Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank

Fujiharu.com - Mudik sebentar lagi. Biasanya dimulai seminggu sebelum lebaran atau Idul fitri. Jadi ingat kampung halaman, orang tua dan handaitaulan. Lalu, pastinya lagu Gigi: 

Lebaran sebentar lagi 
Berpuasa sekeluarga 
Sehari penuh yang sudah besar 
Setengah hari yang masih kecil 
Alangkah asyik pergi ke masjid 
Shalat tarawih bersama-sama  

Tambah kangenkan jika mendengarkan lagu rohani tersebut? Lebaran memang semacam magic yang nggak bisa dibayangkan. Hampir semua muslim berusaha berbondong bondong ke kampung halaman untuk meminta maaf kepada orang tua dan sanak saudara. Karena niat mulia ini, pastinya mudik juga harus dipersiapkan agar aman dan nyaman dijalan. Lalu apa saja yang harus dipersiapakan saat mudik?

Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank

Mudik adalah istilah untuk orang perantauan yang akan kembali ke kampung halaman saat lebaran Idul Fitri. Penyebutan mudik sendiri merupakan pengucapan dari bahasa Jawa "Mulih Disik" Artinya pulang sebentar.

Selama setahun kita beraktifitas di kota besar atau diperantauan, biasanya jarang sekali pulang dan menengok orang tua dikampung. Disamping waktu kerja yang tidak sesuai, ongkos juga menjadi pikiran bagi anak perantauan. Tapi, siapapun mereka, pasti akan berusaha agar bisa pulang kampung. Kalo aku percaya bahwa keberkahannya ada pada usaha kita untuk pulang kampung mencari ridho dan maaf orang tua.

Agar rencana baik tersebut terlaksana, inilah beberapa tips yang perlu disiapkan.

1. Kesehatan

Saat puasa adalah waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan. Kita dijaga untuk tidak makan makanan sembarangan dan tubuh juga melakukan detoksifikasi. Insya allah badan dan pikiran akan sehat. Tapi, bagi kalian yang merasakan kurang sehat, perbanyak minum dan vitamin agar kembali pulih dengan cepat.

Baca Juga:

2. Obat obatan

Bagi yang suka mabuk diperjalanan saat berkendara, gampang mengantuk dan maag atau sakit lain, persiapkan obat obatan agar mudik semakin lancar. Aku menyarankan bawa obat maag, masuk angin dan kayu putih atau balsem. Obat obatan itu adalah hal standar agar mudikmu nyaman. Bagi yang punya penyakit lain, siapkan obat pribadi.

Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank

3. Kendaraan

Siapapun kalian, jika menggunakan kendaraan umum, selalu berhati hati agar barang bawaan jangan sampai hilang atau kecopetan. Biasanya banyak sekali orang orang iseng yang berkeliaran mencari mangsa.

Bagi yang menggunakan motor atau mobil, usahakan diservice terlebih dahulu agar terhindar dari halangan saat dijalan. Minimal sebulan sebelum mudik, motor atau mobil diservice dahulu.

Bagi yang menggunakan kereta atau pesawat, mungkin sedikit nyaman saat di dalam kendaraan, tapi tetap saja ketika dibandara atau stasiun akan ramai dan rawan kejahatan. Hati hati.

4. Makanan

Siapkan makanan kecil atau kalo perlu makanan berat yang masih awet atau bisa dimakan 4 jam setelah dibuat. Kenapa? Terkadang kita nggak tahu kemacetan akan berapa lama. Kan lumayan untuk berhemat uang dan juga tetap terjaga kesehatannya. 

Bagi yang suka ngemil, bawa snack secukupnya. Kita bisa beli makanan dan minuman dijalan, tapi harganya biasanya hampir 2 kali lipat. Sayang kan?

5. Tisu basah atau kering

Kita nggak tahu akan berhenti dimana saat macet. Jika terpaksa, gunakan tisu basah dan tisu kering untuk membersihkan diri. 

Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank

6. Pakaian ganti

Persiapan baju ganti ini perlu banget. Kenapa? Karena kita nggak tahu kapan akan sampai di kampung halaman. Jika kita punya pakaian ganti, maka kita bisa menggunakannya ketika akan sholat atau dipertengahan jalan. Badan akan lebih fresh, tentunya akan lebih baik jika kita melakukannya sehabis bebersih diri ya.

7. Map atau GPS

Jika kita akan menempuh perjalanan jauh, kita bisa mempersiapkan map atau GPS agar lebih nyaman dalam berkendara. Kita bisa mengambil jalur lain yang lebih aman agar terhindar dari macet. 

8. Gadget pendukung dan buku

Kita bisa menyiapkan MP3, handphone, video clip atau film film yang bisa digunakan untuk menghalau kebosanan saat macet. Aku biasanya cukup mempersiapkan musik di handphone selama perjalanan. Pulsa dan kuota juga silahkan dipersiapkan karena pasti akan dibutuhkan.

Bagi yang suka baca buku, silahkan bawa buku baru atau buku kesukaan untuk dibaca selama diperjalanan. Bagi yang pake mobil, mungkin akan lebih baik mendengarkan podcast.

Jika kurang suka baca buku, baca majalah juga bisa. Saat ini banyak sekali majalah fashion, cerita, atau gadget yang bisa kamu baca untuk menghilangkan rasa bosan.

Satu lagi yang penting! Kalo kamu suka banget foto foto dan membuat video, siapkan baterai tambahan atau powerbank. Karena baterai handphone kita mungkin akan cepat habis. 

9. Tandai rest area

Ini penting. Jika kondisi lancar, maka selama perjalanan akan sangat lancar dan memudahkan kita sampai tujuan. Jika seperti itu, tandai rest area yang perlu kamu singgahi. Ingat, penting sekali untuk beristirahat setiap beberapa jam agar tubuh selalu prima.

Jika macet, mungkin lebih banyak beristirahat sepanjang jalan, tapi bukan berarti nggak perlu rest area. Rest area bisa digunakan untuk menmbersihkan badan atau sholat. Bagi anggota keluarga yang lapar bisa beli makanan untuk mengisi perut.

10. Peralatan mandi

Ini juga penting. Jika kamu mudik satu keluarga, bawa perlatan mandi secukupnya semisal: Sikat gigi, pasta gigi, sabun cair dan sampo. dengan alat alat tersebut udah cukup kok agar kondisi badanmu tetap fresh selama mudik. 

Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank

11. Atur kapan kamu mulai mudik

Kamu bisa mengatur kapan kamu akan mudik ke kampung halaman. Bisa pagi, siang, sore atau malam, tergantung jarak dan persiapanmu. Bagi yang nggak mau kepanasan saat mudik, baiknya berangkat sore atau malam agar sampai di kampung halaman tiba dengan nyaman.

12. Atur keuangan

Mudik pastinya membutuhkan banyak uang. Persiapakan uang untuk mudik, selama perjalanan, di kampung halaman dan pulang balik harus dipikirkan. Jika kita nggak memikirkannya, pasti akan sangat boros.

Bagi kalian yang mempunya keuangan yang pas pas an, perbanyak senyum aja. Hahaha nggak bisa ngasih ampau ke sanak saudara, berikan bantuan berupa senyum dan tenaga, insya allah sama besarnya dengan memberikan uang, malah lebih.

13. Atur Cuti

Bagi yang berwirausaha, mungkin waktu mudik lebih fleksible, tapi bagi seorang karyawan harus dipikirkan kapan bisa ambil waktu cuti. Kadang beberapa perusahaan memberikan libur lebaran sekitar 3 hari sebelum dan 3 hari setelah lebaran. Sedikit sekali liburannya, tapi pergunakan dengan baik ya.
Jika kamu sudah mempersiapkan semua hal diatas, semoga mudikmu bisa lebih aman dan nyaman. Jika kita merasakan aman dan nyaman, pastinya bisa bertemu dengan orang tua dan sanak saudara dengan tenang.

14. Doa

Selama perjalanan, usahakan selalu berdoa ya!

Selamat lebaran, Mohon Maaf Lahir Batin! Semoga hidup kita berkah bagi orang sekitar, amin.

0 Response to "Tips Mudik Aman dan Nyaman, Bawa Powerbank"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel