Cara mengirim paket dari Jepang ke Indonesia - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Cara mengirim paket dari Jepang ke Indonesia

Fujiharu.com - Inilah pengalaman aku saat kirim paket/ barang dari dari Jepang ke Indonesia dan ini adalah pengalaman kirim barang/ paket keluar negeri yang kesekian kali nya. Aku mengirimkan barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya. Saat ini aku menggunakan jasa Yuubin (Pos Jepang) atau kantor pos Jepang dengan menggunakan Funabin atau jasa kapal. Ongkir atau ongkos kirim paket/ barang lebih murah. Lalu, cara kirim barangnya bagaimana ya?

Jasa pengiriman barang di Jepang dengan kapal

Jasa kapal lebih hemat dibandingkan dengan jenis lainnya untuk mengirim barang, terutama jasa pesawat jika ke luar negeri. Nggak enaknya tentu saja barang akan sampai lebih lama. Untungnya, harga ongkir/ ongkos kirim  lebih hemat dalam pengirimannya. Untuk keamanan? Kalo ngomongin jasa atau forwader perusahaan Jepang, aku acungin jempol. Pasti bagus dalam pengiriman barangnya. 
Kirim Barang dari Jepang ke Indonesia dengan Jasa kapal Pos Jepang (Funabin)
Google

Menggunakan jasa pengiriman Pos Jepang lebih hemat dan nyaman daripada jasa di Indonesia

Nah yang jadi masalah adalah ketika barang nyampe di Indonesia. Maksudnya jasa dari Indonesia nggak bagus? Bukan begitu, cuma saat ini memang masih belum sebagus Jepang dalam hal pengiriman barang. Kirim paket dari Jepang ke Indonesia lebih mudah dan hemat dibandingkan dengan kirim paket dari Indonesia ke Jepang. Semoga kedepannya Pos Indonesia menjadi jasa pengiriman international yang bonafide.

Cara kirim Barang dari Jepang ke Indonesia
Daftar Harga

Biaya pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia

Untuk penghitungan harga, kita bisa langsung cek ke website JP Yuubin (JP POST) atau langsung datang ke yuubin terdekat untuk mengetahui ongkir pengiriman barang. Disana, kita akan diberikan selembar kertas untuk harga dan lainnya. Dikertas ini, ada berbagai tarif dengan pesawat dan juga kapal. Jasa pesawat jelas lebih cepat, katanya sekitar 1  sampai 2 minggu nyampe. Tapi, aku pernah pake jasa pesawat dan nyampe di Indonesia sama lamanya. Aku nggak tahu alasan pastinya. Aku duga karena jarak dan waktu saat itu mendekati hari raya Idul Fitri, jadi orang orang pada libur kali ya. Nggak sesuai prediksi yang 2 minggu nyampe. Malah sebulan lebih. Saat itu cukup mengecewakan, karena berharap barang akan sampai tepat waktu terkait kado ultah seseorang.

Baca Juga:

Cara Kirim Barang dari Jepang ke Indonesia dan sebaliknya 


Cara kirim Barang dari Jepang ke Indonesia
Kiriman sebelum dikirim ke Indonesia

Karena ada pengalaman kurang bagus dengan jasa pesawat tersebut, aku putuskan menggunakan jasa kapal atau funabin. Jelas harga lebih murah dan lebih lama dalam pengiriman barang. Aku perkirakan sekitar 2 bulan nyampe Indonesia. Adapun alasan aku menggunakan jasa antar kirim barang ini adalah karena isi koper pas pulang dari Jepang udah nggak muat lagi, so aku menggunakan jasa funabin/ kapal untuk mengirimkannya.

Baca Juga:

Jasa Pengiriman JNE 

Cara kirim Barang dari Jepang ke Indonesia
Bukti pengiriman

Terkait jasa pengiriman barang, kita bisa tanya langsung ke petugasnya. Jika kita belum bisa bahasa Jepang, ya pake bahasa tubuh. Mereka ngerti kok, hahaha.

Harga kardus untuk penyimpanan barang

Bagi kalian yang bingung menggunakan kardus apa ketika kirim barang, kalian bisa ke yuubin terdekat dan beli kardusnya. Kalo nggak salah yang terbesar sekitar 300 yen atau 40 ribu rupiah. Yang kecil sekitar 250 yen atau 30 ribuan. 

Lalu, berapa lama barang akan sampai sesuai alamat?

Berikut aku simulasikan:

Kirim barang dari Jepang 03 oktober 2017

Barang sampai Indonesia 23 November 2017

Untuk cek barang juga gampang kok, tinggal masuk ke Tracking JP untuk cek resi dan lacak paket/ barang saat ini berada dimana. 

Cara kirim Barang dari Jepang ke Indonesia
Screenshoot posisi barang

Ongkir dari Jepang ke Indonesia

Untuk estimasi biaya kirim barang, karena tergantung berapa lama dan jenis pengiriman, jadi biayanya berbeda. Dalam kasus aku, kardus besar sekitar 8000 yen untuk berat sekitar 12 kg an, dan kardus kecil sekitar 5 kg an 3000 yen. Berapa dirupiahin? Keduanya berjumlah 1 juta 500 ribu-an. 

Kirim Buah Buahan di Jepang melalui JP Post 

Cara kirim Barang dari Jepang ke Indonesia
Barang ketika sampai di Indonesia

Nah, sekarang udah ada gambaran jika ingin kirim barang ke Indonesia kan? Ingat, masih ada yang paling murah, bahkan gratis. Mau tahu? Nitip ke temen yang pulang ke Indonesia, cuma ya kudu muka tebal aja. Hehehehe.

Kirim Dokumen dari Jepang dengan JP Post 

Pas di Indonesia barang tersebut kena biaya lagi nggak? Kena...ampun. Katanya sih kena beacukai. Dus yang berisi baju baju bekas aku dan sedikit pesanan teman kayaknya dibuka, soalnya selotip yang aku selubungi secara keseluruhan terlihat dibuka. Mungkin dibuka oleh pihak bea cukai terkait kemanan kali ya. Terus kena biaya berapa? Satu kardusnya sekitar 20 ribu. Kok bayar lagi ya? Padahal, kalo barang kiriman dari Indonesia dan diterima saat di Jepang, nggak ada bayaran sedikitpun, bahkan paketanpun masih utuh seperti semula. Ada apa gerangan? Aku tanya ke pasir berbisik dan rumput yang bergoyang dulu.

Tambahan informasi, banyak yang menanyakan bahwa jika kirim barang elektronik, berapakah biaya kirimnya? Saat ini aku belum pernah kirim barang elektronik atau sparepart, jadi kurang tahu.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Cara mengirim paket dari Jepang ke Indonesia"

Berlangganan via Email