Cara membuat internal link dan external link di blogger

Fujiharu.com - salah satu cara agar blog kita terlihat seo dan disetujui google adsense adalah seo yang bagus. Seo bagus menyangkut beberapa hal, salah satunya adalah navigasi. Untuk membuat navigasi yang bagus, kita harus membuat internal link dan external link. Dengan adanya internal dan external link tersebut, maka blog kita lebih bagus dan berpotensi menambah pageview dari pengunjung dan pastinya kemungkinan besar masuk pageone di Google.

Apakah yang dimaksud link?

Link bisa diartikan dengan hubungan, jalan atau akses. Link blog artinya akses menuju suatu blog. Misalnya jika kamu klik link berikut, maka kamu akan bawa ke artikel tersebut. Semakin bagus link dipasang ditempatnya (sesuai), maka berpotensi akan menarik pembaca, soalnya seo blog kamu bagus. 

Link juga mirip seperti hyperlink jika kamu menggunakan Microsoft office. Jika klik link hyperlink, maka kita akan dibawa ke halaman lain.

Lalu, siapa sih yang nggak mau didatangi banyak pengunjung? Dengan traffic tinggi, maka blog kita akan berpotensi mempunyai efek yang besar dalam blogmu. Jika traffic blog tinggi, maka kesempatan kamu mendapatkan uang banyak, terkenal, dan menjadi wirausahawan besar semakin nyata. Untuk mencapai traffic yang besar, salah satunya adalah blog kamu harus seo (ada link internal dan eksternal).

Apakah yang dimaksud Internal Link?

Internal link adalah link web yang kita buat menuju blog kita atau blog lain yang masuk ke blog kita. Salah satu contoh internal link adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara agar pengunjung meningkat

Cara membuat internal link dan external link di blogger
Contoh Internal link

Kamu bisa melihat postingan internal link di atas. Bagian yang berwarna merah tersebut adalah internal link. Ibaratnya tulisan warna merah/ pink tersebut seperti pintu kemana saja. Jika judulnya terkait blog, maka akan menuju artikel terkait blog. Biasanya tergantung isi link nya.

Kamu juga bisa mendapatkan link jika ada blog lain mencantumkan alamat link web blogmu. Maka kamupun mendapatkan link dari yang lainnya. Bagus banget kan internal link? 

Lalu, bagaimanakah dengan external link blog?

External link blog merupakan kebalikan dari internal link. Jika internal link adalah link yang menuju ke blog kita, maka eksternal link justru kita mencantumkan link blog atau web orang lain.

Misalnya kita menulis tentang artikel anti virus. Maka alangkah baiknya agar artikel kita lebih berbobot dan bagus, maka kita akan mencantumkan alamat web antivirus mereka di blog. Karena menuju blog luar selain blog kita, maka disebut external link. Sebagai saran, jika kamu ingin diterima adsense, maka untuk sementara jangan mencantumkan external link tersebut. Tapi jika kamu telah diterima, cantumkan ya. 

Kenapa nggak boleh mencatumkan external blog saat belum mendapat adsense? Alasan pasti sebenarnya aku masih belum tahu, tapi dari beberapa buku dan artikel web, kebanyakan menyarankan untuk nggak menuliskan, atau membatasi tepatnya. Bagaimana pengalamanku? Saat itu aku mencantumkan web besar lain di blogku dan diterima adsense. 

Baca Juga:

Jika kita membangun internal dan eksternal link secara baik, maka blog kita semakin seo dan potensi pembaca meningkat akan berlimpah.

Manfaat internal link dan external link

1. Memudahkan google dan pembaca dalam menjelalaj blog kita

2. Meningkatkan seo

Semakin banyak internal link di blog kita, maka proses crawling link akan semakin mudah. Ingat asosiasi sarang laba laba. Semakin banyak jaring mempermudah pengindeksan.

3. Traffic blog naik

4. Pendapatan uang meningkat, dll.

Strategi Internal dan eksternal link

Usahakan menuliskan internal atau eksternal link secara tepat. Kalo bisa jangan sampai lebih dari 4 link untuk artikel dibawah 500 kata. Karena jika tulisan kebanyak link juga akan membuat pembaca terganggu.

Kamu bisa menuliskan link secara beruntun 4 atau setiap kali ada topik yang sesuai, kamu masukkan linknya. Jangan sekali kali menipu pembaca dengan membuat link yang bersifat menipu karena kamu akan dibenci google.

Bagaimanakah cara membuat atau memasang link internal atau external link di blogger? Sangat gampang. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah link postingan juga:

1. Selesaikan artikel yang kamu buat

2. Tambahkan gambar, isi properties 

3. Bagian kanan artikel wajib diisi mulai label, schedule, permalink, dan search description.

4. Buka artikel yang sesuai dan ada hubungannya dengan artikel yang saat ini dibuat.

Cara membuat internal link dan external link di blogger
Cara buat Internal dan External 1

5. Copy url artikel lain

6. Buka artikel saat ini

7. Klik Link
Cara membuat internal link dan external link di blogger
Cara buat Internal dan External 2

Cara membuat internal link dan external link di blogger
Cara buat Internal dan External 3

Jika telah selesai, maka warna dari link internal atau external akan berbeda dengan tulisan lainnya. Jika di klik, maka akan menuju ke halaman berikutnya. Buat beberapa agar terlihat bagus.

Cara menghapus internal link dan external link

1. Buka setting blog dan edit artikel

2. Klik satu kali internal atau external link

Cara membuat internal link dan external link di blogger
Cara buat Internal dan External 4

3. Klik remove

Maka link akan hilang dan judul link sama seperti tulisan artikel lainnya. Jika kamu ingin mengganti internal atau external link, maka kamu klik change dan ganti url dan judul dengan yang dikehendaki.

Semoga artikel tentang cara membuat internal dan external link di blogger bisa dipahami dan mudah dipraktekkan. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara membuat internal link dan external link di blogger"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel