Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan secara Online dengan BPJSTKU

Fujiharu.com - Bagimanakah cara claim BPJS secara Online dengan BPJSTKU? Aku baru saja melakukannya. Semoga trial error ini sesuai, soalnya aku coba yang offline, ternyata sudah nggak berlaku lagi. Kamu bisa download di playstore atau langsung kunjung website ini BPJS Ketenagakerjaan. Gampang banget sih kalo dari yang aku lakukan. Aku melakukan cara ini di laptop di alamat BPJS Ketenagakerjaan.
Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan secara Online dengan BPJSTKU
Halaman depan BPJSTKU

Cara online ini aku pilih setelah sebelumnya melakukan cara offline, eh ditolak sama security BPJS. Katanya dari juli BPJS Ketenagakerjaan Bekasi kota sudah diberlakukan online. Jika ditempat lain mungkin beda ya. Kalian bisa mengecek BPJS terdekat.

Cara yang aku lakukan adalah trial dan error, masih belum tahu kebenarannya. Saat ini aku hanya mengikuti petunjuk yang ada di website tersebut.

Cara claim BPJS Ketenagakerjaan secara online adalah berikut:

1. Masuk website BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum masuk, kalian akan diminta untuk buat akun terlebih dahulu. Ingat, masukan email yang gampang atau masih aktif, No KTP, Telepon dll. Pokoknya isi secara komplit ya.

Baca Juga:

    2. Profil kamu

    Ingat, disini aku nggak share cara isi personal data. Kamu isi personal data secara lengkap dan benar ya, nanti akan ada verifikasinya. Jika sudah diisi, maka tampilannya akan seperti ini. Ada foto yang sama dengan KTP mu.Ada beberapa option di profil depan ini:
    Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan secara Online dengan BPJSTKU

    Kartu Digital         : Kartu BPJS kamu dan nomernya

    Lihat Saldo JHT     : Kamu bisa lihat berapa banyak uang yang bisa diambil

    Klaim Saldo JHT    : Nanti kita akan isi ini untuk claim BPJS secara online

    Simulasi               : Kamu akan mengetahui seberapa banyak kamu bayar setiap bulannya dengan gaji tertentu. Sangat praktis lho.

    3. Isi claim BPJS ini

    Usahakan sesuai gambar ini ya. Intinya berisi nomor KPJ kamu, keperluan untuk claim dan jenis claim tergantung kamu. Karena aku mengundurkan diri, maka ya pengunduran diri yang diisi.

    Nanti kamu lanjutin aja pengisiannya. Gampang. Katanya sih kita tinggal tunggu beberapa hari. Cara ini berupa daftar online, jadi semacam undangan dari BPJS, jadi kamu nggak bisa memilih kapan bisa datang. Berbeda dengan pilihan antri online. Jika antri online. kamu akan memilih   bisa datangnya dan jamnya. Feel free ya. 

    Update:

    Sehari setelah isi form di BPJS Ketenagakerjaan, aku mendapatkan email yang berisi undangan untuk datang ke BPJS untuk mengambil claim. Nanti kamu print dokumen pdf dan juga isi emailnya. Info yang aku dapat adalah:

    1. Aku diminta datang tanggal 16 April 2019 (daftar tanggal 11 april)

    2. Sebelum 08.30 harus sudah ada di BPJS

    Data itu juga harus dibarengi dengan ftcopy dan dokumen asli yang diminta. Semoga sukses. Btw, aku juga nanti akan update bener tidaknya. Btw, semakin lama kamu kerja, maka akan semakin besar uang yang kamu terima. Untuk aku, mungkin cuma sekitar 2,5 jutaan. Sedikit? Iya, kan cuma beberapa bulan.

    Bagi kalian yang mengambil uang lebih dari 50 juta atau 100 juta, maka klian juga harus membawa NPWP ya. Intinya kalian bisa baca sendiri dari isi email yang kalian dapatkan. 


    0 Response to "Cara Claim BPJS Ketenagakerjaan secara Online dengan BPJSTKU"

    Post a Comment

    Recent Articles

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel