Cara Backup Postingan Blog dan Template

Fujiharu.com - Ketika isi blogmu adalah harta berharga yang tak terkira, pastinya kita ingin mempertahankan atau menjaganya. Tapi, ada aja yang iseng atau tidak suka dengan kita kan? Ustadz yang notabene orang baik aja ada haternya. Pernah denger dong ada yang hack akun seseorang? Nah, kita nggak tahu apa yang terjadi nanti, jadi kita harus mempersiapkannya sebelum kena hack seseorang. Caranya adalah dengan membackup atau save isi postingan blog. Jangan lupa save juga templatenya biar satu paket.

Cara Backup Postingan Blog dan Template
Schedule

Cara backup ini bisa kamu lakukan seminggu sekali atau kalo ada waktu tiap hari. Kenapa? Karena siapa tahu akunmu sangat berharga dan isi postingannya worth it banget. Kalo aku biasanya pas ingat aja. Data backup ini kamu simpan di PC atau cloud kamu. 

Buat artikel bagus yang sesuai dengan hati itu susah susah gampang. Kita harus teliti dan juga mencurahkan beberapa idenya di tulisan yang kita posting di blog. Karena membutuhkan tenaga dan pikiran, kita pasti menjaganya. Kita mencoba menjaga sekuat tenaga, eh ada pihak pihak yang iseng mencuri atau menghack. Amit amit jika terjadi, kita persiapkan dari sekarang. Jika terjadi sesuatu, setidaknya isi postingan telah aman kita simpan. Lalu bagaimana cara melakukannya? Aku sebenarnya cukup sering membackup postingan dan template, tapi terkadang lupa juga. Biar sama sama ingat, aku akan tulis biar jadi pengingat kita semua.

Baca Juga:

Cara Backup Template

1. Klik Theme

Dibagian theme ini, kamu lihat bagian atas kanan blogmu. Akan ada tulisan backup/ restore. 

2. Klik backup/ restore

Kamu cukup klik backup dan restore. Nanti akan terdownload secara otomatis. Kamu cari isinya di tempat hasil download.

3. Buat Zip/Rar

Jika telah menemukan datanya, kamu buat data backup tersebut dengan rar atau zip. Kegunaannya biar tambah aman. 

Agar lebih jelas, kamu bisa lihat gambar berikut ini!

Cara Backup Postingan Blog dan Template
Cara backup template

Kenapa sih template juga harus di backup? Jika kita nggak backup template, maka meskipun kita memasukan isi postingan ke blog baru, akan terlihat berantakan dan harus mengisi ulang beberapa bagian. Dengan template sama yang digunakan saat ini, maka hal itu bisa dihindari.

Cara selanjutnya adalah backup postingan blog. Hasil postingan blog yang berupa XML document hampir sama dengan template. 

Cara backup postingan blog

1. Klik "Setting"

Ketika klik, kamu akan menemukan beberapa sub dari setting. Kamu klik bagian "other" dan lihatlah tombol import content dan backup content. Kamu harus klik content karena tujuanmu adalah untuk menyimpannya di PC atau flashdisk.

2. Klik Backup content

3. Tunggu sampai selesai.

4. Buat rar/ zip

Cara Backup Postingan Blog dan Template


Jika kamu telah mendownload template dan content, satukan menjadi bagian rar/ zip biar gampang disimpan dan dicari.

Demikian cara backup postingan blog dan template kali ini. Semoga berguna.

0 Response to "Cara Backup Postingan Blog dan Template"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel