Cara Bikin NPWP di Bekasi, Asal Pembuatan NPWP Daerah Lain, Pelayanannya OK

Fujiharu.com - Ketika aku kehilangan satu tas warna merah yang berisi alat elektronik saat sholat di Mesjid Agung Kota Tangerang, disitu pula aku kehilangan semua hal yang ada di dompet: ATM, Kartu BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, Buku Tabungan, KTP dan kartu nama orang orang penting. Semua hilang nggak berbekas. Lalu, karena aku berusaha untuk menjadi wajib pajak yang baik, akupun harus mempunyai kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan tentunya melaporkan SPT (Surat pemberitahuan) masa pajak. Karena saling berkaitan, aku memulainya dengan beberapa hal yang salah. Tapi jangan khawatir, aku akan memberikan info yang benarnya agar kalian nggak pusing memikirkannya. Berikut ini adalah cara cara yang aku lakukan akan membuat kartu NPWP yang baru setelah NPWP hilang. Sekedar info, aku membuat NPWP saat masih ada di aderah lain, Indramayu. Saat ini aku bermukim di Bekasi.

Cara Bikin NPWP di Bekasi, Asal Pembuatan NPWP Daerah Lain, Pelayanannya OK

Membuat NPWP sebenarnya gampang gampang susah. Gampang tinggal datang ke tempat pajak terdekat yang kita tinggali, apalagi sekarang online, jadi lebih gampang. Namun, yang susahnya adalah terkadang (biasanya) pelayanan yang dilakukan pemerintah itu nggak bagus: telat, antrian seenaknya, sembrono dan nggak cepat. Tapi, saat ini berbeda. Bekasi nggak seperti dulu dan beda dari daerah lain sepertinya. Pelayanan yang aku dapatkan selama aku membuat NPWP dan hal hal yang berkaitan denagn NPWP ini sangat cepat dan ramah. Aku bahkan kaget dibuatnya ketika pelayanan yang aku terima di instansi pemerintah begitu baik. Sukses untuk pemerintah Jokowi, Gubernur saat ini dan walikota Bekasi. Pak, Bu, aku salut pada pelayanan yang bawahan bapak ibu berikan. TOP. Pikiran jelek tentang pelayanan pemerintah harus aku coret. Semoga tempat lain ikutan lebih baik lagi. Amin.

Ketika aku akan membuat NPWP di bekasi, petugasnya bilang bahwa NPWP kita harus terlebih dulu aktif, karena aku belum aktif, maka nggak bisa online. Cara yang harus aku tempuh ada 2 cara:

1. Datang ke Kantor pajak pas buat kartu

Artinya aku harus ke Indramayu karena aku membuat data NPWP pertama kali di daerah ini. Akan sangat membutuhkan banyak waktu dan biaya. Bayangkan aku harus ke Indramayu lagi. Ongkos butuh sekitar 100 ribu untuk bolak balik, belum ojek pulang pergi. Lalu makan minum? Option ini aku skip.

2. SPT harus sudah dilaporkan

Karena aku akan dapat SPT dari perusahaan akhir maret ini, maka aku akan menunggunya, nanti setelah selesai aku akan lapor SPT, jadi tinggal buat NPWP.
Beberapa hari menunggu dari pihak perusahaan untuk mendapatkan SPT, aku juga membuat kartu kartu lain ke pemerintahan atau bank terdekat agar ATM dan hal hal lain yang hilang bisa didapatkan kembali, kecuali hape dan laptop yang hilang. Sepertinya pencurinya bisa mendapatkan semua itu. Semoga rejekinya makin lancar dan menjadi halal rejekinya karena aku mendapatkan barang barang tersebut dengan halal. Amin.

Sekitar seminggu akhir di bulan maret, aku telah mendapatkan SPT dari perusahaan. Aku langsung ke kantor pajak bekasi dan mulai kembali mengurusi NPWP. Setelah upload semua data, aku langsung ke bagian pembuat NPWP. Berikut adalah hal hal yang harus disiapkan saat ke kantor pajak untuk membuat NPWP di Bekasi:

1. Datangi kantor pajak terdekat

2. Ft. copy KTP

3. Ft. copy NPWP

4. Jika tidak ada fotocopy NPWP, siapkan surat kehilangan dari kepolisan. (pilihan)

Surat dari kepolisian ini sangat sakti jika kita membuat sesuatu. Karena jika kita nggak ada surat kehilangan dari Kepolisian, maka kita akan susah dalam mengurusi dokumen. 

5. Minta nomor antrian

6. Isi formulir (biasanya diberikan pas kita minta nomor antrian)

7. Menunggu panggilan

8. Setelah dipanggil, ada sedikit pertanyaan kenapa hilang, mau apa, dll. Bicarakan ke petugasnya.

9. Mereka akan buat

10. Selesai kurang dari 5 menit.

Baca Juga:

Yang paling lama dalam proses pembuatan NPWP adalah waktu menunggunya. Meskipun ada banyak petugas yang bekerja, tapi tidak sebanding dengan orang orang yang mengantri. Yang aku lihat ada sekitar 5-7 orang yang membantu di bagian NPWP ini, tapi tetap saja lama, aku harus menunggu sekitar 2 jam untuk menunggu, padahal buatnya cuma 5 menit. Tapi petugasnya yang ramah membuat waktu 2 jam menunggu sirna seketika. Akupun sudah dapat NPWP yang baru.

0 Response to "Cara Bikin NPWP di Bekasi, Asal Pembuatan NPWP Daerah Lain, Pelayanannya OK"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel