Jenis Sholat Sunnah yang Mudah dilaksanakan

Fujiharu.com - Sebelum lebih jauh membaca, ini adalah sekedar renungan buat aku agar lebih ingat tentang hidup yang akan berakhir mati, maka aku juga harus pandai pandai mencari ladang surga. Agar aku bisa masuk surganya Allah, aku harus sholat dengan benar, tapi sholat wajib kita apakah sudah benar? Waalahualam. Karena nggak yakin tersebut, alangkah baiknya jika kita melakukan tambahan ibadah agar yang kurang dari sholat wajib bisa sedikit ditutupi. Lalu, jenis sholat apa saja yang mudah dilakukan?

Jenis Sholat Sunnah yang Mudah dilaksanakan
Pixabay

Sholat sunnah adalah sholat yang bila dikerjakan maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Jika nggak dikerjakan, maka nggak akan mendapat dosa. Tapi, jika kita ada waktu dan tenaga, kenapa nggak dikerjakan? 

Jika kita mempunyai banyak waktu lebih, gunakan dengan ibadah yang baik. Kata ustadz, jika dosa yang kita lakukan banyak, maka lakukan juga kebaikan yang menumbuhkan pahala agar berimbang. Nggak mau kan, dosanya lebih banyak?

Sholat sunnah juga bisa digunakan untuk meminta sesuatu kepada Allah. Aku juga sering meminta minta kepada Nya. Kepada siapa lagi harus meminta? Agar blog aku diterima Google, aku memperbanyak sholat sunnah agar diterima. Tentunya sholat wajib juga dilaksanakan. Dan hasilnya bagaimana?

Alhamdulillah diterima Google. Doa selanjutnya yang ingin aku minta adalah agar Google Adsense bisa menghasilkan lebih banyak, setidaknya cukup agar aku bisa survive dengan blog aku.

Baca Juga:

Jenis sholat yang menurut aku gampang dan bisa dilakukan dengan setiap hari adalah sholat sunnah berikut:

1. Sunnah Wudhu

Sholat sunnah wudhu artinya sholat yang dikerjakan setelah kita melakukan wudhu. Aku sebenarnya jarang melakukannya. Tapi jika kamu nggak terburu buru, sholatlah. Jika nggak, usahakan kondisi tubuhmu selalu suci dengan kondisi wudhu yang nggak batal.

2. Sunnah Tahiyatul Masjid

Jika sholat Tahiyatul Masjid, aku sering melakukannya ketika sholat Jumat. padahal, aslinya bisa silakukan setiap kali kita masuk mesjid. 

3. Sunnah Dhuha

Sholat yang dikerjakan saat pagi hari sekitar jam 6 sampai jam setengah 11 siang (kira kira) bisa membuatmu kaya. Katanya sholat Dhuha lah agar rejekimu selalu tercukupi. 

Pas kerja di perusahaan, aku jarang sekali melakukannya, soalnya jika ketahuan bos, takut disemprot karena mengambil waktu kerja.

4. Sunah Rawatib

Sunah Rawatib adalah sholat yang dilakukan sebelum atau sesudah sholat wajib. Biasa disebut sholat Qobla dan Ba'da.

Aku sering melakukannya jika sholat di mesjid atau musholla ketika menungu jamaah lain kumpul. Jika sholat di rumah, kadang malas melakukannya. Hehehe.

Jenis Sholat Sunnah yang Mudah dilaksanakan
Pixabay

5. Sunah Tahajud

Sholat yang dikerjakan setelah kita tidur malam bisa membuat tubuhmu sehat dan doamu juga mustajab atau ampuh. 

Aku melakukannya jika kepala sedang pusing pusingnya dengan urusan dunia. Padahal jika melakukannya tiap hari akan semakin bagus buat kita karena disamping waktu pengerjaannya yang lebih khusu, kita juga bisa dengan lebih tenang.

6. Sunnah Istikhoroh

Jika kamu meminta sesuatu, maka sholat Istikhorohlah agar apa yang kamu bingungkan mendapatkan gambaran lebih jelas. 

Jika bingung dengan jodohmu, maka sholat dan berdoalah, niscaya akan ada pencerahan padamu siapa yang harus kamu pilih. 

7. Sunnah Hajat

Sholat Hajat sangat jarang sekali aku lakukan. Memang aku meminta sesuatu dari Allah, tapi biasanya menggunakan sholat sunnah lain. Kayaknya akan lebih afdol atau bagus sekali jika aku sholat Hajat karena fungsinya memang untuk meminta pada yang maha kuasa.

8. Sholat Taubat

Sholat terakhir yang akan aku tulis ini harusnya sering dilakukan. Dosaku banyak, maka harus banyak banyak juga melakukan sholat Taubat. Kan nanti dikira tobat sambal? Biarin, yang penting kamu bertaubat. Jangan pikirkan orang lain, ibadah kan urusannya dengan Allah, nggak usah memikirkan orang lain tobat sambal atau nggaknya.

Aku juga terkadang memikirkan hal yang nggak pantas. Selama hidup, aku kayaknya biasa aja, lempeng, bagus nggak, jelek juga nggak. Kayaknya stagnan! kata orang membosankan, kata aku nggak. Lalu, katanya jika ingin menjadi baik, harus ada semacam lompatan besar. Lompatan besar bisa diartikan kita harus bersimbah dosa yang benar benar nggak termaafkan, lalu baru kita bisa menjadi sangat baik. Apakah aku harus melakukan kejahatan besar dulu baru baik? Tapi mendengar cerita nabi jaman dulu yang mengatakan bahwa mereka memilih dosa kecil daripada dosa besar. Tapi dosa kecil juga justru membuatnya mendapat dosa besar sampai akhir hayat. Sayang sekali kan? 

Jadi jika aku, kamu, kita merasa baik, lanjutkan. Selalu berdoa agar yang terbaik menghampiri kita. 

Akupun jauh dari bagus, tapi aku berdoa bahwa kebaikan selalu ada dan selalu belajar agama agar tenang hidup di dunia. Amiin.

Jenis sholat yang aku sebutkan diatas memang nggak semuanya, itu adalah jenis sholat yang pernah aku lakukan dan mudah dilakukan. Masih ada sholat sunnah lain yang belum disebutkan seperti sholat sunnah idul fitri, tasbih dll.

0 Response to "Jenis Sholat Sunnah yang Mudah dilaksanakan"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel