Jenis Sampah Menurut Pemerintah Jepang - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Sampah Menurut Pemerintah Jepang

Fujiharu.com - Kamu udah tau dong cara memilah sampah? Masih belum? Hmm...kalo di Indonesia,setahu aku belum  ada sosialisasi pemilahan sampah seperti di Jepang. Atau ada? Yang tahu boleh komen dibawah ya. Aku akan sedikit bercerita tentang jenis sampah menurut Jepang.

Jenis jenis sampah menurut pemerintah Jepang
Contoh selebaran dari shiyakusho tentang sampah

Pemilahan sampah di Jepang cukup bagus lho. Tujuannya, menurut aku sih agar kerusakan lingkungan bisa diperkecil. Maksudnya? Kita bisa lihat jumlah sampah yang bisa diminimalisir. Seperti sampah basah kan bisa diproses sedemikian rupa sampai menjadi pupuk, atau plastik yang bisa didaur ulang menjadi barang lain. Dengan cara seperti ini, maka sampah tidak akan menggunung seperti di Indonesia (ingat kejadian tahun 2005 sampah menumpuk dimana mana).

Proses pemilihan sampah di tiap kota di Jepang berbeda lho. Dalam artian hampir sama, contohnya adalah botol plastik dan tutupnya. Kalo di tempat tinggal di Maebashi kalo nggak salah tutup sama botolnya masuk kategori botol dan Pura. Sedangkan ditempat lain mungkin masuknya botol semua. Info ini aku bandingkan dari teman yang pernah tinggal di daerah lain.

Jenis jenis sampah menurut pemerintah Jepang

Cara membuang sampah adalah kita harus memilahnya terlebih dahulu, misalkan manakah sampah burnable, botol dan lainnya. Setelah terkumpul menurut jenisnya, maka buanglah sampah menurut jadwal pembuangan harinya. Aku dan teman teman selalu buang pada malam hari sebelum baito, ya sekitar abis magrib, soalnya pagi hari sekitar jam 8 atau 9, petugas sampah kota akan mengambilnya.

Berikut adalah jenis jenis sampah yang harus kita pilah sebelum dibuang:

1. Burnable

2. Recyclable

3. Pura

4. Non Burnable

5. Paper Cloth

Link tentang kota dan sampah:

http://www.mcity-guide.jp/english/start/06.html

Jenis jenis sampah menurut pemerintah Jepang

Bagi kalian yang mau buang sampah dengan jenis dan bentuk yang besar, misalnya buang kulkas dll, harap hubungi shiyakusho atau pemerintah daerah setempat untuk lebih jelasnya.

Awas, jika kita membuang sampah sembarang, dalam artian pemilahannya salah, maka sampah kita nggak akan diambil lho.

Baca Juga:

Dengan memilah sampah sesuai jenisnya, Jepang jadi beneran bersih lho. Yang aku bilang Maebashi sekitarnya aja sih, soalnya pas aku datang ke Osaka, ternyata cukup kotor lho. Iya, sampah puntung rokok dimana mana. Entah karena saking banyaknya orang asing atau siapa yang membuang secara sembarangan. Saat aku di Osaka sih, justru aku melihat orang Jepangnya sendiri yang buang sembarangan. Miris ya.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Jenis Sampah Menurut Pemerintah Jepang"