Cara Buat SIM C karena Hilang

Fujiharu.com - Setelah beberapa minggu lalu kehilangan seluruh isi tas. Its time for me to be a zero again. So, i have to prepare everything from every detail to accomplish my mission: making ID card, ATM, Driver Licence, etc. Anak Jaksel banget ya ngomonnya campur. But anyway, minggu ini aku sudah cukup gembira karena ATM dan SIM C sudah selesai dibuat. Mau tahu bagaimana caranya mengurus SIM C karena kehilangan?

Cara Buat SIM C Karena Hilang

Kehilangan KTP, ATM, dan kartu itu memang sangat menyebalkan. Kenapa? Karena kita harus mengurusnya nggak selesai dalam satu hari, tapi bisa berhari hari. Jika kita banyak waktu, mungkin nggak masalah. Bagaimana dengan yang bekerja 9-5? Cukup sulit bukan meskipun pelayanan seperti SIM dll bisa dilakukan saat hari sabtu atau bukan di jam kerja.

Baca Juga:

Lalu, bagaimana pengalaman aku saat membuat SIM C karena hilang? Persiapkan surat surat berikut ini ya.

1. Buat Surat Kehilangan di Kepolisian

Jika kejadian kehilangan ada di daerah B, maka kamu harus ke polsek atau polres setempat untuk buat surat keterngannya. Ketika kalian bikin surat ini, aslinya sih nggak bayar, cuma terkadang polisinya bilang "seikhlasnya" ya saat itu kasih 10.000. (2 kali di kepolisian yang berbeda). Ya setidaknya kalian udah dibantu.

Jangan lupa selalu prepare 10 copy untuk persiapanmu.

2. Buat Surat Kehilangan di Kelurahan

Karena KTP aku juga hilang, maka aku harus buat surat keterangan juga. Nah, kalo dikelurahan nggak bayar, bahkan nggak ada tuh kata "seikhlasnya". Aku seneng banget waktu datang ke kecamatan Bekasi. Agak sedikit crowded, tapi bagus pelayanannya. Ramah malahan, jauh dari pikiran aku yang jutek dan galak.  Mbak yang cantik juga ada. Hehe.

Surat keterangan atau yang sering disebut "suket" ini pun harus copy 10 ya, buat persiapan apapun. Jika KTP, aku melihat orang orang pada copy 5 lembar pas di check kesehatan ini.

3. Cek Kesehatan 

Bisa dicek puskesmas atau disekitar polres setempat. Disini kalian mungkin bisa dipungut biaya untuk pengecheckan tersebut sebesar 25.000. Pengecheckannya berupa cek mata, mengetahui tinggi dan berat badan, tensi darah. Lalu kalian akan diminta ke asuransi.

4. Surat Asuransi

Jika kalian perlu asuransi lagi, ya silakan bayar lagi. Kalo aku karena nggak perlu, soalnya tahun sebelunya udah beli, masih ada masa berlakunya. Jadi langsung ke proses selanjutnya.

5. Bayar di Counter Bank di Polres

Nanti kalian akan dikasih beberapa kertas yang telah dipersiapkan. Kalian isi secara lengkap. Isinya kurang lebih nama email, no telepon, nomor penting jika terjadi sesuatu, identitas diri. Aku bayar 75.000 karena mau bikin SIM C baru.

6. Serahkan kembali ke bagian entry data

Jika kalian sudah mengisi semua formulir, serahkan ke bagian entry data, biasanya tempatnya berdampingan. Lalu tunggu. Beberapa saat kemudian kalian akan dipanggil untuk foto.

7. Foto

Jika kalian hanya buat SIM C karena hilang , nggak perlu tes ulang secara tertulis atau praktek ya. Cukup foto aja. Siapkan senyum terbaikmu ya. Setelah difoto, kalian akan diminta menunggu di ruang sebelah. 

8. Mencetak SIM

Setelah foto tadi, kalian cukup menunggu SIM C klaian jadi. Nanti akan ada panggilan yang menyebut beberapa nama yang sim nya udah jadi.

9. Selesai

Gampang kan? Dari pengalaman ini, aku punya beberapa saran jika kalian orang Bekasi.

­čö║Datang pagi sekitar jam 7 atau 8 langsung ke Lotte Mart beserta data yang diperlukan. Disini pelayanan bisa dilakukan sampai jam 5. Cuma, jam 9 aja antriannya udah penuh. Aku aja sampai nggak bisa daftar.

­čö║Jika di Lotte Mall nggak bisa, ke polres aja jam 7 malam. Disamping lebih sepi, suasana juga bikin pusing. Kan biasanya kalo siang panas, berisik dan ya ada bau bau panas dan keringat yang bercampur ya.

­čö║Sangat mengapresiasi sekali kepada Polres Bekasi yang selalu memperbaiki diri. Soalnya sekarang prosesnya jauh lebih baik. Thanks.

0 Response to "Cara Buat SIM C karena Hilang"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel