Jenis huruf dalam Bahasa Jepang

Fujiharu.com - Dalam bahasa Jepang ada berapa huruf sih? Pertanyaan itu banyak sekali aku terima dari orang yang akan belajar bahasa Jepang atau seorang penggemar anime. Aku share ya huruf huruf yang ada di Bahasa Jepang. Jenis hurufnya ada 4: Hiragana, Katakana, Romaji dan Kanji. Jika kamu tanya ada berapa huruf, kayak iklan Wafer Tango: Ratusan!

Huruf dalam Bahasa Jepang

Karena aku pernah mengecap pendidikan bahasa Jepang, jadi aku sedikit tahu info tentang bahasa Jepang. Jika ada sedikit perbedaan, anggaplah kesalahan aku yang selalu tidur dikelas. Jika benar, maka ahli sastralah yang benar! Bukan aku! Hehe.

Bagi seorang pembelajar bahasa Jepang, jenis huruf bahasa Jepang yang banyak digunakan di komik, buku, film atau selebaran pasti sangat mudah dikenali. Jika melihat  huruf kanji, hiragana, atau katakana bukanlah sebuah masalah. Tapi bagi pemula, keempat jenis huruf bahasa Jepang sangat membingungkan, apalagi jika ada tambahan informasi bahwa huruf Jepang dari China. Bertambah pusinglah si fulan! 

Baca Juga:

Jenis huruf bahasa Jepang ada 4, semua jenis tersebut digunakan pada saat menulis, dan juga sering dijadikan tulisan untuk buku. Jadi kita harus belajar keempatnya sekaligus? Idealnya sih iya, jika belum nggak apa apa kok. Aku akan mengenalkan keempat  jenis huruf Jepang mulai dari yang paling mudah dipelajari dan juga kegunaannya.

1. Romaji

Huruf romaji sama dengan huruf romawi: Alfabet, huruf yang sering kita gunakan sehari hari, seperti : Selamat Siang! Konnichiwa!, dll. Jumlah hurufnya ada 26.

Huruf romaji digunakan disemua buku. Huruf satu ini juga digunakan untuk menyebutkan semua hal, semisal nama kota, cuaca, dll. Tapi, karena orang Jepang lebih nyaman menggunakan huruf lain ketika membaca, maka huruf romaji nggak sebanyak katakana, hiragana dan Kanji yang muncul. Biasanya kamu melihatnya ketika melihat informasi lalu lintas atau nama kota: Tokyo, Maebashi, Takasaki, dll.

2. Hiragana

Jika romaji nggak perlu dipelajari lagi karena cukup mudah, huruf selanjutnya setingkat lebih sulit. Nama huruf yang dimaksud adalah Hiragana. Huruf hiragana sering digunakan di buku manapun, Bahkan partikel dalam bahasa Jepang pasti menggunakannya. Bukan hanya untuk partikel, tapi digunakan untuk nama Jepang dan sesuatu yang berbau real Jepang. Misal nama kamu Robert, maka nggak cocok menggunakan hiragana karena namamu ada unsur asingnya. Nama yang cocok menggunakan Hiragana adalah Yuki Kato, Shinchan, atau Taemi. 

Huruf dalam Bahasa Jepang

Huruf Hiragana disebut juga sebagai huruf perempuan, karena bentuk coretannya yang lebih melengkung halus, dibandingkan katakana. Huruf hiragana juga sering disebut sebagai huruf mudah dari beberapa kanji. Seperti yang kita tahu, kanji cukup sulit ditulis dan diingat, makanya untuk mempermudah hal tersebut, dibuatlah huruf hiragana.

Contoh huruf Hiragana adalah sebagai berikut: ゆき かと、しんちゃん、たえみ。Jumlah huruf Hiragana ada 46. Cara bacanya juga beda dengan alfabet. Jika mau menghapal Hiragana, maka cara bacanya adalah:Aiueo, kakikukeko, sashisuseso, dll.

3. Katakana

Huruf katakana berjumlah sama dengan hiragana:46, bahkan huruf turunannya juga sama. Hanya saja, penggunannya sedikit berbeda. 

Huruf Katakana disebut juga sebagai huruf laki laki karena coretan yang tercipta lebih kasar dan lancip. Huruf katakana juga digunakan saat menunjukkan sesuatu yang "aneh" dari kenormalan Jepang. Misalnya nama Robert. Nama tersebut sudah pasti dari nama selain Jepang, maka menggunakan huruf Jepang Katakana. atau ketika menyebutkan negara asing, misalnya Amerika, Indonesia atau Iran. Nama nama tersebut akan menggunakan katakana sebagai tulisannya. Adapaun contoh tulisannya adalah sebagai berikut: インドネシア、イラン、アメリカ。

4. Kanji

Huruf Jepang terakhir yang cukup sulit dan jumlahnya puluhan ribu adalah Kanji. Huruf kanji memang berasal dari Cina, tapi tidak semua huruf kanji China adalah kanji milik Jepang. Aku sering melihat tulisan kanji yang China dan kanji Jepang. Menurutku, kanji Jepang lebih mudah dan lebih sedikit jika dibandingkan dengan kanji China.

Cara mempelajari kanji macam macam bentuknya. Salah satu kegiatan atau pelajaran kanji yang aku suka adalah kita menghapal kanii dan setiap minggu kita akan di tes oleh dosen. Saat itu dosen yang berjasa banget membaca kanji adalah Rena Sensei! Meskipun kini membaca kanji terasa luntur, tapi setidaknya masih mengerti, walau sedikit. Hahaha.

Contoh huruf kanji adalah sebagai berikut: 日本語。雪。

Setelah kita membaca artikel huruf dalam Bahasa jepang, kini lebih jelas dong huruf apa aja itu? Romaji, Hiragana, Katakana dan kanji! Ingat ya!

Agar lebih jelas dalam melihat perbedaanya, aku akan menuliskan sebuah contoh kalimat yang berisi huruf huruf Jepang tersebut.

  • Watashi wa Fuji desu. Indoneshia kara kimashita. Nihongo ga dai suki desu. I love Detective Conan Movie.
  • フジですインドネシアからました日本語大好きです。 I love Detective Conan Movie.
  • Kanji, Katakana, Hiragana, Romaji
  • Saya Fuji. Dari Indonesia. Saya suka sekali bahasa Jepang. Aku suka film detective conan. 

Setelah melihat perbedaan huruf  dalam Bahasa Jepang diatas, apakah sekarang sudah lebih jelas penjelasannya? 

Semoga berguna ya!

0 Response to "Jenis huruf dalam Bahasa Jepang"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel