Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb

Fujiharu.com - Bagaimana cara mengganti domain blogspot menjadi domain TDL seperti .com? .id? atau TDL lainnya? Awalnya sih aku mikir akan susah dan sesulit yang dibayangkan, tapi ketika dicoba dan dibantu oleh beberapa tutorial web, gampang sekali. Lalu, ketika blogspot diganti dengan .com, kok malah bermasalah? Kenapa ya? Aku langsung bertanya ke CS Rumahweb dan dijawab mereka dengan ramahnya. Luar bisa pelayanannya.

Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb


Harga pertahun

Mengganti domain blogspot ke .com atau .id adalah salah satu keinginan besar aku. Kenapa? Karena jika domain aku berubah ke .com atau .id, maka blog fujiharu akan lebih keren, terlihat profesional dan pastinya bisa jadi investasi kedepannya. 

Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb

Sebelum melakukan pergantian domain ke .com, aku sebelumnya cek dulu ke domain gratis freenom. Tapi, jika aku ganti domain melalui freenom, nggak sreg rasanya. Sebagai informasi, jika kita ganti domain di freenom, gratis lho, berbeda jika ganti domain di rumahweb. Pertahun aku harus bayar uang sekitar Rp. 125.000. Jika mau yang lebih mahal juga ada.

Baca Juga:

Cara Ganti/ Beli Domain

Cara mengganti domain blogspot ke domain.com sangat mudah. Kamu cukup googling rumahweb dan isi beberapa bagian kosong untuk menggantinya.

Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb

1. Masukan nama blogmu (tanpa menggunakan blogspot)

Seperti yang akan aku contohkan. Aku akan masuk rumahweb dan akan menuliskan nama blog. 

2. Pilih domain 

Kamu akan melihat beberapa option domain yang akan kamu gunakan. Harga juga tertera di samping kanan nya. Harga tersebut harus diperbaharui pertahun sekali.

3. Jika ada tulisan "Not available", artinya nama blog dan domain tersebut nggak bisa digunakan dan kemungkinan sudah digunakan orang lain.

4. Centang domain yang kamu suka

5. Daftar email

Jika kamu sudah punya ID di rumah web, masukkan aja emailmu, tapi jika belum, daftar aja, ada dibagian bawah juga kok.

6. Pilih transaksi sesuai waktunya

Karena aku takut lupa bayar domain pertahunnya, aku langsung bayar untuk dua tahun kedepan. 

Jika telah mengganti domainnya, kamu hanya perlu ganti DNS dll.Bagaimana caranya? Silahkan kamu masuk ke blog cara setting menurut rumahweb.

Cara setting DNS di Rumah Web

Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb

Sekedar info, ketika aku mencoba mengganti DNS, aku selalu gagal. Aku sampai frustasi karena takut gagal. Uang hilang blog juga takut rusak karena di otak atik. Setelah aku konsultasi dengan CS (customer service) Rumah web yang ramah, aku diminta untuk menunggu setelah setting DNS. CS menyarankan untuk menunggu sampai 3 jam. Jika masih belum bisa, langsung menghubungi CS kapanpun. Untungnya, setelah menunggu 30 menit, DNS sudah benar dan blog fujiharu.com mengudara.

Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb

Bagi kamu yang berganti domain, sebaiknya cek terlebih dahulu apa aja yang harus dilakukan karena kamu harus siap bahwa traffic blogmu akan anjlok! 

Bukan menakuti, tapi mengganti domain berarti membuat blog kita menjadi bayi lagi, sehingga agak susah untuk bersaing dengan blog lain. Tapi jangan khawatir, kalo kamu konsisten update blog berkualitas, maka traffic akan kembali lagi. 

0 Response to "Pengalaman Mengganti Blogspot ke Domain Sendiri dengan Rumahweb"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel