Happy New Year in Japanese

Fujiharu.com - Happy New Year in Japanese is Shinnen Akemashite Omedetou Gozaimasu. Atau dalam tulisan Hiragana dan Kanjinya adalah sebagai berikut :

新年明けましておめでとうございます。Biasanya ucapan ini diucapkan pas tahun baru. Ucapan nya sebenarnya beragam, ada yang hanya akemashite omedetou, atau secara full. Biar lebih bagus, biasanya diselipkan juga doa. Misalnya semoga tahun ini sukses; 成功になるようになりますSeikou ni naruyou ni narimasu. Terus ada tambahan juga よろしくお願いします

Secara keseluruhan biasanya begini:

新年明けましておめでとうございます.

成功になるようになります.

よろしくお願いします.


Happy New Year in Japanese

Beberapa ucapan itu biasanya memenuhi Facebook, Line atau Whatsapp. Yang paling banyak aku terima saat di Jepang pastinya melalui LINE. Soalnya kebanyakan teman teman menggunakan LINE. Beberapa Official Account juga biasanya mengucapkan juga.

Social Media Terpopuler: LINE

Lalu, apa saja sih kegiatan yang dilakukan orang Jepang saat tahun baru? Sama dengan kita juga lho. Malamnya mereka akan menonton pertunjukan kembang api di balaikota. Suasannaya hampir mirip dengan pas musim panas, tapi bedanya mungkin kalo musim panas, banyak yang menggunakan yukata atau pakaian tradisional Jepang. Bukannya pas tahun baru tidak ada juga, cuma tidak sebanyak pas ada matsuri atau perayaan perayaan tradisional.

Beberapa orang juga ada yang ke jinja atau kuil untuk berdoa. Paling banyak ya berkumpul di balaikota atau tempat terkenal tertentu agar bisa lihat pergantian tahun baru.


Untuk makanan, sebenarnya ada sih makanan tertentu yang dimakan pas tahun baru, cuma lupa namanya. Sejenis mie gitu. Mie nya juga harus nggak boleh terpotong, biar rejekinya lancar katanya. Hehe. Ada lagi yang khas dan mahal. namanya Osechi. Secara visual bikin selera makan kita naik, tapi pas dimakan. Ya...tidak seindah visualnya.



Pas tahun baru juga bisa diajadikan ajang untuk berkumpul bersama lho. Soalnya libur kerja dan suasananya dingin. Maksudnya? Kan biasanya jika suasana dingin, maka semua akan lebih condong dirumah kumpul bersama keluarga. Menghangatkan dingin dengan coklat atau teh. Apalagi jika kaki dimasukan ke kotatsu. Hangat!
Happy New Year in Japanese
Google

Dengar cerita dari teman yang masih ada di Jepang, kondisi tahun 2019 di Januari ini sudah dingin. Katanya sekitar 5 derajat celcius. Aku membayangkan, bagaimana rasanya 5 derajat tersebut. Sangat dingin. Saat ini di Indonesia udah memasuki musim hujan, dan suhu yang drop terkadang bisa 25 derajat. Itupun udah dingin, apalagi yang 5 derajat. Cuma enaknya kalo di Jepang kita bisa menyalakan Danbo atau AC penghangat biar suhu tetap terjaga. Mandi juga enak, bisa milih mau yang hangat atau dingin. Kalo di Indonesia ya selalu dingin. Kalo mau hangat harus masak air dulu. Hehe

Tahun baruku cukup kelabu, soalnya baru saja kehilangan barang barang, jadi nggak bisa nonton film dari laptop dll. Semoga tahun ini aku bisa segera membeli laptop dan bisa beraktivitas seperti biasa, malah semakin produktif. semoga menulis blog juga semakin lancar dan bisa jadi bekal kedepannya.

Teman sebenarnya ngajakin jalan ke mall, tapi aku kurang begitu suka jalan ke mall. Kayaknya bawaannya kurang sreg. Anak desa kali ya, sukanya yang alam, bukan mall. Ke mall tujuannya cuma 2: Ngadem dan juga ke toko buku. Hahaha
Karena nggak jalan jalan, aku lebih banyak istirahat dan juga browsing atau melihat youtube.

Bagimana dengan kegiatan liburan kalian? Menyenangkan? Semoga saja ya. Dan, tahun ini juga semakin membuat kita profesional di kerjaan, bagus disekolah, semakin baik, semakin sukses dan dilancarkan semua hal baiknya. Amiin.

0 Response to "Happy New Year in Japanese"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel