Pendaftaran Online SBMPTN

Fujiharu.com - Kabar gembira buat anak SMA yang baru lulus ataupun telah lulus, maksimal 3 tahun dari kelulusan, pendaftaran online SBMPTN telah dibuka. Bagi kalian yang tertarik kuliah S1 di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) bisa mendaftar secara online. Menurut laman resminya, pendaftaran online SBMPTN dimulai dari tanggal 10-24 Juni 2019. Lalu bagaimana persyaratan yang harus disiapkan?

Pendaftaran Online SBMPTN
Laman resmi SBMPTN

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi SBMPTN dilaksanakan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi LTMPT (lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dengan seleksi berdasarkan hasil tes atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Cara tes SBMPTN digunakan agar mempermudah penyeleksian, mempermudah kesempatan calon mahasiswa di PTN lintas wilayah, dan memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan Tinggi Negeri.

Seleksi PTN tahun 2019 cukup berbeda dengan jamanku dulu (SPMB). Hal ini diketahui ketika aku membantu saudaraku untuk mencari informasi terkait SBMPTN. Kini kita harus mempunyai nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jika dulu, kita daftar seperti biasa, lalu tes di PTN tertentu. Sekarang sudah canggih, menggunakan ujian berbasis komputer. 

Bahkan SBMPTN tahun 2019 secara online juga tesnya diambil langsung dari nilai UTBK. Karena saudaraku nggak ikutan SBMPTN sebelumnya, maka dia belum punya UTBK. Akhirnya dia nggak bisa ikutan daftar online SBMPTN di 10-24 Juni 2019 dan hasil akan diumumkan pada 9 Juli 2019 (pukul 15.00 WIB). 

Kemungkinan saudaraku akan masuk ujian dengan cara lain, karena dia nggak punya nilai UTBK. Atau bisa jadi ujian masuk ke PTS biasa. 

Baca Juga:

Memang SBMPTN sangat penting? Penting, karena kamu bisa masuk ke PTN favoritmu. Keuntungan PTN juga sangat banyak lho, ini yang aku rasakan ketika bisa masuk ke PTN:

1. Bangga

Aku bangga ketika bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Karena masuknya penuh dengan perjuangan. Mulai dari belajar lagi dari awal lagi, penuh emosi ketika bolak balik ke PTN yang aku suka, berkunjung ke tempat baru, dll.

2. Hemat

Memang benar jika biaya kuliah sangat mahal, tapi karena aku masuk PTN, maka biaya nggak semahal PTS lain. Kebetulan Universitas Negeri aku juga harganya miring banget. Aku masih ingat ketika masuk, uang DP nya sekitar 2,5 juta. Untuk biaya semester juga hanya sekitar 600 ribu (tergantung jurusan dan PTN). 

3. Banyak Teman

Karena kebanyakan temen temen ada di PTN yang sama, aku juga lebih tertarik masuk PTN karena ketika aku mengalami hambatan, insya allah mereka bisa bantu.

4. Mempermudah masuk dunia kerja

Nggak dipungkiri lagi, jika kamu dari PTN terkenal, maka kesempatan diterima di perusahaan tersebut akan lebih besar. Bukan berarti PTS lain nggak bagus, tapi dimata seseorang, lulusan PTN masih bernilai wow.

Note: Telah terbukti ketika aku interview (subjektif).

Tapi PTS juga banyak yang favorit kok, yang terpenting adalah individunya itu sendiri. Jika dia mampu, maka dia memang bagus untuk perusahaan tersebut.

Bagi kamu yang ingin masuk PTN mana yang cocok dan sesuai dengan passion kamu, silahkan cek lamannya agar kamu bisa memilih dengan baik.

Cara memilih jurusan dan PTN agar lolos di SBMPTN:

1. Pilih Jurusan 

Idealnya adalah jurusan yang akan kamu pilih akan digunakan pas kamu bekerja nanti, tapi jika masih belum terpikirkan, coba bayangkan passion kamu berada di dunia apa? Mungkin pendidikan? Fashion, International relationship, Hukum atau apapun sesuai kehendakmu.

2. Pilih PTN

Ada banyak jurusan di PTN tertentu, tapi ada juga PTN yang nggak mempunyai jurusan yang diinginkan. Cari dengan teliti apakah jurusanmu ada di PTN yang dikehendaki.

Jika telah memilih jurusan dan PTN, selanjutnya adalah melihat passing grade.

3. Passing Grade

Passing grade bisa dilihat di internet. Misalnya nilai passing grade matematika di UPI lebih besar dibandingkan UNJ, maka kamu mengkalkulasi diri sendiri apakah kamu mampu melampaui passing grade UPI? Jika nilai passing grademu kecil, maka sesuaikan agar kesempatan bisa masuk PTN berpeluang besar.

Pendaftaran Online SBMPTN
Lazada

Saran aku:

1. Aku akan memilih 3 jurusan yang paling aku suka secara berurutan

2. Memilih PTN yang aku inginkan

3. Membandingkan passing grade

4. Memilih jurusan di PTN yang passing gradenya sesuai kemampuan

4. Banyak berdoa dan belajar biar diterima

Bagi yang ingin lebih jelas persyaratan dll, kamu bisa buka laman di SBMPTN 2019.

Semoga informasi pendaftaran online SBMPTN 2019 yang aku bagikan bisa sedikit membantumu.

0 Response to "Pendaftaran Online SBMPTN"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel