Dampak Ganti Domain ke TDL, Traffick Turun

Fujiharu.com - Sekitar dua bulan yang lalu, aku melakukan perpindahan domain dari blogspot ke TDL (blog yang berakhiran.com, id, org, dll). Kenapa harus pindah? Emangnya jika menggunakan domain blogspot menjadi masalah? Lalu jika pindah ke .com seperti yang aku lakukan, ada perubahan positif terhadap blog? Kan banyak yang bilang jika ganti domain, traffic blog kita akan turun, bahkan drastis terjun bebas! Baiklah, aku akan sedikit bercerita tentang pergantian blog aku dari domain asli blogspot ke .com. Apa aja kelebihan dan kekurangannya? 

Dampak Ganti Domain ke TDL, Traffick Turun
Pixabay

What?

Apa sih perpindahan domain itu? Perpindahan domain diibaratkan dengan rumah kamu yang telah berpindah. Isi rumah mungkin masih sama, tapi jika kamu berbeda tempat atau alamatnya, maka orang lain akan kesulitan atau butuh waktu untuk mengenali lagi.

Blog ini sebelumnya menggunakan blogspot, lalu sekitar 2 bulan lalu berganti ke .com. Perpindahan ini dibantu oleh rumahweb. Kalo nggak salah pertahun bayar sekitar 130 ribu.

Baca Juga:

Where?

Kamu boleh pindah ke domain yang kamu suka. Bisa pindah ke .com, .id. org atau lainnya. Nama ini tergantung selera kamu dan budget juga ya, karena beberapa domain harganya ada yang murah dan mahal. Untuk pembelian domain ini, aku melakukannya di rumahweb.

Who?

Siapapun kalian, bisa melakukannya. Hanya butuh sedikit usaha agar blogmu menjadi terlihat profesional dengan domain TDL.

When?

Kapan baiknya untuk ganti domain? Aku menyarankan untuk ganti ke domain TDL secepatnya. Bahkan, ketika kamu punya ide yang jelas tentang tema dan ide apa yang akan kamu kerjakan di blog nanti, segera buat atau ganti dengan domain TDL. As soon as possible. Untuk blog ini sendiri, butuh waktu lebih dari 5 tahun untuk mengetahui perpindahan domain itu pantas untuk dilakukan.

Why? 

Aku melakukan perpindahan blog karena aku ingin serius dalam blogging. Jika kita bayar domain, maka ada dalam diri kita yang bilang bahwa, masa sih kita udah bayar tapi nggak diberdayakan dengan optimal? Sama dengan aku. Karena aku udah bayar untyuk perpindahan domain ini, pastinya aku akan bekerja keras agar blog semakin baik.  

Keuntungan yang akan aku dapat dari perpindahan domain ke TDL adalah:

1. Profesional

Jika blogmu berdomain TDL, maka akan terlihat profesional. Siapapun yang akan melihat blog kita, pasti menyangka seorang yang pro. Padahal belum tentu ya. Kan kita masih sama sama belajar untuk lebih baik.

2. Branding

Kalo kamu telah memiliki domain dengan nama blogmu, maka ini semacam identitas dari dirimu dan blogmu. Orang lain nggak akan bisa mengambil brandmu karena kamu telah mengambilnya terlebih dahulu. Kalo blogspot, siapapun bisa ambil.

3. Mudah diingat

Dengan menggunakan.com, menurut aku, blog ini gampang dicari. Bahkan ketika mereka mencari blog aku pun, sangat gampang, tinggal cari fujiharu. Jika menggunakan blogspot, disamping terdengar susah, juga nggak bagus.

4. Investasi

Nama blog kamu ini bisa dijadikan semacam investasi. Dengan berpindah ke domain TDL, maka akan jadi investasi masa depanmu. Nggak percaya? Pernah baca atau dengar berita jokowimaaruf.com yang berharga 2 milyar? Ya itu, .com membawa rejeki! Nomplok! Its gonna be your investment, so change and keep it!

Dampak Ganti Domain ke TDL, Traffick Turun
Harga beli domain

Selain kelebihan, kekurangan juga ada lho. Seperti apa? sebenarnya hal ini udah aku tulis di artikel aku sebelumnya, tapi kurang lebih adalah sebagai berikut:

1. Traffick turun

Traffic aku langsung terjun bebas. Malahan hampir nggak ada pengunjung sama sekali di blog dengan domain baru aku. Sedih rasanya yang biasanya berkunjung sekitar 200-300 an kini hilang. Mungkin sekitar kurang dari 10 kalo nggak salah.

2. Pekerjaan bertambah

Pastinya, aku harus mengoreksi beberapa konten dan juga perbaikan seperti privacy, sitemaps, dll. Butuh waktu untuk merapikannya. Aku aja butuh waktu sekitar 1 bulan setengah untuk mengoreksi semua hal agar lebih rapi dan juga mengupdate isi blognya.

Tapi, jangan khawatir, kalo kamu bersungguh sungguh, meskipun masalah akan terus datang, tetapi kamu semakin mahir dalam mengatasi masalah masalah tersebut. Ingat selalu untuk daftar ulang ke berbagai webmaster agar blogmu kembali terindeks bing atau google.

Mengganti domain ke TDL memang merugikan karena seakan menjadi blog bayi kembali. Tapi, pegetahuan kita nggak bayi lagi kan, so perbaiki semua hal nya agar blog kita akan lebih baik dan bagus.

0 Response to "Dampak Ganti Domain ke TDL, Traffick Turun"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel