Apa sih Garansi Distributor, Garansi Resmi, dan Garansi SEIN?

Fujiharu.com - Keinginanku untuk beli handphone Samsung baru pupus ketika semua alat elektronik aku yang berupa laptop, handphone, hardisk, flashdisk lenyap dicuri saat sholat. Sedihnya minta ampun. Bukan harga yang menjadi kekesalanku. Memang sih mahal sekitar 20 jutaan hilang, tapi sejarahnya, historinya, isinya yang buat aku sedih. Isi laptop yang aku kumpulkan selama di Jepang hilang tak berbekas. Uang yang aku kumpulkan dari gaji sebulan di Jepang untuk beli laptop Xiaomi lenyap; Hardisk yang berisi ratusan film hilang beserta software dan juga pembelajaran video; Handphone Samsung Galaxy 6 Edge yang aku beli saat aku kesusahan karena handphone sebelumnya rusak tinggal kenangan dari foto fotonya. Wahai pencuri, semoga barang barangku bermanfaat buatmu, dan aku juga diganti kembali oleh Allah SWT, amiin.

Berawal dari lenyapnya semua barang elektronik tersebut, aku mulai hunting handphone Samsung dari yang S8 sampai yang S9. Tapi, kok ada tulisan garansi distributor, garansi resmi dan juga garansi SEIN. Maksudnya apa ya? Nah dari kejadian tersebut aku mulai browsing dan mulai mendapatkan pencerahan. Apa sih definisinya? Yuk, kit baca agar lebih cerdas ketika kita memilih handphone di online market.

Apa sih Garansi Distributor, Garansi Resmi, dan Garansi SEIN?
Pexel

1. Garansi Distributor

Garansi Distributor identik dengan garansi yang akan dikerjakan oleh si toko. Biasanya garansi ini karena barang tersebut tidak resmi dipasarkan di negara tersebut. Maksudnya? Misalnya handphone Samsung Galaxy S9 yang dipasarkan di Singapura, terus beli disana dan dibawa ke Indonesia. Nah, garansi tersebut bukan lagi garansi pihak Samsung resmi, karena berbeda Negara. Di online market sering menyebutnya garansi internasional.Untuk perbaikan sepertinya kita akan dikenakan biaya lagi.Bagaimana kualitasnya? Baguslah. Kan asli, cuma memang pasarannya bukan untuk negara asal. Sekedar informasi, aku juga beli Samsung Galaxy S6 Edge di Jepang dan dibawa ke Indonesia, nggak ada masalah, bahkan nggak rusak. Bisa digunakan di Indonesia? Bisa, setelah melakukan penyesuaian.

Baca juga:

Btw, aku lihat di online market, harga Samsung yang garansi distributor ini jauh lebih murah dari yang garansi resmi dan SEIN. Coba saja cek harga s8 di Lazada dan Tokopedia (Online market yang sering aku gunakan).

2. Garansi Resmi

Garansi resmi ini bahkan ada juga yang menyebutkannya garansi distributor. Lho kok? Sedikit membingunkan, tapi jangan khawatir. Intinya garansi dilakukan oleh perusahaan yang menghandle langsung barang tersebut. Misalnya yang sering kita dengar adalah TAM. Nah, terkadang perusahaan ini akan memberikan garansi karena sudah bekerja sama dengan Samsung. Untuk kualitas dan bayar fee, biasanya kalo hanya sekedar software mungkin nggak bayar, kualitas juga pasti cihuy.

3. Garansi SEIN (Samsung Elektronik Indonesia)

Ini nih garansi resmi dari Samsung sendiri. Jadi jika kita beli Samsung di Indonsia, pastinya nggak perlu ragu. Kualitas dijamin ok dan garansi juga pasti dihandle dengan baik. Cuma harganya sedikit mahal ya.

Setelah tahu definisi garansi distributor, resmi dan SEIN, kira kira mau beli Samsung yang mana ya? Kalo memikirkan harga sih, mau yang s8 karena harganya cuma 6 jutaan. Hanya fingerprint nya masih nggak bagus. Kalo S9 harga masih mahal. Apalagi yang S10. Mungkin tunggu uang lebih dan beli S9 saja kali ya beberapa bulan lagi.

0 Response to "Apa sih Garansi Distributor, Garansi Resmi, dan Garansi SEIN?"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel