Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Fujiharu.com - Reksadana adalah produk perbankan yang saat ini aku minati. Kenapa? Karena aku baru tahu kenapa orang kaya selalu kaya, sedangkan si miskin kok susah untuk kaya. Salah satu cara agar kekayaan tetap atau bertambah adalah dengan reksadana. Ketika masih kecil, kita selalu diingatkan untuk selalu menabung agar kaya. Ternyata nggak sepenuhnya benar. Jika terjadi inflasi, maka duit tabungan tersebut kurang berharga, berbeda jika kita menggunakan produk perbankan yang namanya reksadana. 

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Kali ini aku akan berbagi pengalaman dengan reksadana yang ada di Tokopedia dan waktu pencairannya yang cepat, bahkan kurang dari 2 menit, uang masuk di rekening!

Perkenalan Reksa dana

Awal perkenalan aku dengan reksa dana adalah ketika aku membaca sebuah buku keuangan menuju Malang beberapa tahun lalau. Banyak sekali hal yang nggak dimengerti dari buku keungan tersebut, tapi entah kenapa aku juga tertarik untuk membacanya, meskipun nggak mengerti. Ternyata, kata reksa dana itu teta tertinggal di otak sampai aku menemukan satu buku reksa dana yang berwarna kuning di Gramedia. Judul buku tersebut adalah: 
Menjadi Kaya & Terencana Dengan Reksa Dana

Buku tersebut adalah karya dari Ryan Filbert. Dari sinilah aku mengenal apa itu reksa dana dan kegunaannya. Jujur, dari dulu sampai kuliah, paling males berhubungan dengan hal hal yang berbau akuntansi dan ekonomi. Sedikitpun nggak tertarik. Jangankan melirik, dibayarpun kayaknya nggak sudi. Masih ingat jaman SMA dulu, jika ada PR ekonomi atau akuntansi, aku akan mencontek jawaban dari teman yang jago akuntansi dan ekonomi, sebaliknya jika ada pelajaran bahasa Inggris atau eksak, aku yang akan memberikan jawaban. Aku nggak jago banget untuk bahasa dan eksak, tapi sedikit tahu. 

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Baca Juga:

Sedikit info, aku pengen banget berteman dengan seorang chinese yang terkenal jago mengelola uang, tapi belum pernah punya teman seperti itu. Haha sedihnya. Sampai ketika aku bekerja di perusahaan Jepang, aku bertemu dan kenal dnegan seorang manager keuangan. Dari sinilah aku sedikit belajar dan mulai bergerilya dengan pengetahuan ekonomi. Sebenarnya dia nggak begitu terbuka dengan ilmu ekonomi (jangan pelit, pak!), tapi aku kadang ndableg, selalu tanya dan selalu membuka obrolan tentang keuangan. Kadang, dia ngasih kode kepadaku dan langsung aku cari kode tersebut. Semisal dia bilang reksadana yang bagus itu dari bla bla bla. Aku langsung cari infonya. Terus bagaimana cara mendaftar menjadi seorang yang bisa melakukan transaksi reksadana. Bagi yang terbiasa atau mengetahui info tersebut, mungkin akan bilang:

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

"Masa sih kamu nggak tahu hal hal seperti itu?"

Hei, aku sama sekali nggak tahu. Makanya aku bergerilya mencari infonya.

Selama melakukan obrolan tersebut, aku juga mencari sendiri informasi melalui internet dan buku. Banyak sekali ilmu baru yang masuk. Mengerti? Nggak, tapi aku juga nggak menyerah, aku tetap baca karena yakin jika aku terus terusan baca, maka lambat laun akan mengerti. 

Sampai suatu ketika aku melakukan belanja online di Tokopedia. Disitu tertera iklan agar kita diminta bertransaksi reksadana. Semudah itukah? Ternyata mudah. Kita cukup melakukan pengisian formulir biasa dan melakukan transaksi juga seperti belanja online, cuma duit kita akan masuk di dana reksadana tokopedia.

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Definisi Reksa dana

Apa sih reksadana itu? Menurut Wikipedia, Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Jenis reksadana ada banyak, cuma di Tokopedia saat ini hanya ada pasar uang. Pasara uang ini adalah yang untung dan risikonya lebih kecil dibandingkan reksadana lainnya.

Secara umum Reksa Dana memiliki karakteristik produk yang juga disesuaikan dengan tujuan investasi atau pun risikonya.

Menurut Reksadana Community, beginilah definisi dari jenis reksadana tersebut:

1. Reksa Dana Saham

Reksa dana yang menempatkan minimal 80% pada instrument saham. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka panjang dengan waktu 5 tahun atau lebih.

2. Reksa Dana Pendapatan Tetap/ Obligasi

Reksa dana yang menempatkan minimal 0% pada instrument obligasi. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka pendek dengan waktu antara 1 – 3 tahun.

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

3. Reksa Dana Campuran

Reksa dana yang menempatkan maksimal 79% pada instrument saham, obligasi dan deposito. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka menengah antara 3 – 5 tahun.

4. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana yang menempatkan 100% pada instrument jangka pendek seperti obligasi dan deposito perbankan. Reksa dana ini cocok untuk investasi jangka sangat pendek dengan waktu kurang dari 1 tahun.

Keuntungan menggunakan reksadana

1. Keuntungan tinggi

Keuntungan dari reksadana lebih tinggi dari bunga bank jika dihitung minimal pertahunnya.

2. Dikelola manajer profesional

Manajer yang mengelola uang kita seorang yang profesional, jadi lebih aman.

3. Bisa investasi dengan jumlah kecil

Beberapa reksadana bisa dilakukan dengan investasi mulai dari 50 ribuan.

4. Online

Kamu bisa melakukan jual beli dengan online, jadi lebih praktis dalam bertransaksi. Dan pastinya bagi kamu yang sibuk, akan lebih nyaman karena ngak perlu ngantri di suatu tempat untuk investasi.

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

5. Pencarian dana lebih cepat

Untuk pencarian reksadana di Tokopedia lebih cepat dan nyaman. Kurang dari 2 menit bisa cair. Berbeda saat aku menutup deposito di suatu bank. Pencairan memang bisa dilakukan saat itu juga, cuma butuh waktu sekitar 30 menit, itupun pas bank sedang sepi, bagaimana  jadinya jika ramai?

Setahu aku, Reksadana yang tokopedia gunakan adalah pasar uang. Reksadana ini sangat cocok buat aku yang kebutuhannya hanya untuk jangka pendek. Meskipun untung sedikit, tapi duit akan lebih aman dan jika dibandingkan dengan bunga bank, lebih menguntungkan reksadana tokopedia.

Disamping keuntungan, ada juga hal negatif dari reksadana ini. Jika kita ingin untung banyak, pastinya harus menggunakan reksadana saham yang butuh waktu minimal sekitar 3 tahun. Nah, disamping untung banyak, risiko tinggi juga mengintai. Sama kayak pisau. Ada yang tumpul dan tajamnya.

Banyak teman teman yang menyarankan untuk menyimpan uang di deposito yang bunganya gede. Karena aku nggak berniat untuk mengambil bunga, maka aku nggak tertarik. Aku mengunakan reksadana tokopedia karena aku ingin mengetahui sendiri bagaimana proses reksadana tokopedia dan juga mengetahui seberapa untung. Memang nggak banyak keuntungan dibandingkan dengan bunga biasa, tapi jika aku terus menabung selama beberapa bulan, maka keuntungan hampir sama, bahkan lebih besar. 

Transaksi yang biasa dilakukan

Setiap bulan, dari gaji aku yang masuk ke rekening, aku juga memasukkan ke reksadana tokopedia sekitar 2 juta perbulan. Awalnya sih cuma 100 ribuan, cuma dirasa lebih aman dan aku juga nggak tertarik untuk mengambil uang jika tersimpan di reksadana, maka aku tambahkan jumlah uangnya. Paling banyak selama ini sih 2 juta untuk setiap bulannya. Alhamdulillah dari nabung di reksadana ini, aku memang lebih hemat dalam menggunakan uang. Karena jadi prioritas utama dalam menabung/ investasi reksadana. Jika aku menabung biasa, mungkin akan cepat habis kayaknya.

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Tiba saatnya akau resign, aku mengambil uang yang ada di reksadana tokopedia untuk kehidupan sehari hari. Kalo nggak salah aku telah menggunakan reksadana tokopedia sekitar 8 bulan. Alhamdulillah cukup banyak uang yang tersimpan. Berapa keuntungan yang aku terima saat itu? Kalo nggak salah sekitar 400 ribu. Lumayanlah.

Cara pencarian di reksadana tokopedia sangat gampang. Kamu cukup ikuti pilihan yang ada di menu. Biasanya ada pilihan beli atau jual. Kalo mau jual, klik yang "jual". Lalu kamu akan diminta untuk mengisi email atau nomor rekening. Beberapa keamanan yang diperlukan juga diminta, semisal pasword, dll. Dalam waktu 2 menit, duit langsung masuk ke rekening aku. 

Bagi kalian yang ingin melakukan transaksi reksadana di tokopedia, ada beberapa keuntunganya. Salah satunya adalah ada cashback (syarat dan ketentuan berlaku) dan mudahnya transaksi karena bank transfer sama.

Jika ingin yang berbeda, kamu bisa gunakan bareksa. Di platform ini lebih banyak jenisnya, dari saham sampai yang campuran juga ada. Keuntungan juga lebih kompetitif.

Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!

Note:

Hati hati dalam bertransaksi! Pilih reksadana yang sesuai dengan tujuan kamu: Jangka panjang atau pendek. Aku memilih reksadana saham dan juga campuran saat bertransaksi di bareksa. Awalnya sangat menguntungkan, meskipun aku nggak ambil returnnya. Kini, aku rugi banyak. Hampir sekitar 1,5 juta rugi. Tapi, karena reksadana tidak seperti nabung di bank, aku diamkan saja investasinya, soalnya aku berencana investasi untuk jangka panjang, minimal 3 tahun lebih. Semoga 2 tahun dari sekarang, duit aku minimal tetap, atau bertambah, Amin.

0 Response to "Mencairkan Reksadana Tokopedia, 2 Menit Langsung Cair!"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel