Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?

Fujiharu.com - Sama seperti SIM (Surat izin mengemudi) kamu yang harus ganti per 5 tahun, STNK motor juga sama lho. Lalu bagaimana cara membuat atau memperpanjang STNK 5 tahunan tersebut? Apa aja yang harus disiapkan agar prosesnya lancar? Tambahan, kalo STNK aslinya hilang bagaimana?

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?

Sebelum menjawab lebih jauh, jika kamu kehilangan STNK asli atau BPKB asli, segera laporkan ke kepolisian terdekat, lalu bawa surat keterangan tersebut yang menandakan bahwa kamu benar telah kehilangan dan bukti laporan juga ada. Jika sudah buat laporan, proses selanjutnya hampir sama kok.

Baca Juga:

Cara mengetahui plat number yang harus ganti

Memperpanjang STNK 5 tahunan motor Vario aku merupakan hal pertama sejak aku beli pertama kali tahun 2013 lalu. Ciri yang paling kelihatan adalah di plek (plat number) kamu. Biasanya ada semacam expiry date nya. Biasanya hanya ditulis bulan dan 2 angka terakhir pada tahun. Misalnya 06 19. Artinya motor ini harus diperpanjang paling lambat bulan 06 tahun 2019. 

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?
Flow no 3

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?
Flow no 4

Lalu, bagaimana cara memperpanjang STNK tersebut jika melakukannya di samsat Bekasi? Karena Samsat Bekasi kini lebih bagus dan nyaman, lebih baik kamu datang sendiri ke tempatnya:

Jadwal Senin - Jumat 08.00- 14.00 Sabtu 08.00- 11.00

Durasi proses

Bagi yang ambil cuti atau memang waktunya lagi senggang, datang aja sesuai jadwal diatas. Apakah hari senin ramai? Atau hari sabtu sepi? Semuanya tergantung. Aku pernah buat STNK 5 tahunan untuk motor sendiri, datang di hari sabtu, nggak terlalu ramai, biasa aja. Prosesnya memerlukan waktu sekitar 2 jam. Pas datang hari senin untuk memperpanjang STNK 5 tahunan bareng kakak, cepet juga. Datang sekitar jam 12 an, selesai jam 14.00.

Syarat membuat STNK 5 tahunan

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan perpanjangan STNK ini?

1. BPKB asli dan copy

2. KTP asli dan copy

Untuk KTP asli, masukkan ke plastik kecil dan strap secara rapi. Soalnya jika nggak disimpan diplastik kecil, maka KTP aslimu akan distrap langsung oleh petugasnya. Kan sayang jadi rusak.

3. STNK asli dan copy

Jika sudah mempersiapkan semua hal tersebut, maka datang ke samsat terdekat dengan motor yang yang sesuai dengan BPKB dan STNK mu.

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?

Flow Pengurusan

1. Datang ke bagian pengecekan motor

Disini, kamu akan dicek no rangka dan lainnya. Kalo bisa, cuci dulu motormu biar bersih dan mempemudah petugas untuk melakukan pengecekan. 

Biasanya petugas akan mengecek dengan pensil dan hasilnya akan ditempelkan di selembar kertas warna agak kuning. Kertas ini nanti kamu isi dengan lengkap ya, sesuai dengan isi BPKB. 

🔺 Jika belum selesai melakukan fotocopy, bisa datang ke fotocopy center yang ada di belakang Samsat. Setahu aku, berapapun fotocopynya, biasanya (normal) bayar Rp. 5000.

2. Serahkan isi fotocopy dan juga data pengecekan

Posisi tempat ini ada di bagian belakang, atau sebelah kanan pengecekan motor. Prosesnya kurang lebih sekitar 30 menit. 

🔺 Ketika menunggu, jangan menggunakan earphone ya. bawa buku bacaan untuk mengatasi rasa bosan yang hinggap saat menunggu. Jika menggunakan earphone, kamu jadi nggak bisa mendengar dengan jelas.

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?
Loket akhir

3. Pelaporan data selanjutnya

Selesai proses pengecekan motor dan dokumen, kamu akan datang ke bagian pengisian data lagi. Kamu juga akan mengisi formulir lagi ya. Posisinya ada disamping kiri luar gedung samsat. Ketika selesai mengisi, masukkan datanya ke petugas dan tunggu sampai namamu kembali dipanggil.

4. Jika telah dipanggil dan mendapatkan data data, kamu diminta untuk kedalam samsat. 

Karena banyak sekali bagian bagiannya, kamu bisa bertanya ke bagian resepsionis, proses selanjutnya harus dibagian mana. Data awal tadi kamu serahkan ke petugas lagi. Tunggu sampai kembali dipanggil.

5. Bayar

Kamu akan diapnggil dan diminta membayar sesuai nominal yang disebutkan petugas, jika telah bayar, kamu diminta menunggu lagi.

6. Dipanggil ulang (terakhir)

Ini adalah panggilan terakhir untuk flow memperpanjang STNK 5 tahunan. Kamu akan mendapatkan STNK baru.

Selesai ini nggak boleh pulang. Masih ada proses akhir. Membuat plek motormu agar sesuai dengan STNK.

7. Membuat plek motor

Posisinya ada dibelakang kanan Samsat. Kamu cukup tunjukkan STNK baru tadi dan mereka akan menerima STNKmu. Nanti, namamu akan dipanggil dan juga diberi plek baru. 

Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?
Suasana parkir belakang samsat

Plek baru masih agak basah, jadi hati hati ya jangan sampai menempel di kendaraan atau bajumu. Aku juga mengeringkannya terlebih dahulu, ya minimal mengangin anginkannya agar lebih kering.

Meskipun terlihat susah, tapi ketika kamu melakukannya sendiri, cukup gampang kok. Jika kamu nggak ada waktu, kamu bisa mendelegasikan ke orang lain, tapi harga akan lebih mahal. Untuk pembayaran perpanjang STNK baru berbeda tergantung wajib pajak, tapi STNK kakak yang baru harus dibayar seharga kurang lebih Rp. 480.000.

0 Response to "Cara Memperpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Bekasi, Jika Hilang STNK Asli Bagaimana?"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel