Makanan Khas Indramayu yang enak

Fujiharu.com - Ketika musim mudik tiba, satu kota yang sering disebut adalah Indramayu. Indramayu yang terkenal dengan sebutan kota mangga menjadi kota yang sering dilewati pemudik menuju pantura. Jika lewat Indramayu, jangan lupa untuk menikmati makanan khas yang ada di Indramayu. Apa sajakah makanan khas dari kota ini?

Makanan Khas Indramayu
Kikiarifin Youtube

Setiap kota mempunyai makanan khas tersendiri yang membuatnya terkenal di masyarakat. Begitupun kota yang berada di daerah pantura, bersebelahan dengan kota Cirebon, Subang, dan Majalengka. Kota ini pun menyimpan makanan khas kuliner yang menggoda bagi siapapun.

1. Mangga

Kemanapun kamu pergi, pasti banyak sekali menemukan mangga. Tapi, apa keistimewaan dari mangga Indramayu? Bukankah sama? Sekilas sama, tapi jika dicoba, sangat berbeda. Mangga yang cukup terkenal adalah mangga Harum Manis, Cengkir dan Gincu. Mangga ini terkenal dengan rasa yang manis dan isi buah yang tebal.
Makanan Khas Indramayu
Pexels

Bahkan, jika kamu datang ke tukang buah dan menanyakan mangga, maka banyak yang merekomendasikan mangga Indramayu karena rasanya yang enak.

2. Rumbah

Mungkin masih banyak yang belum mengenal makanan rumbah, tapi rumbah adalah makanan tradisional yang ada di Indramayu. Bentuknya mirip dengan pecel yang kita kenal, tapi rasa rumbah sangat berbeda. Rasanya sangat pedas, tapi lezat. Biasanya orang Indramayu akan memakannya untuk makan siang bersama dengan gorengan dan kerupuk.
Makanan Khas Indramayu
Foursquare

Baca Juga:

Rumbah mungkin masih bisa ditemukan Majalengka, Cirebon dan Subang karena masih berdekatan. Tapi, jika ke kota lain, mereka nggak akan pernah menemukannya. Banyak yang mengira rumbah adalah pecel.

3. Cireng

Cireng sebenarnya sama dengan bala bala, tapi bentuk cireng lebih tebal dibandingkan bala bala. Paling enak dinikmati saat makan rumbah disiang hari yang panas.
Makanan Khas Indramayu
Foursquare

4. Pedesan Entog

Entog adalah sejenis itik yang biasanya mempunyai bulu hitam dan putih. Makanan ini sering dijual di pinggir jalan pantura. Rasanya yang pedas dan nikmat sangat menggoda.
Makanan Khas Indramayu
Resepcaramasak.org

5. Krupuk tike

Kerupuk tike sangat enak dan renyah. Bentuknya seperti kerupuk biasa, tapi ada warna hitam yang menempel akibat kulit tike nya. Tike adalah sejenis umbi umbian dari rumput.
Makanan Khas Indramayu
Tokopedia

6. Kerupuk Kulit

Karena Indramayu berada di daerah pesisir pantura, maka makanan juga banyak yang berasal dari laut. Salah satunya kerupuk kulit. Kulit yang biasa digunakan adalah ikan. Rasa asin dan juga nikmatnya ikan berpadu dengan renyahnya tekstur dan bumbu sangat menggoda.
Makanan Khas Indramayu
Tokopedia

7. Es Cuwing

Es Cuwing atau yang biasa disebut es cincau menjadi makanan khas Indramayu lho. Bentuknya sangat berbeda dengan es cincau yang dipasaran. Biasanya bentu es cuwing mirip dengan agar agar.
Makanan Khas Indramayu
Sajian sedap grid

Cuwing yang bercampur dengan serutan es dan juga gula merah meleleh bisa membuat air liurmu menetes saking lezatnya.

8. Emping Melinjo

Meskipun banyak orang yang nggak menyarankan makan melinjo karena kurang bagus bagi penderita penyakit tertentu, nggak membuat emping melinjo hilang dari peredaran. Bentuk emping melinjo yang ada di Indramayu berbeda dengan daerah lain. Daerah lain cenderung membuatnya seperti kerupuk, tapi jika di Indramayu, emping melinjo sedikit lebih tebal.
Makanan Khas Indramayu
Tokopedia

Begitulah beberapa makanan khas yang ada di daerah Indramayu. Jika ada kesempatan, silahkan mampir dan mencoba makanan khas yang telah disebutkan diatas. Dijamin akan membuatmu ketagihan karena kenikmatannya.

0 Response to "Makanan Khas Indramayu yang enak"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel