Cara buat ktp online Bekasi dengan Simpaduk

Fujiharu.com - Salah satu bukti administrasi bahwa kita adalah bagian dari suatu masyarakat di kota tertentu adalah dengan adanya KTP (kartu tanda Penduduk). Kartu ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan administrasi dimanapun. KTP sering digunakan untuk membuat NPWP, surat kehilangan, BPKB, pajak, melamar kerja, atau bisa melamar kamu juga? Heheheh fungsinya digunakan hampir dimanapun. Bahkan, jika kita nggak bisa bayar, kita diminta atau ditahan KTP nya. Aku akan berbagi informasi cara membuat KTP online di Bekasi karena alasan hilang.

Cara Buat KTP Online Bekasi karena Hilang dengan Simpaduk online

Saat sedih bagiku adalah harus kehilangan barang barang yang mempunyai sejarah luar biasa bagiku. Satu tas yang berisi barang elektronik, dompet dan lainnya dicuri saat aku menunaikan sholat di Mesjid Agung, Tangerang Kota. Bagaimana nggak sedih, aku mengumpulkan sedikit demi sedikit uang dari bekerja untuk membeli barang barang yang ada di tas yang dicuri. Laptop seharga 13 juta, handphone Samsung seharga 5 juta, hardisk seharga sejutaan, handphone Xiaomi 3 jutaan dan satu dompet berisi atm, ktp, sim, dan stnk. Barang barang tersebut sangat dibutuhkan bagi aku yang sering wara wiri. 

Jumlah nilai yang hilang sekitar 20 juta lebih. Nyesek! Semoga pencurinya bisa memanfaat alat tersebut dengan baik dan nggak akan melakukan pencurian lagi. Amiin.

Karena ktp, dll hilang, maka aku harus mengurusnya dengan cepat. Hal yang pertama dilakukan adalah aku harus lapor ke kepolisian bahwa aku telah kehilangan barang barang tersebut. Jika telah didaftarkan surat kehilangan dari polisi, maka selanjutnya mengurus barang barang lain yang hilang.

Baca Juga:

Ketika telah mendapatkan surat keterangan ke kepolisian, aku langsung mengurus ke tempat KTP aku dibuat, yaitu di Bekasi Kota. Karena pernah mendengar bahwa bisa dilakukan di simpaduk online (sistem informasi pendaftaran dokumen kependudukan), maka aku harus segera ke kelurahan terdekat di Bekasi. Saat itu aku datang ke kelurahan Perwira. Barang yang aku bawa adalah:

1. Surat kehilangan asli dan copy nya

2. Ftcopy KTP lama

Dua barang itu aku bawa ke kelurahan terdekat. Saat itu suasana kelurahan sangat ramai. Aku memberikan dua surat tersebut dan bilang bahwa aku ingin membut ktp karena hilang. Petugasnya cukup baik, mereka membawa dokumen aku dan membawanya kedalam. Sekitar 1 jam kemudian (saking ramainya), baru selesai dan petugas tersebut memberikan kertas tambahan yang isinya hampir sama dengan KTP, cuma tertulis surat keterangan, banyak yang menyebut kertas itu dengan "suket". 

Ketika mendapatkan surat keterangan tersebut, petugasnya meminta agar daftar secara online. Terus aku bilang kapan ktp akan selesai? Kata petugasnya tergantung ada blankonya ada atau nggak. Aku jadi mikir, apa akan seperti di TV TV yang mengatakan bahwa blanko nggak ada, tapi tiba tiba disuatu tempat blanko nggak digunakan, tercecer sia sia.

Aku langsung buka simpaduk online.

Mengisi beberapa bagian mulai dari no ktp dan juga upload surat keterangannya. Dan, dalam waktu dua minggu, masih belum juga ada konfirmasi kapan bisa diambil ktpnya. Nggak tahu kenapa. Setiap hari aku selalu cek, tapi hasilnya tetap sama. Sampai karena aku nggak sabar, aku langsung ke tempat lain untuk menngurusnya.

Aku nggak sabar karena aku harus mengurus surat surat lain seperti stnk, sim dll. Jika aku menggunakan surat keterangan, ada yang membolehkan ada yang melarang. Waktu aku buat sim, bisa menggunakan surat keterangan dari kepolisian dan juga surat keterangan kelurahan, tapi ketika aku akan mengurus stnk, mereka bilang nggak bisa, katanya surat keterangannya palsu, nggak asli, padahal sudah jelas tertera tanda tangan basah petugas berwenang. Aku complaint ke kelurahan, petugas kelurahan juga bilang bahwa ini asli. Karena aku males ngurusinnya, aku tinggalkan urusan tersebut.

Cara Buat KTP Online Bekasi karena Hilang dengan Simpaduk online

Aku akhirnya dapat info bahwa mengurus ktp bisa dilakukan di Mall Lotte Bekasi. Karena aku masih bekerja, aku minta saudara yang mengurusnya dengan data data yang aku tinggalkan. Alhamdulilah bisa dibuatkan hari itu juga. Sangat cepat!

Ternyata simpaduk online nggak memudahkan penduduknya juga, justru dalam kasus aku, malah membingungkan. Bagi kalian yang mau buat ktp karena hilang, lebih baik ke kepolisian, lalu langsung ke Mall LOTTE Bekasi. Lebih cepat!

0 Response to "Cara buat ktp online Bekasi dengan Simpaduk"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel