Perbedaan 'Tidak Mengerti' dan 'Tidak tahu' Dalam Bahasa Jepang - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Perbedaan 'Tidak Mengerti' dan 'Tidak tahu' Dalam Bahasa Jepang

Fujiharu.com - Kali ini aku akan share tentang bahasa Jepang ya. Aku terkadang bingung dengan tidak mengerti dan tidak tahu. Jika dalam bahasa Indonesia mungkin artinya sama, begitupun Jepang, tapi ada sedikit perbedaan nggak sih? Berikut adalah beberapa info yang aku dapatkan dari Japanese sensei aku.

A:あの先生はだれですか。Sensei itu siapa?

B:分からない。tidak mengerti.

Kalo dalam bahasa Indonesia, pasti kita akan bilang "tidak tahu", bukan bilang "tidak mengerti". Tapi jika dalam bahasa Jepang, begitulah yang terjadi.Lalu, apakah perbedaan antara "tidak mengerti" dan "tidak tahu" dalam bahasa Jepang?


PERBEDAAN "TIDAK MENGERTI" DAN "TIDAK TAHU" DALAM BAHASA JEPANG


A:この問題の答えは何ですか。Apakah jawaban untuk soal ini?

B:分からない。Tidak mengerti.

Jika pertanyaan diatas, dalam bahasa Indonesia menyebutkan, "Tidak tahu" merupakan kata yang lumrah diucapkan, bukan "tidak mengerti", tapi begitulah jawaban bahasa Jepang. Terkadang, kita juga tidak bisa memastikan hal yang lumrah bagi kita untuk dimasukan kedalam bahasa lain. Contohnya beberapa contoh diatas.

Baca Juga:

Jawaban jawaban tersebut aku dapatkan dan sedikit lebih mengerti ketika aku menanyakan langsung ke Kawasaki sensei, seorang guru bahasa Jepang yang asli Jepang. Dengan memberikan memberikan contoh, awalnya masih belum mengerti, tapi lambat laun jadi tercerahkan. 

Dari contoh itu, aku sedikit berasumsi bahwa jika pertanyaannya berupa 5W+1H, maka jawabannya adalah "mengerti" atau "tidak mengerti". Jika pertanyaan lebih ke pengulangan seperti:

A: 答えを知っていますか。Tahukah jawabannya?B: 知っています。Tahu

Maka, jawabannya juga mengikuti seperti yang ditanyakan. Hampir mirip dengan bahasa Indonesia ya jika pengulangan kata ini.

Beberapa pertanyaan yang membingunkan sebenarnya sering banget hinggap dikepala. Bukan hanya tentang tidak tahu dan tidak mengerti, tapi ada juga yang lain. Kalo kayak pertanyaan seperti pop up questions. Hahaha.
semoga dengan adanya jawaban ini bisa membantu siapapun yang membacanya. Feel free jika ada jawaban lain.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Perbedaan 'Tidak Mengerti' dan 'Tidak tahu' Dalam Bahasa Jepang"

Berlangganan via Email