Klaim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota Wajib Online!

Fujiharu.com - Informasi terkait claim BPJS Ketenagakerjaan yang bertebaran dapat membingungkan. Salah satu yang menjadi korban adalah aku. Karena aku nggak mau kamu menjadi korban informasi yang nggak akurat tersebut, aku share informasi terkait claim BPJS ketenagakerjaan di Bekasi kota yang wajib online. Seperti apa informasinya? Berikut beberapa informasi yang bisa aku simpulkan dan langkah apa saja yang harus kamu lakukan.

Claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota, Wajib Online!

Claim BPJS ketenagakerjaan memang menggunakan sistem online dan juga offline. Online disini maksudnya adalah kita memasukkan data via internet dan persiapan online untuk mengambil claimnya. Tapi, bisa juga dengan offline, yaitu kita mempersiapkan semua dokumen dan kita datang langsung ke lokasi kantor BPJS ketenagakerjaan yang kita mau.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk claim BPJS adalah:

1. Ftcopy dan dokumen asli Buku Rekening

2. Ftcopy dan dokumen asli KTP 

3. Ftcopy dan dokumen asli KK

4. Ftcopy dan dokumen asli BPJS Ketenagakerjaan

5. Surat keterangan pengunduran diri/ Paklaring

1. Ftcopy dan dokumen asli Buku Rekening

Siapkan aja buku rekening yang biasa kamu tabung atau isi. Aku menggunakan bank BNI. Ada beberapa info yang aku dapatkan bahwa bisa mengambil offline di bank BJB, syaratnya kita harus mempunyai bank BJB (masih belum tahu valid nggak nya)

2. Ftcopy dan dokumen asli KTP 

Kalo yang ini memang wajib kamu punya. Jika hilang, usahakan buat surat kehilangan dan segera buat surat keterangan dari kelurahan yang menginformasikan bahwa ktp aslimu sedang dibuat.

3. Ftcopy dan dokumen asli KK

Biasanya KTP dan KK ini digunakan bersamaan, jadi siap siap aja bawa keduanya. Btw, cek juga nomor induk kependudukannya, terkadang ada yang nggak pas. Kalo ini terjadi, lapor ke kelurahan terlebih dahulu.

4. Ftcopy dan dokumen asli BPJS Ketenagakerjaan

Yang ini harus selalu dibawa ya. Karena beberapa bulan lalu aku kehilangan kartu ini, maka aku membuat surat kehilangannya di kepolisian agar ada keterangan bahwa aku memang benar telah kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

5. Surat keterangan Pengunduran diri/ Paklaring

Untuk yang ini, aku masih ragu dengan kalimat surat keterangan pengunduran diri (berdasarkan web bpjsketenagakerjaan.go.id), tapi kemungkinan adalah paklaring. Jika belum dapat, minta ke HRD dari perusahaanmu.

Jika telah selesai, kamu bisa daftarkan secara online di website bpjsketenagakerjaan.go.id, nanti isi semua informasi yang dibutuhkan mulai dari dimana tempat claim, memasukan data data dll. 

Diartikel ini aku share pengalaman aku terkait online dan offline claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi kota. Karena aku ingin memastikan dulu secara offline, maka aku langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di sekitar Polres Bekasi kota. Ingat, posisi kantor BPJS Ketenagakerjaan ini sebelah kiri sebelum polres ya, jika kamu dari arah stasiun. Jika setelahnya adalah BPJS kesehatan.
Claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota, Wajib Online!

Setelah datang ke kantornya, aku langsung ketemu security yang ada. Dia bilang berapa nomor antriannya, aku bingung. Aku jelaskan bahwa aku mau offline untuk claim BPJS ini. Bapaknya bilang dari juli sudah mewajibkan peserta untuk online. Biar lebih praktis kali ya. Awalnya aku agak sangsi, soalnya tahu sendiri di Indonesia. Contohnya e ktp, tapi nggak mencerminkan e ktp banget, masa tetep aja pake ftcopyan. Tapi ternyata sekarang udah berubah, makin bagus pelayanannya kali ya.

Security tersebut bilang, bahwa silahkan bisa datang mengurus claim secara offline di Bank yang telah ditunjuk (informasinya ada di papan pengumuman), jika masih belum jelas bisa menanyakan langsung ke petugas BPJS yang telah disiapkan di depan kantor BPJS ketenagakerjaan.

Aku utarakan maksudku ke petugas BPJS Ketenagakerjaan, karena sebagai informasi, BPJSTKU yang aku download di playstore lagi gangguan terus. Bapak bapak BPJSnya baik banget, menjelaskan segala cara antri online dan daftar online. Jika antri online, kita bisa memilih tanggal dan jam yang kita mau, sedangkan daftar online identik dengan daftar melalui email yang berisikan undangan untuk datang ke kantor BPJSnya. 

Baca Juga:

Karena aku udah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Bekasi kota, aku sekalian aja mencoba cara offline lain yaitu datang langsung ke satu bank yang ditunjuk di daerah Babelan, Bekasi. Cukup jauh juga ke daerah Babelan, Bekasi ini. Kalo dengan motor mungkin sekitar 30-40 menit. Yang bikin kesel adalah jalan menuju bank nya. Sepanjang jalan hampir semuanya rusak. Udah panas, berkeringat, bau, debu, jalan rusak lagi. So drama!

Ketika sampai di bank yang dimaksud, aku terheran karena informasi yang diberikan oleh security bank nya. Ramah sih, cuma kok agak aneh gitu. Apa memang benar ya bank seperti itu? Tapi bisa jadi kali ya.

Berikut adalah obrolan aneh yang jadi intisari dengan security tersebut.

1. Jika claim BPJS di bank tersebut, harus mempunyai rekening bank yang dimaksud.

Kalo yang ini masih mengerti, ya sebagai bentuk kerjasama.

2. Jika belum punya, harus buat terlebih dahulu.

Ok, aku akan buat disini biar cepat.

3. Pendaftaran untuk pembukaan rekening baru bisa dimulai tanggal 1 mei.

What? Are you sure? What kind of policy is this? Sekarang tanggal 11 April, harus menunggu sampai 1 mei?. Baru tahu ada bank yang mensyaratkan calon nasabah agar menunggu sampai bulan depan. Padahal bank bank lain jika mau daftar bisa langsung hari itu juga, asalkan sesuai jam kerja. Aku datang di bank tersebut sekitar jam 09.20 an. 

Fix, aku nggak akan daftar di bank tersebut. Mungkin untuk saat ini. Masih banyak bank lain yang bersedia buka rekening hari itu juga, eh ini punya syarat beda. hahah 

Mungkin bank tersebut kekurangan SDM atau saking sibuknya ya? Entahlah, mungkin itu urusan internal bank tersebut. Tapi aku berharap pelayanannya lebih cepat.

Dari cerita diatas, lebih baik kamu segera urus claim BPJS ketengarakerjaanmu secara online ya. 

Note:

Untuk antrian online di Bekasi kota, usahakan kamu log in pada jam 12 malam agar kamu bisa dapat antrian secepatnya (saran dari petugas BPJS)

Tunggu cerita aku selanjutnya jika sudah dapat claim BPJS Ketenagakerjaan ya.

0 Response to "Klaim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota Wajib Online!"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel