Cara pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia lewat pos

Fujiharu.com - Artikel yang paling banyak dibaca di blog fujiharu.com ini adalah cara kirim barang dari dan ke Jepang. Jumlah yang baca menurut pageview Google cukup banyak, hampir 20.000. Wow, bagi aku yang penulis amatir, hal itu sangat membanggakan, karena aku bisa membantu teman teman yang ada diluar sana terkait pengiriman barang ke luar negeri. Hal lain yang aku perhatikan adalah ternyata banyak sekali orang Indonesia yang berencana mengirimkan barangnya. Lalu, jasa yang digunakan untuk pengiriman barang itu apa ya yang bagus dan cepat? Ongkirnya berapa ya?

Cara Kirim Barang Ke Jepang dengan Pos Indonesia, Mahal Juga ya.
Barang yang dikirim ke Jepang

Disclaimer. Ini adalah pengalaman aku saat mengirimkan barang, jika ada perubahan terkait biaya dan waktu, bisa menanyakan langsung ke pihak pihak berwenang seperti Pos Indonesia, dan lainnya untuk kepastiannya.

Pengalaman aku kirim barang ke Jepang adalah dengan menggunakan PT Pos Indonesia. Karena bagi aku, jasa dari pihak inilah yang paling hemat diantara lainnya. Saat itu aku menanyakan ke JNE, tapi katanya masih belum bisa. Jika menggunakan Fedex dll, maka sudah dipastikan mahalnya luar biasa. Terakhir aja aku mengirimkan barang untuk orang Jepang ke Tokyo, Jepang, bayarnya sekitar 500 ribu, padahal cuma kirim Kamera kecil go pro. Jika banyak duit sih nggak apa kali ya.

Baca Juga:

Pengalaman aku kirim barang ke Jepang dengan PT Pos Indonesia aku lakukan ketika masih di Jepang. Saat itu aku kangen sekali ingin memakan makanan pedas seperti sambal trasi kering atau sambel bubuk yang biasa bibi aku buat. Bibi aku emang paling jago jika buat sambal. Aku ingat betul, disaat teman lain balik dari kampung, maka makanan abon dan yang mahal mahal sering mereka bawa, tapi jika aku pulang kampung sangat berbeda. Aku justru bawa sambal bubuk, sambal trasi, bawang goreng, bahkan sejenis umbi umbian yang biasa disebut uli dan uwi. Makanan ini biasanya aku potong dan aku kukus, terus dibawa ke kampus dan dibagikan ke temen temen sekelas. Anti mainstream banget ya makanannya.

Bagiku, makanan itulah yang mengobati kerinduan saat di Jepang. Makanan di Jepang sangat enak, tapi rasa pedas yang dihasilkan berbeda dengan Indonesia. Mungkin micinnya kurang kali ya. Hehe. Makanya minta keluarga untuk mengirimkan barang ke Jepang.

Balik lagi ke jasa pengiriman. Aku minta keluargaku untuk mengirimkan barang barang seperti makanan tersebut menggunakan jasa Pos Indonesia. Karena ketika kakak menanyakan ke JNE katanya masih belum bisa. Di Pos Indonesia juga, yang lebih mahal dan cepat ada, tapi aku menggunakan yang biasa.

Saat mengirimkan barang ke Jepang, berat barang kalo nggak salah sekitar 3 kiloan, kalo nggak salah jumlahnya sekitar 1 juta lebih untuk ongkos kirim atau ongkirnya. Cukup mahal bagiku, tapi sepadan ya. 

Lalu caranya bagaimana agar bisa kirim ke Jepang?

1. Untuk Pengirim 

Nama lengkap:Alamat lengkap: Tambahkan negara juga ya, kan antar negara.No Telp: Untuk pengirim harus ada ya, soalnya jika barang nggak terkirim, bisa balik ke Indonesia dengan selamat. Kalo yang di Jepang, bagusnya sih ada, tapi kalo nggak ada juga nggak apa apa.

2. Siapkan Paket

Paket barang secara rapi, usahakan diplastik juga, agar jika lembab atau basah, isi kiriman tetap aman. Isi barang juga harus sesuai dengan peraturan cara kirim barang oleh Pt Pos Indonesia. Jika melanggar, jangan dimasukkan, nanti berbahaya buat pengirim dan penerima.

3. Datang ke Pos Indonesia terdekat

Saat ini pos Indonesia hampir sama banyaknya dengan jasa pengiriman seperti JNE, dan lainnya. Warna Pos Indonesia sangat khas: orange.

4. Petugas biasanya akan mencek

Mencek disini bisa jadi petugasnya akan buka isi, memastikan barang yang dikirim aman sesuai peraturan. Biasanya barang cair dan elektronik dilarang. Dulu aku minta keluarga mengirimkan hardisk external, tapi kata petugas pos nya nggak boleh dikirim. 

5. Taksir Harga

Petugas akan mengecek dan menimbangnya. Lalu akan ada harga ongkos kirim atau ongkir yang mesti kita bayar. Bayar sesuai yang diminta. Ingat, minta nomor tracking barang tersebut agar di monitoring. Kamu juga harus menanyakan berapa hari kira kira barang akan datang ke Jepang.

Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Kamu juga akan diminta versi yang cepat atau biasa. Kebetulan aku menggunakan yang biasa, yang sekilonya sekitar 300 ribu.
Cara Kirim Barang Ke Jepang dengan Pos Indonesia, Mahal Juga ya.
Jumlah uang yang dikeluarkan saat kirim ke Jepang

6. Berdoa

Iya, kirim barang udah selesai deh, kamu cukup berdoa agar barangmu bisa sampai dengan selamat. 

Dari pengalamanku, waktu kirim barang ke Jepang membutuhkan waktu sekitar 11 hari. Sangat cepat dan barang diterima dengan rapi. 

Bagaimana, tertarik untuk kirim barang ke Jepang? Ya meskipun cukup mahal.

0 Response to "Cara pengiriman barang dari Jepang ke Indonesia lewat pos"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel