Hikmah Ziarah Kubur

Fujiharu.com - Apakah yang dinamakan ziarah kubur? Ziarah kubur adalah kegiatan berkunjung ke makam/ kuburan orang yang memiliki makna tertentu. Beberapa kegiatan ini dilakukan di tempat suci yang identik dengan agama tertentu. Dalam hal ini agama Islam. Apakah ada adabnya? Hikmah berziarah apa? Katanya perempuan dilarang berziarah? Benarkah?

Hikmah Ziarah Kubur

Ziarah merupakan aktifitas yang sering dilakukan umat muslim dunia. Tempat ziarah yang terkenal adalah di Mekkah, Saudi Arabia, dan bagi orang Indonesia, yang terkenal adalah ziarah wali songo. Ziarah yang dilakukan untuk mendokan dan memperingati para wali yang telah menyebarkan agama Islam yang suci di tanah air, Indonesia.

Alhamdulillah aku telah melakukan ziarah wali songo 2 kali. Pergi ke Jawa: berkunjung dan berdoa ke makam makam wali dan juga beberapa kerabat wali songo yang terkenal.

Sebenarnya ziarah yang bagus tentu saja bisa dilakukan dimanapun, tapi jika melihat langsung ke kuburannya, rasanya merasa bangga bahwa aku telah menerima ajaran baik Islam dari orang orang hebat. Tapi, aku juga ada niat lain: menyelam sambil minum susu. Alias jalan jalan. hehehe.

Baca Juga:

Ziarah yang cukup sering aku lakukan jika pulang kampung adalah ke kuburan kakek aku. Karena berkat kakek akulah, aku bisa mengenyam pendidikan agama dan pendidikan sekolah. Dia selalu menganjurkan untuk tetap ke sekolah atau musholla untuk belajar, bagaimanapun kondisinya. 

Hal yang paling berkesan adalah ketika kakek memberikan wejangan kepadaku saat kuliah dulu. Disaat semua orang khawatir akan biaya kuliah dan berharap aku hemat, kakekku justru bilang agar aku selalu sholat 5 waktu. Luar biasa bukan? 

Makanya ketika kakek meninggal, aku menangis dengan air mata menetes sampai menangis dalam hati. Surat di Alquran yang sering aku baca semenjak kakek meninggal adalah yasin. Makanya setiap kali aku mengaji yasin, aku selalu sedih dan tanpa sengaja meneteskan air mata. 

Adab ke kuburan:

1. Ucapkan salam

Jika ke kuburan, ucapkan salam ke ahli kubur. Makanya ketika ziarah pasti bilang, "ya ahli kubur."

2. Ingat tujuan ziarah

Tujuan ziarah adalah untuk mengingat kematian, makanya harus selalu ingat. Jangan sekali kali minta sesuatu ke orang mati. Syirik lho! Dan, masih banyak orang orang yang melakukan permintaan di kuburan tertentu.
Hikmah Ziarah Kubur

3. Nggak boleh melakukan perjalan jauh (safar)

Yang boleh hanya ke Masjidil Haram, Aqso dan Nabawi. Berarti kalo ke daerah Jawa, boleh nggak ya? 

4. Tidak duduk dan menginjak kuburan

Aku baru tahu ternyata kita nggak boleh menginjak atau menduduki kuburan. Selama ini aku salah, sering duduk dipinggiran kuburan. Semoga lain kali harus lebih baik lagi.

“Sungguh jika salah seorang dari kalian duduk di atas bara api sehingga membakar bajunya dan menembus kulitnya, itu lebih baik daripada duduk di atas kubur”

5. Mendoakan mayit jika seorang muslim

Jika sang mayit adalah muslim, maka kita seharusnya mendoakannya. Tapi jika seorang kafir, maka tidak boleh. 

6. Berdoa kepada kuburan, tapi harus menghadap selain kuburan

7. Boleh menangis, tapi tidak meratapi

Aku sering nangis otomatis jika berdoa di samping kuburan kakek. Tapi aku pikir nggak meratapi.

Lalu, apakah hikmah yang dipetik ketika seseorang ziarah kubur?

1. Bisa mengingat kematian

Ini yang paling aku suka. Datang ke kuburan atau ziarah membuatku sadar bahwa semua akan mati. Sesuatu yang dikejar di dunia akan ditinggalkan. makanya perbanyak kebaikan agar pahala terus mengalir.

2. Melembutkan hati

Dengan ziarah, kita akan tahu diri, sehingga hatipun akan lembut dan bisa menerima kebaikan dengan lebih baik. Egois, sombong, iri hati dan merasa istimewa adalah salah satu penyakit keras hari. Dengan berziarah, semoga melembutkan hati kita. 

3. Membuat airmata menetes

Kita akan semakin merenung bahwa semua ini hanya kesia kesia belaka jika hanya mengejar dunia. Kita akan semakin merasa rugi di dunia jika hanya mengejarnya. Dengan menangis, kita berharap akan lebih mengerti arti tujuan hidup di dunia. 

Secara ilmiah juga, jika kita menangis, maka akan membuat kita sehat karena kotoran keluar dari mata.

4. Mengambil pelajaran

Orang yang telah meninggal bisa memberikan kebaikan atau keburukan bagi orang yang masih hidup. Ambillah pelajaran dari yang telah mendahuluimu.

5. Lebih banyak mengingat akhirat

Semakin sering kita ziarah, maka semakin kuatlah kita dalam mengingat akhirat, nanti kita akan semakin giat beribadah. Istilahnya semakin banyak menabung kebaikan untuk di akhirat kelak.

Bagi seorang perempuan yang berziarah, apakah diperbolehkan? Tentu saja boleh. Dahulu, memang rasulullah melarang seorang perempuan untuk berziarah, karena perempuan cenderung menggunakan hatinya, sehingga ditakutkan akan meratapi orang yang telah meninggal.

“Dahulu aku melarang kalian dari ziarah kubur, maka sekarang berziarahlah”

0 Response to "Hikmah Ziarah Kubur"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel