Kenapa traffic blog lama kalah dengan blog baru

Fujiharu.com - Hari ini ada kejutan terjadi di dua blog yang aku manage. Blog lama (utama) yang berisi berbagai ratusan artikel lebih justru pengunjungnya kalah dengan blog baru yang masih berusia satu bulan. Kenapa ya bisa sedikit traffic nya? Bagaimana cara mengatasi agar blog ramai pengunjung?

Kenapa traffic blog lama kalah dengan blog baru

Sebelum lebih jauh membahas, aku ingin sedikit membahas berbagai pengalaman tentang jatuh bangun membangun blog ini.

Apa itu blog?

Blog adalah salah satu sosial media atau platform untuk seseorang dalam mengekspresikan ide dan gagasannya dalam sebuah tulisan. Dalam blog juga bisa ditambahakan gambar dan juga video.

Blog bahkan bisa dimonetisasi sehingga menghasilkan uang. Uang tersebut bisa didapatkan dari kerjasama dengan adsense, jualan produk atau iklan lainnya.

Jenis Blog yang dikenal

Platform blog yang paling banyak dikenal adalah wordpress dan blogspot/ blogger. Contoh blog yang terkenal adalah blog Mastimon. Dia adalah salah satu blog yang menjadi penyemangatku untuk menjadi seorang blogger. Kayaknya bangga jika disebut blogger Indonesia, meskipun masih jauh untuk tahap seperti blogger Indonesia yang prosfesional lainnya.

Kenapa traffic blog lama kalah dengan blog baru

Baca Juga:

Jenis blog yang digunakan orang orang berbeda peruntukannya. Untuk aku sendiri adalah contoh dari blog pribadi. Blog Fujiharu.com berawal dari blog pengalaman pribadi. Lalu ketika ada kesempatan untuk dimonetisasi, maka akupun menggunakannya karena melakukan sesuatu yang menarik dan dibayar adalah sesuatu yang aku inginkan. Its like live on your dream.

Karena aku nggak menggunakan wordpress untuk menulis bognya, maka aku kurang tahu seperti apa wordpress. Kalian bisa search dengan lebih jelas apa arti wordpress dan juga cara membuatnya.

Aku membuat blog dari blogger atau blogspot, salah satu produk dari Google. Jika kamu ingin membuat blog di blogger, caranya kamu cukup mempunyai email gmail. Lalu kamu masuk ke situs blogger. Kamu tinggal isi pertanyaannya dan voila, dalam sekejap langsung jadi blognya.

Kenapa traffic blog lama kalah dengan blog baru

Blog Fujiharu.com sendiri sebenarnya telah lama dibuat, tapi karena alasan satu dan yang lainnya akhirnya baru dimulai lagi tahun 2017. Dan mulai serius dilaksanakan mulai 2019. Banyak sekali perjuangan yang telah diteteskan untuk sampai bertahan sekarang.

Jika kamu ingin dibaca oleh orang banyak, maka blog yang harus kamu buat harus menarik secara visual maupun isi. Jika bagus, maka akan banyak sekali orang yang akan membaca blogmu. Jika bermanfaat, sodakohmu akan tetap mengalir bukan? Semoga sodakoh baik yang tercipta ya.

Terkait judul diatas tentang blog lama aku yang bernama fujiharu.com traffic nya kalah oleh blog baru aku: Interpreter gadungan. Jujur aku agak kaget ketika melihat di dashboard pertama kali bahwa blog lama kalah traffic

Jangan bayangkan traffic yang ada seperti para master lain diluar sana. Blog baru dan blog lama aku masih berumur seumur jagung. Fujiharu hanya berumur kurang dari 4 bulan (setelah di ganti domain) dan Interpreter gadungan berumur satu bulan.

Saat ini aku selalu update setiap hari untuk fujiharu dan Interpreter gadungan. Tapi, kenapa hasilnya berbeda ya? Dari sedikit observasi, aku sedikit menyimpulkan dari perbedaan blog tersebut.

Fujiharu.com (Blog lama)

  • Niche Gado gado
  • Judul kurang menarik
  • promosi kurang
  • Artikel ratusan

Interpreter Gadungan (Blog baru)
  • Judul sedikit provokatif
  • Isi relatable dengan pembaca
  • Promosi cukup sering

Saat ini aku promosi hanya menggunakan facebook. Dan kebetulan topik dan juga judul menarik seringnya aku sematkan di blog baru, sehingga ketika aku posting di facebook, banyak sekali yang komen atau hanya sekedar like. Berbeda dengan fujiharu yang kurang menarik bagi teman teman atau pembaca yang ada di facebook. 

Menurut kalian, apa yang harus dilakukan agar blog lama bisa kembali ramai trafficnya?

0 Response to "Kenapa traffic blog lama kalah dengan blog baru"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel