Advice for Everyone Who Want to Apply Job - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Advice for Everyone Who Want to Apply Job

Fujiharu.com - Menjadi tukang edit foto dan membantu usaha keluarga yang bergerak dibidang print dan fotocopy membuatku sedikit banyak tahu mana yang bagus dan tidak saat membuat lamaran kerja. Contoh yang sering aku lihat adalah kesalahan titik koma yang tidak tepat lokasi, foto diri untuk melamar yang alay, salah menuliskan subjek, bahkan lupa menuliskan nomor telepon. Apa mereka nggak mikir kalo lupa menulis nomor telepon, maka kesempatan kita dipanggil akan hilang?Apakah pihak HRD akan menulis surat bahwa dia akan interview? Atau mengajaknya kerja? Kata Anggun sih," EE''. Nah, berikut ini aku akan sedikit berbagi saran atau advice yang menurutku akan lebih berguna buat siapapun yang mau melamar kerja di perusahaan.

ADVICES FOR EVERYONE WHO WANT TO APPLY JOB
Google
Bagi siapapun yang merasa belum punya talent berwirausaha atau lebih memilih karir sebagai karyawan di suatu perusahaan, kalian harus membekali diri dengan kemampuan dan juga mental baja yang super solid. Jika kalian hanya punya kemampuan lebih tanpa mental baja, maka kalian akan terhempas oleh politik kotor yang dijalankan oleh orang lain (Hei, jangan naif, orang jahat diluar sana siap memangsa). Jika kalian hanya punya mental baja tanpa kemampuanpun cukup sulit. Kenapa? Karena awal perekrutan juga biasanya dinilai dari kemampuannya. Jika kemampuan kita nggak ada, siap siap aja dieliminasi. Intinya komplit. Bagimana kalo kita hanya punya setengah setengah? Jangan khawatir, sebenarnya kita ini punya potensi lebih, hanya saja kita terlalu takut untuk mengeluarkan. Insya allah dengan waktu berjalan, semua akan membaik dan kitapun akan bermental baja.

Baca Juga:

Tapi, nggak segampang itu kan? Iya...banyak prosesnya. Nah, awal awal proses sebelum kerja ya kita kudu persiapan data diri semenarik mungkin agar diterima oleh perusahaan tersebut.Setidaknya dilirik ya.

Berikut ini adalah beberapa saran yang bisa aku share yang aku rasakan sendiri dan semoga bisa bermanfaat:

1. Foto

Kalo kamu suka selfi dan foto dengan kamera hapemu, usahakan yang mempunyai resolusi baik, sehingga tercapture kamu yang sempurna. Nggak perlu ampe dipercantik, yang penting kamu terlihat segar di foto dengan sudut sudut yang pas. Ingat, bagi yang foto alay dengan bagian atas terpotong atau hanya menunjukan foto muka tanpa rambut, please, jangan jadikan pas foto. Jelek banget! Aku sering nyaranin ama orang agar menggantinya. Ini harus tepat, kecuali fotomu mau dijadikan syarat jadi model.
Pencahayaan pada foto juga harus dijadikan hal yang penting. Ingat, foto kudu jelas secara keseluruhan, bukan poster film yang setengah muka gelap, setengahnya terang. Hellow!!!

2. Tuliskan Subjek pada Email

Jika kamu kirim surat lamaran melalui email, pastikan menulis di subjeknya, biar penerima email tahu apa isi emailnya. Jangan membuat penerima email kesel dengan tidak mengisinya. Mereka tidak punya waktu untuk mengecek email yang dikirim sembarangan. Setidaknya tulis dengan "Surat lamaran" atau "Untuk Posisi Staff Admin", dll. Aku sering banget liat status beberapa orang yang complaint mengenai subject email yang nggak ditulis.

3. No Telepon

Ini krusial. Tulis nomor teleponmu di surat lamaran kerja atau CV. Kalo nggak punya gimana? Beli! Nggak punya duit? Minjem nomor saudara dulu. Bagaimana kamu mau diterima oleh perusahaan kalo kamu nggak menuliskan nomor telepon. Nggak mungkin banget kan HRD sampai menulis surat ke kamu bahwa kamu diundang interview atau tes. Susah.... Setidaknya tuliskan email.

4. Tulisan Tangan

Bagi kamu yang merasa tulisan tangannya kayak cakaran ayam dan juga seperti dokter dokter, lupakan untuk menulis surat lamaran dengan tangan. Tulisan dokter jelek, tapi udah kerja dan gaji juga gede! Sekarang udah ada komputer, pake komputer dong. Jika nggak ada, beli surat lamaran yang sudah ada di toko fotocopian terdekat. Nah, kalo masih mau nulis tangan, minta orang yang tulisannya lebih bisa dibaca. Tulisan mu yang yang susah dibaca membuat HRD semakin pusing!

5. Ukuran


Jika diminta menyiapkan dokument dengan kertas a4, usahakan dengan kertas tersebut, karena untuk merapikan data kamu. Ingat, HRD tidak menerima data kamu saja, tapi puluhan, bahkan ratusan lamaran kerja. Jika bentuk data lamaran kamu acak acakan, bikin kerjaannya susah, bisa jadi langsung masuk kotak sampah. Siapkan juga pin holder kuat untuk datamu. 

Notes:
beberapa data diatas adalah kesalahan kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat menyiapkan data lamarannya. Semoga dengan mempelajari kesalahan tersebut, kamu juga bisa lebih siap dan kesempatan kamu menjadi seorang karyawan bisa lebih besar.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Advice for Everyone Who Want to Apply Job"

Berlangganan via Email