Download Tabel Hiragana dan Katakana

Fujiharu.com - Bagi yang ingin belajar bahasa Jepang, aku akan share link download Hiragana dan Katakana yang berukuran kartu remi. Jika kamu cukup kreatif, kamu bisa langsung memprint dan menempelkannya di kartu remi. Lalu gunakan agar proses menghapal huruf hiragana dan katakana lebih gampang.
Download Tabel Hiragana dan Katakana
NHK

Seperti yang telah diketahui, huruf dalam Bahasa Jepang terdiri dari 4 jenis huruf: Hiragana, Katakana, Romaji dan Kanji. Huruf Katakana dan Hiragana masing masing terdiri dari 46 huruf belum termasuk huruf turunannya.

Hiragana

Hiragana biasa disebut dengan huruf perempuan karena bentuknya yang lebih indah dan lembut dari tulisannya. Tulisan Hiragana juga disebut sebagai huruf yang mempermudah pembacaan kanji.

Katakana

Katakana justru sebaliknya. Huruf ini identik dengan huruf laki laki karena bentuknya yang cenderung kasar dan tidak seindah hiragana. Katakana digunakan ketika menulis sesuatu yang berbau asing seperti nama orang asing, nama negara asing atau bahasa asing.

Baca Juga:

Romaji

Romaji adalah huruf alfabet. Kalian pasti telah mengenalnya dengan bacaan a,b,c,d,e dan seterusnya. Di artikel yang sedang kalian baca juga hampir 99% nya terdiri dari huruf romaji. 

Kanji

Kanji adalah huruf dari Cina yang dimodifikasi sedemikian rupa bacaan dan juga tulisannya. Makanya jangan heran jika seorang Cina akan cepat belajar bahasa Jepang, meskipun belum belajar. Jika seorang Cina yang bisa bahasa China atau Mandarin membaca tulisan Jepang yang terdiri dari banyak kanji, maka mungkin dia punya modal untuk mengerti bacaan sekitar 75% an. Soalnya kanji dari Cina. Bagaimana dengan orang Jepang? Apakah bisa membaca kanji Cina? Belum tentu. Mungkin bisa mengerti, tapi jika dibaca tulisannya akan berbeda. Bahkan, jika yang muncul adalah tulisan Cina yang jarang muncul, bisa bisa orang Jepang nggak bisa baca.

Ada kejadian lucu seorang Cina atau Japanese yang membaca kanji di kelasku waktu sekolah bahasa dulu.

Download Tabel Hiragana dan Katakana
NHK
Seorang China yang mengajar bahasa Jepang di kelas advance. Karena kebanyakan dari siswanya adalah individu individu yang jago bahasa Jepang, maka kemampuan membaca atau menulis kanjipun cukup bagus. Suatu ketika guru China ini menulis kanji sesuatu dan seluruh kelas menolak kanji yang dia tulis. Kita semua protes kalo kanji yang dia tulis itu salah, tapi dia keukeuh bahwa kanjinya benar. Akhirnya kita cek dengan kamus dan ternyata guru tersebut salah. Kejadian tersebut berulang kali terjadi sampai kita semua protes pada pihak berwenang di sekolah. 

Akibat protes ini, beberapa minggu kemudian guru tersebut nggak masuk masuk lagi, bahkan diganti. Dengar dengar sih langsung di cut. Maaf ya, sensei. 

Terlepas dari guru Cina yang salah menulis kanji, ketika aku cek lebih jauh, yang guru Cina lakukan tersebut benar lho. Dia menulis dengan bahasa Cina, bukan dengan bahasa Jepang. Makanya bagi sudut pandang pembelajar bahasa Jepang, dia salah.

Guru lain juga pernah salah (kewarganegaraan China), tapi dia masih tertutupi karena dibagian lain dia sangat bagus sekali pengajarannya, bahkan jika salahpun dia mengakui dan langsung diperbaiki saat itu juga tanpa dikoreksi hurufnya oleh kita. Cukup dengan bilang, "Sensei, kayaknya hurufnya beda ya!" lalu dia cek ulang dan memperbaiki. 

Kejadian lain terkait kanji Jepang adalah guru bahasa Jepang yang diminta membaca kanji Cina. Dia bilang, nggak tahu dibacanya apa? Bahkan ada juga Kanji Jepang yang orang Jepangpun nggak tahu apa arti atau dibacanya.

Contoh yang paling update adalah ketika aku bekerja di perusahaan Jepang, aku diminta menerjemahkan sesuatu, lalu ada kanji yang aku nggak bisa dicari padanan atau maknanya. Aku cari di internetpun nggak ketemu. Iseng iseng aku tanya direktur aku yang orang Jepang,  eh dia juga nggak bisa. Malah kita tertawa bersama ketika mengalami kejadian ini.

Intinya, jika kamu nggak bisa, nggak apa, tetap semangat belajar untuk belajar agar kemampuan kamu lebih baik. Setiap orang punya kecepatan maraton (bisa) yang berbeda. 

Jika kalian mau belajar bahasa Jepang dan bisa menulis hurufnya, salah satu langkah yang perlu ditempuh adalah dengan mempelajari tabel hiragana dan katakan berikut.

Silahkan didownload sesukanya. 

Tabel Hiragana

Tabel Katakana

0 Response to "Download Tabel Hiragana dan Katakana"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel