Jabar terdekat, tapi kata saudara, lebih baik bayarnya langsung ke samsat. Disamping aku juga tahu samsat yang baru dan bersih, aku juga mengetahui cara membuat atau memperpanjang STNK. 

Oh iya, sebelum kamu ke Samsat, siapkan barang berikut ini:

1. BPKB asli dan fotocopy nya

2. STNK, pajak asli dan fotocopy nya.

3. KTP dan fotocopy

Cara bayar pajak motor di Samsat


Tips mengumpulkan data

Kalo bisa, kamu juga sediakan plastik kecil untuk menempelkan KTP asli, soalnya nggak mau kan KTP asli kamu dirusak dengan streples? Jika sudah semua, kumpulkan jadi satu, trus langsung ke samsat terdekat. Masuk samsat dan isi formulir yang berwarna biru muda. Isi sesuai data kendaraan kita ya!

Wah, benar kata paman. Samsat ini bersih dan nyaman. Malah nggak melihat ada calo yang nawarin bantuan ataupun gerak gerik yang mencurigakan (semoga). 

Baca Juga:

Serahkan data ke bagian pengecekan formulir. Dibagian ini data kita akan di cek pajak motor secara online apakah sudah lengkap atau belum. Lalu akan dipanggil nama kita. Kalo salah atau kurang, ya diminta untuk memperbaiki.

Selesai pengecekan, kita akan diminta ke bagian sebelahnya. Kita akan dicek sebentar lalu dikasih secarik kertas yang isinya no plat kendaraan kita. 

Selesai dari bagian kedua, kita akan diarahkan ke bagian kasir. Disini, kita menunggu untuk dipanggil namanya. Jika udah dipanggil, datang ke bagian kasirnya. Kalo nggak salah nomorny 3 dan 4. Ingat, sesuai no kasir ya!

Berapa bayar pajak motor?

Cukup lama juga untuk dipanggil di bagian ini. Setelah suara mikropon memanggil namaku, aku segera kesana dan bayar sejumlah uang. Saat itu jumlah yang harus dibayar adalah 270 ribu. Naik sekitar 25 ribu dari tahun kemarin. 

Cara bayar pajak motor di Samsat

Setelah bayar, kita menunggu lagi untuk menerima STNK yang baru. Nanti kita akan dipanggil lagi. Menunggu itu nggak enak ya. tapi, anggap aja kamu seorang artis yang lagi dipanggil. hehe.

Alhamdulillah dipanggil juga namaku. Selesai deh pembayaran Pajak kendaraan di Samsat. Kalo mau, belilah plastik kecil untuk menyimpan STNK. Biasanya ada bapak bapak yang menjual plastik tersebut. Harganya sekitar Rp. 2000.

Berapa menit?

Perkiraan waktu yang dibutuhkan dari mengisi data sampai menerima STNK baru sekitar 70 menit. Saat itu aku lakukan dihari jumat. 

Gampang kan? Ayo bayar pajak kendaraan tepat waktu.

Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

0 Response to "Cara bayar pajak motor di Samsat kota Bekasi"

Post a Comment

Ayo berkomentar santun

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel