Klaim BPJS ketenagakerjaan di Bekasi kota secara online

Fujiharu.com - Hari ini aku klaim BPJS Ketenagakerjaan karena aku telah mengundurkan diri dari perusahaan. Lalu bisakah aku mengambil klaim meskipun belum pensiun? Bisa? Kan aku kehilangan kartu BPJS ketika aku sholat di mesjid Al Azom, Tangerang dulu? Bisa. Menggunakan pendaftaran online atau offline? Karena aku mengambilnya di Bekasi kota, maka harus online. Beginilah kisahku hari ini mengurusi klaim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota.

Claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota, Tanpa Surat Kehilangan dari Kepolisian
Contoh no antrian

Memang benar lho, banyak informasi ternyata membuat kita pusing. Kayak aku, syarat mengambil klaim BPJS katanya harus dengan menggunakan Ijazah asli lah, akte kelahiranlah. Stop! Itu salah. Jika ingin mendaptkan informasi yang tepat, lebih baik datang langsung ke web nya, atau jika bertanya, ke orang yang telah pernah mengurusnya. Padahal aku juga diinformasikan oleh HRD sebelumnya, tapi dia kayaknya nggak tahu.

Syarat untuk klaim BPJS Ketengakerjaan bisa ditarik secara 10%, 30% dan 100%. Ketentuan atau syarat pengambilan itu tergantung dari orangnya. Jika yang bersangkutan masih kerja, maka diambil 10% atau 30%. Jika 100%, maka yang bersangkutan harus menyerahkan surat paklaring dari perusahannya yang menandakan bahwa benar peserta tersebut telah mundur dari perusahaan. Klaimnya tentu saja 100% bisa diambil semuanya. Bagi yang duit atau saldo BPJS nya lebih dari 50 juta keatas, maka kamu harus menyiapkan NPWP juga.

Claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota, Tanpa Surat Kehilangan dari Kepolisian
Surat pernyataan

Syarat untuk klaim BPJS ketenagakerjaan itu gampang lho. Kamu cukup klik BPJS Ketenagakerjaan dan isi sesuai identitas. Jika kamu udah mengisi, maka semua data akan tertera jelas. Misal berapa saldo yang ada, dll. Setelah diisi semua, kamu masuk bagian klaim. Nanti isi ya sesuai no Jaminan Hari Tua kamu dan lainnya. 

Baca Juga:

Disini kamu akan diminta untuk mengirimkan data data pendukung seperti surat pengunduran diri, kk (kartu keluarga), buku tabungan, dll. Isi secara jelas. Nanti kamu akan mendapatkan email undangan untuk datang ke kantor BPJS yang kamu mau. Disitu juga diinfokan bahwa kamu harus datang jam berapa tanggal berapa. Jangan sampai telat ya, soalnya ngantrinya lama lho. Isi badan email dan  kertas pdf yang dilampiran di email balasan, kamu print juga ya.

Claim BPJS Ketenagakerjaan di Bekasi Kota, Tanpa Surat Kehilangan dari Kepolisian

Hari ini aku datang sesuai undangan di email, yang berisi kan aku diminta ke BPJS Bekasi kota tanggal 16 april sebelum 08:30. Ternyata di sana udah ngantri dan banyak orang. Aku aja nomor 73, itu baru nomor yang umum. Untuk nomor yang pensiun didahulukan. Jadi, yang umum menunggu lebih lama. 

Pagi hari aku langsung ke security BPJS Ketenagakerjaan Bekasi kota dan menunjukan surat undangan, lalu dia memberikan nomor antrian dan kertas yang harus aku isi. Isi dengan informasi yang sesuai identitas kamu. Jangan sampai salah ya. Karena aku kehilangan kartu BPJS, maka aku membuat surat keterangan ke pihak kepolisian yang menginformasikan bahwa benar aku telah kehilangan kartu BPJS, lalu aku juga diminta untuk membuatkan surat kehilangan dari perusahaan. Surat kehilangan dari perusahaan inilah yang aku bingungkan. Pihak HRD perusahaan aku sebelumnya bingung karena nggak tahu yang dimaksud seperti apa, apalagi aku. Sampai sekarang nggak ada info dari HRD sebelumnya. Tapi karena berbekal informasi bahwa aku udah buat surat kehilangan, maka aku pede untuk nggak bawa surat kehilangan dari perusahaan. Ternyata salah! Kamu nanti nggak akan diterima. Sesuai informasi dari petugas BPJS, bahwa bagi siapapun yang kehilangan kartu BPJS ada dua option:

1. Persiapkan surat kehilangan dari kepolisian dan surat kehilangan dari perusahaan.

2. Print kartu BPJS secara online dan buat surat keterangan yang disediakan oleh BPJS disertai materai 6000.

Karena aku udah buat surat keterangan kepolisan, tapi nggak ada dari perusahaannya, maka aku mengunakan option dua. Lebih gampang. Oh iya, saat mengajukan klaim, bawa handphone yang terinstall BPJSTKU nya, karena akan di lihat langsung oleh petugasnya. Yang nggak ada pulsa dan baterai handphone nya belum terisi, isi penuh ya.

Aku datang sekitar jam setengah 8 dan mengantri sampai jam 12 siang. Pas banget lho jam 11;45 an aku dipanggil. Cukup cepat sih sebenarnya. Malah kurang dari 10 menit pengurusannya. Hanya lama di waktu menunggu. Untuk pencairan dana, kata petugasnya ditunggu paling lama maksimal 7 hari. Dan tidak ada pemberitahuan kapan akan dikirim. Makanya tabungan aku harus selalu on.

Begitulah pengalaman aku mengajukan klaim BPJS ketenagakerjaan di Bekasi kota. Sebagai syarat klaim, persiapkan data ini ya.

1. Copy dan dokumen asli Buku Rekening

2. Copy dan dokumen asli KTP 

3. Copy dan dokumen asli KK

4. Copy dan dokumen asli BPJS Ketenagakerjaan

5. Surat keterangan pengunduran diri/ Paklaring

0 Response to "Klaim BPJS ketenagakerjaan di Bekasi kota secara online"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel