Cara menghitung jumlah kata dalam bacaan di WordCounter

Fujiharu.com - Jika kamu suka ngeblog, pasti kamu pernah dengar dengan penulisan artikel yang diharapkan minimal 300 kata. Itu adalah jumlah yang bagus untuk jumlah minimal jumlah kata dalam artikel sebuah blog. Memang ada yang bilang 600 atau 1300 kata. Tapi, kita akan ambil yang paling sedikit 300 kata untuk menghitungnya. Lalu cara menghitung jumlah kata secara online dimana? WordCounter dong, soalnya gratis dan mudah.

Cara gratis menghitung kata di WordCounter

Standar minimal penghitungan kata dalam artikel

Bagi penulis pemula, menulis 300 kata merupakan jumlah yang sangat banyak, apalagi harus disertai data atau penulisan yang SEO friendly. Jangankan SEO, untuk menulis kata yang menjadikan kalimat saja belum tentu bisa, apalagi mikir SEO.

Tapi, ada satu tips agar kamu bisa menulis lancar (SEO kita pinggirkan dulu) lebih 300. Mau tahu caranya?

Aku telah membuktikan cara ini dan alhamdulillah bisa menulis dengan kata diatas 300. Artikel aku juga ada yang kurang 300 kata, tapi biasanya dari terjemahan blog luar yang aku salin ke Indonesia. 

Trik 1. Tambahkan berita

Sekarangpun masih sama jika menerjemahkan dari blog bahasa Inggris, maka kosakata akan sedikit sekali dibandingkan dengan menulis bahasa Indonesia langsung. Tapi, kini aku menemukan triknya. Salah satunya adalah menambah berita sendiri dengan berita lain. Dalam artian awalnya fokus tentang chart Billboard, maka aku akan membahas artis tersebut dan juga artis lain lainnya. Otomatis jumlah kata akan bertambah.

Trik 2. Buat personal

Cara selanjutnya agar kata yang ada dalam tulisan blog lebih dari 300 adalah membuatnya personal. Iya, dengan menambahkan informasi diri sendiri atau pengalaman yang ada disekitarmu, maka tulisan akan lebih lancar dan mengalir. Alhasil kata sebanyak 300 nggak jadi masalah, bahkan lebih jadinya. 

Lalu, cara gratis agar bisa menghitung kata atau kosakata dalam tulisan kita bagaimana?

1. Gunakan aplikasi word tools

Kamu bebas mengunakan aplikasi word manapun, mau 2019, 2016, 2013, 2010, 2003, bebas deh. Kamu cukup copy paste artikelmu di word, lalu kamu lihat bagian bawah layar, maka akan tertulis berapa banyak kata yang telah ditulis atau dihitung di word. Praktis kan?

Cara gratis menghitung kata di WordCounter

2. Website Word Counter

Dengan website ini, kamu akan semakin tahu berapa jumlah kata dalam bacaan yang telah ditulis dan juga spesifikasi lain seperti density (kerapatan tulisan), kata, karakter, kalimat, paragraf, reading level, berapa menit baca, dll. 

Cara gratis menghitung kata di WordCounter

Baca Juga:

Bahkan kamu bisa melihat berapa persen satu kata muncul dalam satu artikelmu. Keren kan?

Ayo tulis artikelmu dengan baik dan hitung berapa banyak kata atau kosakata yang telah kamu buat.

0 Response to "Cara menghitung jumlah kata dalam bacaan di WordCounter"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel