Belajar Bahasa Inggris di Kampung Pare

Fujiharu.com - Pernah dengar istilah kampung Inggris? Kampung Inggris Pare? Kampung Pare Kediri? Kampung bahasa? Banyak sekali sebutan yang disematkan pada tempat yang menjadi basis kursus bahasa Inggris yang menyeluruh di Kediri. Bukan hanya didalam tempat kursus, tapi satu wilayah tersebut hampir semuanya menggunakan bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris di Kampung Pare
Pixabay

Istilah kampung pare Inggris atau kampung Inggris di Pare sering aku dengar ketika sekolah tempat aku mengajar: SMPN2 Sindang RSBI mengundang beberapa pengajarnya untuk mengajarkan bahasa Inggris ke siswa SMPN2 Sindang. Awalnya sih aku tertawa karena apakah sebegitu efektifnya sehingga mereka sangat terkenal? Tapi ketika aku melihat hasil siswa yang belajar pada guru guru tersebut, aku mengiyakan dan takjub. Muridku setidaknya lebih pede dan satu yang pasti, guru guru tersebut sangat dekat dengan siswa yang bagiku merupakan modal penting agar siswa bisa ditarik ke jalan yang "benar". Coba aja kamu bayangkan jika kamu nggak suka pelajaran atau gurunya, dijamin ilmu nggak mau masuk dan kamu tetap bodoh. 

Melihat kedekatan guru guru dari kampung Inggris Pare Kediri, aku jadi belajar banyak bahwa seorang guru harus bisa blend dengan siswanya agar pelajaran apapun bia diterima dengan baik dan pembelajaran akan lebih mudah diserap.

Apa sih kampung Pare?

Kampung Pare atau yang dikenal dengan kampung Inggris merupakan kampung atau wilayah yang dijadikan sebagai basis belajar bahasa Inggris. Wilayah ini berada di Kediri dan dikenal oleh khalayak ramai, bukan hanya nasional bahkan International. Banyak sekali orang orang yang telah mengecap manisnya mengerti bahasa Inggris dengan bantuan oleh guru guru pembelajar di kampung Pare wilayah Jawatimur ini.

Apakah hanya kursus bahasa Inggris? 

Bukan, ada banyak bahasa lain yang diajarkan di kampung Pare. Salah satu bahasa yang diajarkan adalah bahasa Jepang, Inggris, Arab dan bahasa lain.

Kampung Pare ada dimana?

Kampung Pare berada di wilayah Kediri, Jawatimur. Kota yan kental dengan adat jawanya, tapi justru melahirkan pembelajar bahasa Inggris yang mumpuni. Di kampung Pare ini kamu akan menemukan lembaga kursus terbaik dan bagus khusus untuk program yang akan kamu ikuti.

Saking terkenalnya kampung Inggris di Pare, daerah lain di Indonesia juga bahkan berusaha untuk membuat kloningannya, meskipun masih belum seterkenal Pare, Kediri, Jawa Timur. Sebut saja kampung pare Mataram, kampung pare Jogja, kampung pare Malang, kampung pare Lombok, kampung pare Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Bogor, Kebumen, Medan, Tangerang, Magelang, Lampung, Kendari, Bojonegoro, Blitar, Sukabumi, Kudus, Jember, Garut, dll. Banyak sekali tempat kursus kursus yang berembel embel kampung pare. Bisa jadi, para pengajar yang telah menimba ilmu di pare Kediri kembali ke daerah masing masing dan membentuk cara yang sama agar seberhasil kampung english di Jawa timur.

Siapa yang belajar di kampung Inggris Pare?

Orang yang belajar di kampung Inggris Kediri bukan hanya siswa sekolah, tapi juga mahasiswa dan karyawan. Bahkan beberapa orang asing juga datang kesini, lho.

Orang yang berjasa dalam pendirian kampung pare adalah bapak Kalend Osen. Dia semacam God Father di kampung Inggris. Berkat dia semua orang bisa belajar bahasa Inggris. Meskipun Pak Kalend semacam God Fathernya, guru pak Olsen jugalah yang menginspirasi Pak Osen untuk belajar bahasa Inggris dan mengajarinya. Orang berjasa tersebut adalah Kyai Ahmad Yazid. Doa terbaik untuk orang orang tersebut karena telah membuka wawasan luas bagi warga sekitar dan juga lainnya.

Kenapa memilih kampung pare?

Kamu bisa kursus di tempat kursus ternama yang ada di Indonesia, tapi kelas atau wilayah yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris hanya pare yang bisa. Jika kamu belajar bahasa Inggris di kelas, maka ketika keluar kelas, kamu mungkin akan bicara bahasa Indonesia lagi. Cukup berbeda jika di pare. Karena lingkungan membentuk mereka menggunakan bahasa Inggris, maka mereka pun tanpa sengaja bicara bahasa Inggris. Bahasa adalah hal yang perlu diucapkan berulang ulang.

Ebook Bahasa Jepang

Bagaimana cara belajarnya

Cara belajar di kampung pare berupa kelompok kelompok kecil sesuai dengan kelasnya. Jika kamu mau ikutan belajar di kampung pare, kamu memilih program apa yang mau kamu ikuti. Berbagai program disediakan kampung pare menurut lembaga kursus yang kamu minati: semingu, 2 minggu, sebulan, 3 bulan, 6 bulan.

Berapa biaya kursusnya?

Tergantung kamu ikutan berapa lama kursusnya. Semakin lama tentunya semakin mahal, tapi jangan khawatir, masih lebih murah dibandingkan kursus yang ada di Jakarta, Bandung dan kota besar lainnya. 

Baca Juga:

Salah satu lembaga tertua yang ada di kampung Inggris pare adalah BEC.

Biaya tambahan lain tentu saja kamu harus ngekos lagi atau bisa juga ikut camp di lembaga kursusnya biar lebih hemat bayar. Anggap saja kamu lagi di training di pesantren selama beberapa bulan.

Aku sarankan jika daftar kursus, kamu pelajari programnya, atur budget, dan hubungi lembaga yang kamu inginkan. Karena pare juga dekat dengan tempat wisata bromo, kamu bisa cari paket menarik agar belajar dan wisata bisa menjadi satu paket menarik liburanmu.

Kamu bisa hubungi website berikut ini.

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris di Kampung Pare"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel