Birdbox, Film Netflix yang Bikin Geregetan Monsternya

Fujiharu.com - Kali ini aku akan coba resensi film yang baru aja aku tonton beberapa hari ini. Jika mengingat kata resensi film, aku jadi ingat beberapa tahun lalu saat aku masih menjadi siswa SMA di kota kecil. Saat itu kata resensi film masih awam. Biasanya aku akan baca di majalah seperti Hai, Aneka, atau majalah remaja lainnya. Resensi film yang akan coba bagikan adalah Birdbox, film Netflix yang dibintangi oleh Sandra Bullock. Film ini bikin geregetan tentang bagaimana wujud monster yang menyerang bumi. Awas spoiler!


Aku sangat hobi dengan nonton film, tapi jarang sekali mengulas dalam resensi film. Kayaknya satu hobi baru bisa saling bertautan dan menjadi ladang pahala aku kedepannya. Amiin. Aku yang suka menulis terkadang buntu ide, kira kira apa yang akan ditulis untuk mengupdate blog. Beberapa hari ini aku sering nonton film Hollywood melalui Hooq atau VIU. Hobi ini saling berhubungan secara aku juga suka menonton film. Terkadang aku menonton dengan teman kerja setelah after work. Biasanya sih aku menonton di CGV Tangerang atau XXI Bekasi.
Birdbox, Film Netflix yang Bikin Geregetan Monsternya
Rotten Tomatoes
Birdbox adalah film Netflix yang mulai tayang di Desember 2018 kemarin. Film ini menjadi film tersukses di minggu pertama Netflix karena dalam satu minggu setelah peluncuran, lebih dari 45 juta account telah menontonnya (wikipedia). Film ini menjadi rekor baru perfilman di televisi Netflix. Tentu saja film ini bukan hanya bagus dari segi sinematografinya. Beberapa hal yang membuat film ini keren adalah sebagai berikut.

1. Review
Menurut Rotten Tomatoes, film ini dilabeli dengan 63% review posisif pada film ini. Memang, review bagus bukan berarti film tersebut bagus atau keren, tapi merupakan sedikit gambaran bahwa film ini cukup bagus bagi orang yang akan menonton. Aku juga terkadang nggak melihat review dulu baru nonton, tapi justru akan lebih suka dengan lihat trailernya. Apakah bagus atau tidaknya.

Baca Juga:

2. Meme
Meme atau hal lucu yang memorable dari film ini sangat ramai di twitter. Bahkan beberapa orang melakukan challenge dengan blindfold atau penutup mata. Rihanna, seorang entertainerpun bahkan melakukan challenge ini! Tentu saja, dengan adanya meme dari penyanyi Diamond ini membuat netizen makin penasaran dengan film Birdbox tersebut. Challenge Birdbox ada yang lucu, garing, bahkan berbahaya telah dipost di instagram, twitter dan youtube. Ingat, kalo menimbulkan bahaya, jangan coba ya! Adegan berbahaya yang dimaksud adalah ada yang main penutup mata dan bermaksud ke jalan raya. jangan, cukup bagi yang berkebutuhan khusus saja yang melakukannya. mereka yang berkebutuhan khususpun pasti ingin melihat sebenarnya.

3. Aktor dan Aktris
Aktor dan aktris yang memerankan film di Birdbox ini nggak main main. Seorang pemenang Oscar, Sandra Bullock bahkan memerankannya sebagai seorang single mother dalam bertahan hidup. Penyanyi rapper Amerika Serikat terkenal juga ikutan lho. Sayang, belum di explore lebih dalam: Machine Gun Kelly. Aktris yang baru saja memerankan Alita Battle Angel juga ikutan lho: Rosa Salazar. Sayang, kedua orang itu kabur pada pertengahan cerita. Akan sangat bagus jika ada kelanjutannya.

4. Plot Cerita
Ini yang aku tekankan dalam sebuah film. Memang benar film yang bagus adalah sebuah kesatuan dari cerita, acting dan set yang bagus. Tapi yang paling utama adalah cerita. Jika ceritanya bagus, maka penonton akan berbondong bondong untuk menonton, apalagi ini adalah adaptasi dari novel sama yang berjudul Birdbox karya Josh Malerman. Imajinasi manusia sangat luas, jadi cerita tersebut akan sangat bagus dalam tiap imajinasi seseorang.

Spoiler. Cerita ini intinya adalah end of the world atau kiamat, cuma beda versi. di Birdbox, sesuatu yang aneh telah melanda bumi. Siapapun yang melihat luar rumah dengan kasat mata, maka akan ada makhluk (nggak terlihat) yang membuat seseorang yang melihat tersebut untuk bertindak bengis, bahkan bunuh diri. Sandra Bullock yang berperan sebagai Malorie Hayes, ibu muda yang hamil tanpa pasangan resmi harus menyelamatkan diri dan juga mencari tempat perlindungan, yang mana tempat perlindungan tersebut sangat jauh dan hanya bisa ditempuh 2 hari dalam perjalanan dengan melewati sungai bersama dua anaknya: laki laki dan perempuan. Dalam perjalanan tersebut, adegan awal mulai terjadinya bencana diceritakan.

Setelah pulang dari Rumah Sakit, Malorie merasakan keanehan sepanjang perjalanan pulang dan puncaknya adalah kakaknya bunuh diri dengan menabrakan diri ke mobil yang sedang bergerak cepat. Malorie shock karena kakaknya merupakan seorang yang nggak mungkin mempunyai niat bunuh diri, lalu sebelum tewas, kakaknya juga merasakan hal yang menyedihkan, sedangkan sifat kakaknya seorang yang ceria. 

Kekacauan tersebut membuat warga banyak yang bunuh diri. Dalam upaya untuk menyelamatkan diri, Malorie dan beberapa penduduk lain tanpa sengaja berkumpul dalam satu rumah.

Disinilah mulai muncul masalah. Bukan hanya monster bengis diluar sana yang siap membunuh nereka, tapi sikap yang ditunjukkan oleh manusia di dalam rumah cukup buas seperti monster yang diluar sana. Mereka mulai bersatupadu, tapi ada juga yang nggak saling percaya. Complicated.

Satu persatu anggota dalam rumah tersebut mulai hilang, mulai dari ada yang meninggal karena bunuh diri setelah dipaksa melihat kearah keluar rumah, dibunuh, bahkan kabur. Endingnya mungkin kita sedikit tahu bahwa Malorie beserta 2 anaknya (setelah melahirkan di rumah sementara dan bertahan beberapa tahun) dan juga satu pria yang menjadi kekasih Malorie (Tom) akan selamat dalam menghadapi bencana tersebut(?)

Lalu, apa hubungannya dengan kotak burung (birdbox)? Ternyata burung ini dapat memberitahukan manusia sekitar jika ada monster ini. Burung burung akan melakukan kegaduhan. Mungkin monsternya menakutkan, tapi karena nggak ditunjukan seperti apa, maka aku masih bertanya tanya, kenapa nggak menyerang Malorie dan anak anaknya ketika diluar ruangan. Meskipun mereka tertutup matanya, tapi mereka bisa aja membuka paksa penutup mata atau mengirimkan angin yang kuat sehingga Malorie melihat sekitar? Inilah hal hal yang membuat aku geregetan. Hal lainnya adalah beberapa orang justru nggak bunuh diri ketika melihat sinar dari luar, bahkan mereka ini akan menjadi bandit dan matanya akan berwarna keabu abuan. Tugas mereka mencari manusia yang matanya masih normal, memaksanya agar melihat "keindahan" dunia luar. 

Seperti apakah cara cara dan cerita lengkap dari film Birdbox yang bikin geregetan ini? Silahkan nonton!

0 Response to "Birdbox, Film Netflix yang Bikin Geregetan Monsternya"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel