Cara setting artikel blogger agar seo friendly

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara membuat artikel blog? Bagi yang suka menulis dan emang jago, hal itu tampak mudah, tapi bagi yang baru mulai blog seperti aku yang mulai menulis di fujiharu.com, kadang mudah kadang susah, pasalnya jika kita ada ide, maka tentu saja tulisan yang berbicara di otak mengalir deras yang mengakibatkan cepatnya kita dalam menulis artikel di blog. Jika buntu ide, biasanya aku akan browsing ide atau melihat hal hal trending di internet. Jika sudah dapat ide, bagaimana cara menuangkannya di tulisan blog? Aku akan share pengalaman selama ini jika aku menulis artikel di blog blogger fujiharu.com agar seo friendly. bagi yang menggunakan yoast seo, maaf salah kamar.
Cara Buat Artikel Blog ala Fujiharu.com
Bagian yang perlu diperhatikan saat menulis blog

Blog fujiharu.com ini sebenarnya hanya ide awal shodakoh sebenarnya. Jika aku meninggal, apa yang akan aku bagikan pada diriku sendiri? Kaya, belum. Ngerti ilmu banyak, belum. Nah, sebagai bentuk shodakoh jariyah aku, maka aku membuat tulisan ini. Meskipun akhirnya aku tergoda juga dengan google adsense (entah kapan akan diterima). Semoga tulisan ini bisa jadi shodakoh aku sampai liang lahat juga. Shodakoh jariyah kali ini adalah cara membuat artikel.

Biasanya menulis artikel itu akan lebih mudah jika ada hubungannya dengan kita sendiri. Misalnya ada bencana alam di satu daerah tertentu. Maka jika kita layaknya reporter, mungkin harus seobjektif mungkin dalam menginformasikan keadaan, beda dengan digabungkan dengan subjektif atau diri sendiri. Kita akan melihat bencana alam itu dari posisi subjektif, misalnya jika kita yang ada di wilayah bencana akan bagaimana ya? Saudara kita yang ada diwilayah tersebut bagaimana? Hal subjetif itu akan memudahkan kita dalam menulis artikel. Hal ini juga berlaku dengan aku yang menulis di fujiharu.com. ini.

Cara yang biasa aku lakukan ketika menulis artikel adalah berikut:

1. Buat Judul Artikel

Buatlah judul artikel terlebih dahulu. Dengan adanya judul, maka kita akan lebih fokus dalam mengisi konten artikel kita. Usahakan judulnya gampang dicari dan menarik. Misalnya, "Cara Buat Artikel Blog ala Fujiharu.com", jika kamu hanya menuliskan "Cara Buat Artikel Blog" saja, maka akan banyak sekali yang menulis hal itu. Buat pembedanya!

Jika perlu, kamu bisa mencari ide dengan mencarinya di google trends.

2. Isi Artikel

Buat artikel dari judul yang kita tulis. Sebisa mungkin gampang dicerna oleh pembaca di website kita. Aku juga terkadang banyak salah, makanya kita juga harus edit lagi, meskipun udah dipublish.

3. Perbaiki Isi Tulisan

Jika telah menuliskan isi artikel, perbaiki tulisannya. Siapa tahu ada kata typo. Aku biasanya nggak mengedit tulisan dari awal, tapi langsung aja menulis secepatnya secara menyeluruh. Nanti setelah ditulis baru aku akan mengedit artikelnya. Tujuannya tentu saja agar enak dibaca pengunjung. dengan begini, pasti disayang google.

4. Peletakan Header, Font, dll.

Jujur, untuk satu ini, aku pun masih belum tahu banyak, hanya aku akan menjadikan satu paragraf pertama atau paragraf manapun yang menjadi pemancing dari isi blog akan aku jadikan header. Bagian header ini juga aku masukan ke bagian "search description" di kanan blog.

Kita juga bisa menambahkan mana tulisan yang harus di bold atau nggak. Biasanya aku menggunakan huruf verdana, normal. 

Baca Juga:

5. Masukkan Gambar

Agar artikel kita lebih eye catching, aku akan menambahkan gambar. Biasanya dari snipping gambar google atau website yang menyediakan gambar gratis. Kalo aku lagi ke lapangan, kadang aku mengambil langsung dengan handphone aku. Ini penting karena terkait kelegalan gambar tersebut. Biasanya aku akan membubuhkan sumber gambar di bagian bawahnya.
Cara Buat Artikel Blog ala Fujiharu.com
Menuliskan sumber gambar

6. Memasukan Identitas Gambar

Katanya, biar gambar kita ke indeks Google, maka gambar harus diberi identitas. Masukkan gambar ke badan artikel, lalu pada bagian artikel, klik. Kamu akan melihat "properties" nya. Isi bagian atas dan bawahnya dengan judul artikelmu. Untuk bagian caption, ya tulis aja sumber gambar atau gambar tersebut tentang apa.

7. Memasukkan Internal Link

Ini ilmu baru terkait seo blog. Aku mengetahuinya sejak aku ditolak salah satu publisher online terkenal. Saat itu aku mau menjadi reporternya. Aku kirimkan contoh kiriman, dan mereka menolak. Terus aku cari tahu kenapa, dan ternyata nggak ada link internal. Gunanya adalah tulisan saat ini bisa berhubungan dengan tulisan lain. Otomatis pembaca akan membaca isi artikel lain.Biasanya ada tulisan "Baca Juga", "Read", atau "Artikel terkait".
Cara Buat Artikel Blog ala Fujiharu.com
Contoh link internal

8. Cek Artikel

Jika telah selesai semuanya, kamu cek artikel tersebut. Bisa jadi masih ada yang typo, besar kecilnya huruf depan atau titik koma yang nggak sesuai. Ini penting ya, jadi selalu sediakan waktu untuk pengecekannya.

9. Masukkan Label

"Label" ini ada di bagian kanan blog. Label berguna untuk memilah tulisan. Misalnya artikel ini berisi tentang "How to", maka aku akan menuliskan "How to" pada bagian label, jadi jika ada orang yang ingin tahu how to di fujiharu.com itu apa aja, semua akan tersimpan rapi. Jika selesai, maka segera klik "Done".

10. Search Description

Ini adalah satu bagian yang membuat orang lain akan tertarik pada bacaan atau artikel kita. Usahakan menuliskan hal hal penting yang menggugah seseorang untuk baca. Aku biasanya mengambil bagian tulisan header yang dicopy dan dimasukan di Search Description. Jangan lupa, jika telah selesai klik "Done"

11. Atur Schedule

Jika kita akan posting blog, usahakan gunakan schedule ini. Katanya sih, masih mending setiap hari satu artikel yang update tiap hari daripada seminggu langsung 5, lalu setelahnya nggak update lagi. Aku juga lagi mengusahakan setiap hari posting artikel menggunakan fasilitas ini.

12. Check All

Kembali aku akan menyarankan untuk cek keseluruhan artikel. Siapa tahu ada yang kurang atau tulisannya nggak sesuai secara visual. Aku biasanya melihat artikel secara keseluruhan di fujiharu.com dengan mengklik "Preview". Jika dirasa ok, langsung publish deh.

Begitulah cara buat artikel dan mensettingnya yang biasa aku tulis di blogger fujiharu.com. Masih belum terlalu bagus, tapi berusaha untuk menjadi baik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara setting artikel blogger agar seo friendly"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel