Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1 - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1

Fujiharu.com - Kesusahan mencari kerja setelah mencari beberapa informasi di Internet? Masih belum dapat kerja juga? Sayang banget ya, padahal kita sudah ingin kerja, tapi kesempatan yang ada belum datang juga. Nggak perlu kecewa! Dipersering shodakoh, berdoa kepada Allah lebih giat, hindari maksiat dan pastinya usaha lagi. Nah, beberapa lembaga pencari kerja atau yang sering disebut recruitermasih ada kok. Silakan hubungi lembaga recruiternya!

Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1
linkedin

Lembaga pencari kerja atau recruiter ini adalah lembaga yang akan mencarikan kerja untuk kalian. Jika spesifikasi yang diminta perusahaan dan kamu cocok, maka akan dipertemukan dengan client.Bagaimana sih alur yang biasanya terjadi pada lembaga recruiter ini? Apakah ada biaya lain yang harus kita bayar?

Baca Juga:

Lembaga recruiter yang akan aku sebutkan ini setahu aku nggak bayar, soalnya aku juga beberapa kali minta bantuan mereka. Malahan mereka baik sekali lho.Adapun cara yang bisa kalian lakukan untuk dicarikan kerja adalah sebagai berikut:

Sebelum ke cara yang akan aku kasih tahu pihak perekrut ini biasanya meminta kandidat dengan minimal S1 Bachelor, so bagi kalian yang lulus SMA Fresh Graduated, agak susah. Bisa saja jika kalian mempunyai kemampuan tinggi misalnya mahir AUTOCAD, JLPT N2 atau minimal N1, TOEFL 500 akan diperhatikan oleh recruiter. Jika kamu masih JLPT N5 atau JLPT N4, ya masukkan ke dokumenmu aja. masalah nanti diperhatikan atau nggak, ya semoga jadi nilai plus buatmu.

1. Cari Iklan kerjaan yang sesuai dengan passion kalian di Internet

Jika kalian menemukan lembaga recruiter tersebut, kirimkan saja data yang diminta.

2. Jika kalian mau skip no 1

Kalian bisa langsung ke website dari lembaga recruiter , lalu hubungi email yang ada bahwa kamu ingin dicarikan kerjaan.

3. Setelah melakukan no 1 dan 2

Kalian akan menerima balasan dari staff mereka yang intinya adalah untuk:
  • Isi CV sesuai format lembaga recruiter
  • Lampirkan data yang diminta
  • Kirim CV pribadi format kamu
  • Sertifikat TOEFL, JLPT etc ,sertakan juga ya
  • Datang Langsung
  • Via Telepon

4. Tunggu panggilan mereka (paling lama seminggu)

5. Terima telpon

Kalian akan ditelpon oleh salah satu staff dari mereka yang menginformasikan terimaksih telah menghubungi, bla bla. Lalu akan ada interview. Interview ini bisa berupa via telepon dan juga datang langsung ya.

Persiapakan data lain yang diminta oleh pihak recruiter. Ingat tepat waktu datangnya ya. Disini kita akan diwawancara langsung oleh mereka. Bisa bahasa Inggris secara lisan, tulisan, tes kepribadian, dan lainnya.

Hampir sama dengan datang langsung ke lembaga recruiter, kamu juga dites secara by phone. Aku beberapa kali dites juga. Bisa dengan mengenalkan diri sendiri dengan bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Bahkan kegiatan kita juga ditanyakan.

6. Tunggu kembali (Pencocokan data dengan client)

7. Dihubungi pihak recruiter

Jika spesifikasi kalian cocok, maka kalian akan dikenalkan dengan client perusahaan. Kita akan diminta untuk datang langsung ke perusahaan tersebut dan sewajarnya seorang yang interview. Disini kita akan ditanya berbagai macam hal.

8 Menunggu hasil interview

Jika kurang dari seminggu nggak ada info dari agen recruiter yang bilang kamu diterima, maka kamu gagal. Semangat ya.

9. Diterima

Jika kamu diterima, maka kamu akan diberitahu pihak recruiter kalo kamu diterima. Adapun kapan kamu bisa kerja, pihak client akan menghubungimu atau saat interview langsung diberitahu kapan bisa langsung kerjanya. Dalam proses ini, setahu aku nggak ada pungutan biaya apapun. Misal ada biayapun, itu antara client dan lembaga recruiter tersebut. Selama ini ya. Terus tidak ada juga pemotongan gaji. Misal ada pemotongan gaji dari pihak recruiter, tolong dikoreksi ya, soalnya selama ini bener bener free!

Note: Aku pernah diminta bayar di suatu lembaga di daerah Purwakarta. Katanya jika mau masuk perusahaan H*NDA harus melalui mereka. Karena saat itu aku cupu dan nggak ngerti sama sekali, aku ikut mereka. Daftar untuk ngisi lembaran kertas aja 50 ribu, lalu diminta bayar sekian ratus ribu lagi. Berhubung nggak ada duit dan dibantu Allah juga, aku nggak daftar dan nggak tertarik.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1"

Berlangganan via Email