Buah buahan yang baik dikonsumsi saat puasa

Fujiharu.com - Disaat puasa, badan akan terasa lebih cepat lelah, karena selama 12 jam lebih kita nggak menerima asupan gizi. Tapi, bukan berarti kita nggak bisa mengatasinya. Dengan asupan gizi yang tepat dan seimbang saat buka atau sahur, maka gejala lemah letih lesu bukan menjadi halangan lagi. Cara mengatasinya adalah dengan makan makanan yang sehat dan buah yang bagus. Bahkan ada buah yang sampai disunahkan untuk memakannya saat berbuka puasa. Lalu, buah apa yang bagus saat puasa? 

Buah buahan yang bagus saat puasa
Pixabay

Didalam buah buahan terkandung berbagai jenis vitamin yang berbeda. Vitamin yang sering ada di buah adalah A dan C. Vitamin ini sangat dibutuhkan untuk tubuh agar tetap bugar. Misalnya vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan vit C untuk kebugaranmu. 

Baca Juga:

Lalu, katanya ada buah yang kurang baik dan bagus yang dikonsumsi oleh kita saat puasa. Memang ada, tapi kalo menurut aku, asal takarannya pas, nggak perlu khawatir.

Berikut adalah buah buahan yang bagus saat puasa:

1. Apel

Buah apel ini adalah buah yang mudah dicari dipasaran yang juga baik buat tubuh. Kandungan vitamin pada buah apel adalah A, C, dan K. Vitamin ini sebagian besar berfungsi untyuk menangkal radikal bebas. Selain itu, mineral, kalsium dan zat besi pada apel dapat meningkatkan energi saat puasa.

2. Jeruk

Buah satu ini sangat mudah didapatkan dan harganya yang relatif murah menjadi buah yang banyak diminati masyarakat. Buah jeruk mengandung vitamin C yang banyak dan juga kandungan air yang sekitar 85% baik buat tubuh saat berpuasa. 

Olahan jeruk juga sangat gampang, bisa untuk jus, kue atau salad buah.

3. Semangka

Meskipun buah semangka hanya ada di musim tertentu, tapi masih gampang kok untuk mendapatkannya. Buah ini banyak sekali mengandung air dan juga gula alami yang bagus untuk tubuh saat puasa. Karena banyak air yang terkandung didalamnya, bisa mencegah tubuh dari dehidrasi.

Buah buahan yang bagus saat puasa
Pixabay

4. Anggur

Meskipun buah ini cukup mahal, tapi bukan berarti nggak bisa menikmatinya bukan? Buah ini bisa kita dapatkan saat beli jus buah atau sop buah untuk berbuka. Buah anggur banyak mengandung air dan juga vitamin C. Selain rasanya yang manis dan sedikit asam, buah anggur diyakini bisa mengobati hipotermia.

5. Kurma

Inilah buah yang disebut oleh Nabi Muhammad. Buah ini identik dengan daerah Timur Tengah, karena kebanyakan buah ini ada di daerah tersebut. Buahnya sangat manis dan mengandung gula alami yang dibutuhkan tubuh. Makan buah kurma 2-3 butir saat berbuka bisa memulihkan staminamu saat puasa seharian. Ketika kita berbuka puasa dengan buah kurma ini, bukan hanya kebaikan dari vitamin dan mineralnya yang kita dapatkan, tapi juga sunahnya. Luar biasakan?

Disamping 5 buah diatas, masih banyak buah lain yang bisa kita makan saat puasa: Mangga, pir, jambu, salak, alpukat, dll. Buah tersebut sangat bagus untuk tubuh saat berpuasa.

Semoga dengan masuknya makanan dan buah yang baik dan halal ke tubuh, menjadikannya energi yang prima untuk kita semua selama puasa berlangsung.

Selamat berpuasa.

0 Response to "Buah buahan yang baik dikonsumsi saat puasa"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel