Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia

Fujiharu.com - Bulan Juli diawal minggu identik dengan tes bahasa Jepang serentak seluruh Indonesia. Nama tes bahasa Jepang tersebut adalah JLPT (Japanese Language Test Proficiency). Lalu, kapankah tepatnya jadwal JLPT tersebut?

Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang apa itu JLPT, aku akan sedikit share tentang JLPT yang telah aku lakukan sebelumnya. 

JLPT yang dilaksanakan di Indonesia dan Jepang sedikit berbeda. Salah satu perbedaan yang sangat mencolok adalah ketika ujian berlangsung. Ketika di Jepang, suara atau tindakan mencurigakan apapun selama ujian akan dikenai sangsi, bahkan ada kartu warna kuning dan merah, seperti sepakbola. Jika mendapat kartu warna merah, maka langsung dikeluarkan. Jika kuning hanya diberi peringatan.

Waktu di Indonesia, saat choukai atau listening berlangsung, ada suara handphone yang berdering. Bukan sekali, tapi dua kali berdering dan pihak panitia nggak menegur sama sekali. Jika di Jepang, orang tersebut langsung out saat itu juga dan gagal secara otomotis. Bukan berarti aku anti menerima permintaan maaf, tapi sudah ada ketentuannya agar handphone dimatikan saat ujian berlangsung. Bayangkan, saat listening test, handphone berbunyi. Jelas aja merusak suasana dan juga isi tape yang sedang berbunyi.

Baca Juga:

Contoh lainnya adalah ketika aku belum menerima kertas ujian dari panitia, maka aku cukup memprint data original dari komputer dan membawa tanda pengenal seperti paspor. Lalu ketika dicek, aku cukup menunjukan data tersebut. Memang bagi panitia akan mendapat kerjaan lagi karena harus menuliskan beberapa hal, tapi sangat lancar. Jika di Indonesia, aku memang belum pernah, tapi suatu ketika, aku lupa pasword yang digunakan untuk mendaftar ujian. Tahu yang terjadi? Aku hubungi nomor referensi, tapi nggak pernah nyambung. Di email nggak ada balasan. Namun, akhirnya bisa aku dapatkan pasword dan keterangan lain dengan cara mendatangi langsung universitas yang ditunjuk. Untungnya dekat. Jika jauh....repot. Semoga kondisi di atas sama seperti Jepang. Amin.

Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia

What

JLPT adalah tes bahasa Jepang yang dilakukan oleh siapapun dengan waktu pelaksanaan yang ditentukan. Biasanya bulan Juli dan Desember setiap tahun. Tes dibagi menjadi N5, N4, N3, N2, N1. 

Cara Gila Belajar Bahasa Jepang (Part 5) Selesai

Penilaian dilakukan jika nilai kita bisa melampaui nilai batas minimal per bagian dan juga nilai secara keseluruhan. 

Untuk lebih jelasnya, silahkan check website JLPT Indonesia berikut!

When

Dimanakah tes JLPT dilaksanakan? Tergantung tempat kamu daftar. Jika kamu masuk wilayah Jakarta, maka akan lebih nyaman dan praktis daftar di sekitar Jakarta dan tenpat pelaksanaannya juga. Masa iya kamu tinggal di Jakarta tesnya mau di Semarang? Kejauhan, tapi bisa kok.

Untuk tempat JLPT tahun 2019 ini, di Bandung dilaksanakan di Universitas Maranatha, sesuai dengan informasi di website https://jlptonline.or.id. 

JLPT 2019 di bulan Juli dilaksanakan pada Minggu, 07 Juli 2019. Waktu pelaksanaan biasanya jam 09:30. Minimal 30 menit harus sudah ada dikelas untuk pelaksanaan tes ya. Untuk Desember, nanti akan diinfokan di websitenya.

Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia

Adapun pendaftaran JLPT akan dilakukan dilaksanakan pada bulan Maret dan Agustus setiap tahunnya (berubah ubah). Silahkan selalu mengecek website JLPT Indonesia. 

Where

Pelaksanaaan JLPT dilaksanakan menurut wilayahnya. Ada Jakarta, Bandung, Semarang, dll. Lebih lengkapnya bisa cek di https://jlptonline.or.id. Berhubung aku baru bisa menemukan informasi di Bandung, maka aku akan share jadwal tes JLPT Juli 2019 di Lokasi Bandung berikut. Bagi yang berada di Lokasi Jakarta juga kini telah tersedia. Silahkan di download ya.

Jika di Jakarta biasanya akan dilaksanakan di Universitas Persada.  

Why

Kenapa harus ikutan tes JLPT? Nggak ikut juga nggak apa apa, tapi bagi pembelajar bahasa Jepang, hal ini semacam keharusan karena disinilah kemampuan bahasa Jepang diuji. Seberapa jauh kemampuan kita berkembang. Semakin baik atau justru semakin buruk. Hehe.

Hasil JLPT juga bisa digunakan ketika kita mengajukan beasiswa atau kerja. Sertifikat lulus JLPT bisa dijadikan juga sebagai pengontrol gaji. Kalo sesuai perusahaannya ya. Misalnya perusahanmu berbasis perusahaan Jepang, maka pasti akan berguna sertifikat JLPTnya. Jika perusahanmu berbasis perusahaan Jerman atau Cina, kurang berguna kali ya. 

Sekedar obrolan basa basi, jika kamu mempunyai sertifikat lulus N3, maka gaji sekitar 5 juta keatas, jika N2 maka 7 sampai 8 juta keatas. Lumayan kan? Bahkan bisa jadi lebih besar dari itu.

Who

Siapa yang boleh ikutan tes JLPT? Siapapun. Anak anak, remaja, dewasa, atau tua bebas melaksanakannya sesuai ketentuan. Kalian bisa memilih N yang kalian mau. N1 adalah level tertinggi dalam tes bahasa Jepang. 

Yang aku tahu, orang orang yang mengikuti tes JLPT adalah orang yang ada hubungannya dengan bahasa Jepang. Misalnya siswa SMA yang belajar bahasa Jepang, mahasiswa bahasa Jepang , dosen atau karyawan perusahaan Jepang.

How

Bagaimana cara daftarnya? Untuk tes Juli ini nggak bisa daftar karena udah ditutup. Biasanya pendaftaran ada dibulan Maret awal dan awal Agustus. Silahkan melakukan pemdaftaran melalui online atau ke universitas yang ditunjuk.

Biaya yang harus dibayar juga tergantung level yang diambil.

Sudah jelas dengan informasi tes JLPT 2019 di Indonesia? 

0 Response to "Jadwal Tes JLPT 2019 di Indonesia"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel