Cara menjadi vlogger pemula

Fujiharu.com - Menjadi vlogger? Hmm kayaknya nggak deh, masih terlalu malu untuk tampil di kamera. Makanya aku lebih suka menjadi seorang blogger daripada vlogger. Tapi, jika aku harus menjadi vlogger, caranya bagaimana ya?

Cara menjadi vlogger pemula

Seorang blogger dan vlogger pastinya sangat berbeda, meskipun intinya sama: memberikan informasi kepada khalayak. Blogger lebih banyak berkecimpung dalam dunia penulisan yang berupa blog, sedangkan vlogger lebih banyak berkecimpung di dunia audio visual. 

Keuntungan dan kekurangan menjadi vlogger dan blogger apa? 

Banyak sekali kekurangan dan keuntungan menjadi vlogger dan blogger. Tapi, karena aku saat ini masih berkecimpung di blog, maka aku akan mengemukaan alasan keuntungan blogger terlebih dahulu.

1. Menulis sesuka hati

Blogger bisa menulis sesuaka hati. Mau info berupa berita terkini atau pribadi, bebas karena blog bisa dijadikan semacam diary. Jika diary tradisional menulis dengan tangan, maka blog dengan keyboard.

Baca Juga:

2. Cepat 

Blogger lebih cepat tersampaikan ke khalayak dibandingkan vlog. Kenapa? karena ketika kita ada ide, kita bisa langsung menuliskannya dalam blog. Jika selesai, maka kita bisa langsung bagi atau publikasi ke sosial media kita. Jika vlog harus menunggu karena kita harus mengedit potongan video agar lebih bagus tampilannya.

3. Bisa dilakukan dimanapun

Jadi blogger bisa dilakukan dimanapun tanpa mengenal waktu, yang penting internet hidup. Kita bisa menulis blog kapanpun dan dimanapun, bahkan dengan menggunakan handphone sekalipun. Vlog juga bisa sih, tapi harus diedit terlebih dahulu.

4. Dapat duit 

Jika kamu tautkan ke adsense, maka kamu bisa mendapatkan uang dari tulisan tulisanmu.

5. Lebih jelas dalam memahami tutorial

Ada kalanya tulisan lebih mudah dipahami daripada dengan video, apalagi jika menyangkut dengan simbol, angka angka yang banyak. Jika kamu suka coding, maka akan lebih nyaman jika informasi berupa tulisan.

Tapi, menjadi vlogger juga cukup menyenangkan lho. Kenapa? Karena aku memikirkan bahwa jaman sekarang lebih banyak menggunakan audio visual daripada bacaan. Bukan berarti nggak populer, tapi audio visual akan lebih menarik secara packaging daripada hanya sekadar tulisan. Memang benar tulisan juga ada gambar dan video agar lebih jelas memberikan informasi, tapi akan sangat mencolok sekali perbedaannya.

Membuuat video sekarang jauh lebih gampang dariapada jaman dulu, Aplikasi pengedit video bertebaran mulai dari yang bayar sampai yang gratis. Kita bisa memilihnya sesuka hati.

Inilah beberapa alasan yang membuat aku untuk membuat channel youtube. Meskipun aku udah ada akun youtube sebelumnya, tapi aku ingin sekali membuat video yang bercerita tentang keluarga aku sendiri. Semoga video video yang aku share atau filmkan bisa menjadi cerita tersendiri buat anggota keluar yang lain. Sekedar info, aku dan keluarga lain berada di lokasi yang cukup jauh, jadi jika keluarga jauh bisa mengetahui kondisi keluarga satu sama lain, rasa kangen bisa terobati.

Rencananya, bukan hanya tentang cerita keluarga aku, tapi juga beberapa tutorial yang bisa aku share ke khalayak. Nama channel yang akan aku bangun adalah Ojichan Story, sesuai panggilan aku oleh keponakan aku yang kecil dan lucu.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar menjadi vlogger pemula?

1. Smartphone

Saat ini aku telah menggunakan smartphone untuk mengabadikan beberapa foto dan video, nantinya aku akan mengeditnya. Saat ini aku menggunakan aplikasi video Filmora yang gratis dan tanpa watermark.

2. Cerita

Setiap ada video, aku harus berusaha untuk membuat cerita agar ada sisi menarik dari sebuah video. Masih belum bagus dan kasar hasil editan saat ini, namanya juga belajar.

3. Perbaiki

Karena masih dunia baru, aku selalu memperbaiki semua tampilan dan juga cara membuat video yang baik. Mulai dari ambil gambar, mengarahkan keponakan atau edit video. Bahkan, jika aku buat video, bisa berhari hari, padahal cuma beberapa menit hasilnya. Maklum, masih amatir.

4. Konsisten

Saat ini aku masih susah untuk bisa konsisten karena aku juga mengurus blog Fujiharu, Jaga kamu dan Interpreter Gadungan. Saat ini aku meluangkan waktu jika ada energi ekstra untuk edit vlog. Tapi, semoga dengan berjalannya waktu, aku bisa membuat schedule dengan lebih baik dan konsisten pastinya.

5. Publikasi

Saat ini aku publikasi beberapa blog di akun facebook, tapi kedepannya mungkin aku akan share video juga. Untuk share blog aja aku masih malu, soalnya takut dikira apa apa oleh seseorang. Tapi, semakin sering aku share, biasa aja tuh. Bisa aja mereka cuek. Toh, nggak masalah bukan? HahahaItulah beberapa cara yang aku gunakan saat akan menjadi vlogger pemula. Jika ada waktu, silahkan berkunjung di Ojichan Story.

0 Response to "Cara menjadi vlogger pemula"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel