Cara Mendapatkan Ide Menulis Blog Menurut Mastimon

Fujiharu.com - Artikel ini adalah intisari yang aku dapatkan dari salah satu blogger rendah hati yang aku ketahui dari internet. Namanya adalah Timon Adiyoso, seorang blogger Kalimantan. Dia sebelumnya seorang HRD di salah satu perusahaan pertambangan (Info yang didapat di salah satu video blognya). Aku sangat senang degan isi blognya. Memang kalo dibilang keren videonya, nggak begitu keren (sederhana), tapi aku lebih focus pada isi yang dia sampaikan (sangat bermanfaat). Katanya dia nggak begitu lama berkecimpung dalam dunia blog, tapi dia nggak takut untuk share info di blog ataupun di video blognya.

Cara Mendapatkan Ide Menulis Blog Menurut Mastimon
Google

Beberapa pertanyaan yang masuk di Mastimon, biasanya dia akan buatkan tutorialnya. Kali ini dia akan memberikan tutorial ataupun tips untuk mendapatkan ide untuk menulis di blog. Katanya menulis itu gampang gampang susah, meskipun dia lebih banyak gampangnya sih, soalnya kata dia bisa menulis blog sehari 30-50 artikel (?), itu ide idenya, semoga saja real artikel juga ya. Dari isi blognya, dia memang sangat produktif dalam berkarya.

Ide, 3 huruf yang sedikit, tapi jika orang tersebut sedang tidak ada ide, maka meskipun sedikit susah dicari, bukan berarti nggak bisa ya. Jika terasa blank atau mentok dengan ide nya, maka mereka menayakan pada Mastimon yang notabene cukup produktif di blog maupun Youtube nya.

Baca Juga:

Berikut ini adalah beberapa tips menulis dari Mastimon yang harus kalian cari agar ide bisa terpantik atau muncul dan kalian bisa mengunakannya untuk menulis ide di blog kalian. Aku juga ikut membumbui ide nya biar terasa personal. Bagaimanakah cara mendapatkan ide tersebut?

1. Pengalaman diri sendiri

Isi blog yang berisi tentang pengalaman diri sendiri akan lebih mudah untuk menuliskannya di blog. Cara Mastimon ini dia praktekan juga lho. Aku juga sering menulis artikel apapun tentang diri sendiri dan tentu saja dikaitkan dengan topik lain, maka penulisan akan lebih lancar. Mungkin kurang dari 30 menit artikel telah selesai dibuat. Gampang kan? Pengalaman sendiri bisa dijadikan ide menulis blog tentang pekerjaanmu, hobimu, atau juga bisa rewrite artikel lain yang kamu kombinasikan dengan pengalamanmu. Mudah sekali, bukan?

2. Berkunjung ke situs lain

Berkunjung situs yang kita sukai akan mendapatkan ide. Mungkin kamu pernah dengar jika nggak ada ide, kamu diminta jalan jalan atau keluar rumah. Nah, kegiatan itu bisa memantik ide cemerlangmu untuk menulis di blog kesayangan. Ide ide yang bisa kamu dapatkan dari luar bisa lebih fresh malahan. Blog yang cukup sering dikunjungi Mastimon adalah kompi ajaib, Mas Sugeng, Arlina dll. Sekali kali kunjungi blog fujiharu.com juga dong. Hahahaha.

Saran dari Mastimon juga, judul yang kita buat nggak boleh sama dengan Judul milik orang lain, usahakan diubah judul dibagian akhirnya. Misalnya “cara membersihkan wajah yang baik dan benar”, kamu bisa ganti, “cara membersihkan wajah dengan bahan tradisional”. Saran lain yang patut diacungin jempol adalah no copy paste. Disamping mencuri ide sesorang, kita juga nggak menghargai karya orang lain. Nanti google juga akan mengira isi blog kita nggak orisinal dan unik.

3. Buka sosmed

Sosmed atau social media ini bisa jadi ladang ide lho. Kamu mungkin sering lihat status temanmu terkait kehidupan rumah tangga, percintaan, artis, bahkan politik. Semua itu bisa dijadikan ide menulis blog. Sosmed yang dimaksud bisa aja facebook, twitter, instagram, atau youtube. Kalian bahkan bisa lihat data data atau artikel yang sedang trending dimasyarakat.

4. Buat produk secara detail

Terkadang kita menulis data secara random atau nggak detail. Jika kita menuliskan suatu produk secara detail, maka akan banyak sekali ide ide yang akan bermunculan. Misalnya kita membahas ponsel Samsung S10 yang lagi hits, isi nya apa saja, kehebatan layarnya apa, Samsung ada negara mana, jenis ponsel yang terkenal di dunia, dll. Banyak sekali bukan, jika kita menjadikannya ide menulis secara detail?

5. Mencari keyword research di Uber Suggest atau di Google

Jika kita mencari satu kata kunci di Uber Suggest dan Google, kamu akan menemukan berbagai kata lanjutan yang bisa kamu jadikan ide untuk menulis blog. Misal: Kegunaan, lalu akan ada tambahan kata yang membawa kita ke judul judul yang bisa dijadikan ide menulis di bog kita. Misal: Kegunaan lemon selain untuk memasak.

Ide ide akan kita dapatkan dimanapun, asalkan kita berusaha untuk mencari. Jika kita masih belum menemukan, kayaknya ada yang salah dengan kita. Bisa jadi ada bagian kita yang sangat malas atau nggak ada mood.

Jika kalian punya dana berlebih, bisa membeli artikel. Bagi aku, masih banyak kok ide menulis blog jika kita mempraktekkan cara cara yang Mastimon utarakan tadi. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Mendapatkan Ide Menulis Blog Menurut Mastimon"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel