Kenapa iklan Adsense tidak muncul di blogger

Fujiharu.com - Gawat, iklan Adsense yang telah dipasang di blogger tidak muncul. Kenapa ya? Yang bikin aneh, iklan hanya nggak muncul di beberapa artikel saja, bukan semuanya. Apa ada kesalahan sehingga Adsense melarang iklan tampil di blog aku?

Kenapa iklan Adsense tidak muncul di blogger

Setelah browsing dan cek langsung di website resmi google terkait konten yang tidak muncul iklannya, aku tahu beberapa sebab. 

Disclaimer: cara ini bisa memunculkan iklan di blogku, tapi belum tentu permasalahan sama. Ada baiknya cek beberapa kemungkinan terkait permasalahan yang dialami.

Sebelum mulai mempelajari beberapa saran, ada baiknya kamu cek email gmail yang kamu daftarkan untuk adsense, jika ada pelanggaran, maka kamu akan dihubungi dengan email.

Awal permasalahan

Meskipun blog aku telah launching 6 bulan lalu dan selalu diupdate artikelnya perhari, tetap saja pengunjung yang datang nggak begitu banyak. Setiap hari pengunjung yang datang ke blog fujiharu.com hanya sekitar kurang dari 200, itupun aku lihat di dashboard blogger (katanya data di dashborad blogger nggak valid). 

Kenapa iklan Adsense tidak muncul di blogger
Contoh artikel yang tidak ada iklan Adsense

Baca Juga: Cara benar membangun blog dari awal menurut Mastimon

Setelah di cek, aku harus lebih spesifik lagi dalam menggunakan judul yang baik dan tentu saja keyword yang sesuai dengan artikel. Dengan informasi seperti itu, akupun mulai memperbaiki keyword yang kurang atau memperbaiki artikel yang nggak bagus. Istilahnya tambal sulam kekurangan yang ada.

Setiap kali ada kata keyword yang cocok aku masukin ke isi artikel dan juga memperbaiki typo yang ada. Jika telah memperbaiki, maka aku akan edit dan refresh sehingga aku bisa melihat langsung hasil pengeditan. Jika rapi dan muncul iklan, maka aku anggap sudah cukup bagus.

Baca Juga: Cara pasang iklan Adsense di Blogger

Tapi, kok ada beberapa artikel yang iklannya kadang muncul kadang nggak. Kenapa ya? Viruskah? Melanggar aturan Google Adsense kah?

Jelas aku khawatir karena aku nggak mau google Adsense aku di bann*d oleh google karena untuk mendapatkannya aku harus mengupayakan dengan sekuat tenaga. Jika nggak muncul iklanpun aku jadi khawatir karena penghasilan dari beberapa artikel yang telah aku buat nggak berimbas positif pada earning atau pendapatan adsense aku.

Baca Juga: Diterima google Adsense

Ada informasi yang aku dapatkan, bisa saja isi artikel nggak sesuai dengan iklan makanya nggak muncul. Jujur aku akui, karena awal awal aku ngeblog hanya menggunakan feel menulis, nggak peduli keyword

Lalu, cara yang aku lakukan agar iklan adsense kembali muncul di artikel blog dengan apa? Aku membuang atau menghapus history website di browser, lalu masuk kembali ke blog dan mulai mengeceknya. Hasilnya? Alhamdulillah iklan muncul. Yes, masalah terselesaikan.

Kenapa iklan Adsense tidak muncul di blogger
Iklan muncul

Tapi, bagaimana jika masalah kalian tetap berlanjut? Ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Data ini aku dapatkan dari pusat bantuan adsense dengan judul pemecahan masalah iklan; tidak dapat melihat iklan adsense untuk konten:

Akun kamu sebelumnya ditolak Google

Jika kamu ditolak, pastinya iklan nggak muncul dong. perubahan status juga bisa jadi 48 jam sampai 1 minggu. Harap bersabar, ini ujian. Ups.

Baca Juga: Ditolak google Adsense berkali kali

Masalah di browser dan masalah pencekalan iklanmu

Lebih baik kamu hapus history browsermu agar hasil lebih fresh. Alhamdulillah dengan melakukan ini, iklan muncul.

Kode AdSense Anda belum dipasang dengan benar

Bisa jadi kamu memasang kode adsense atau iklan nggak sesuai, makanya iklan nggak muncul dengan baik. Coba pasang benar!

Kamu mendaftar via mitra host AdSense dan memasang kode iklan di domain kamu sendiri

Jika kamu daftar melalui mitra host AdSense (seperti Blogger atau YouTube) dan ingin menampilkan iklan AdSense di domain kamu sendiri, kamu harus mengajukan permintaan persetujuan satu kali dari dalam akun AdSense.

Kamu belum memasukkan PINmu

Jika belum memasukkan PIN hingga batas waktunya berakhir, iklan mungkin tidak ditampilkan lagi. Untuk mengaktifkan iklan bertarget, kamu harus memasukkan PIN. Jika mengalami kesulitan menerima PIN, silakan kunjungi tab 'Alamat dan verifikasi telepon'.

Apakah iklan berada dalam bingkai bersarang?

Meskipun dapat memilih tempat untuk meletakkan iklan di laman, pastikan untuk tidak menyematkan kode iklan di tag div yang berlebihan atau bingkai yang bersarang. Tergantung setting browser, menerapkan kode iklan dengan cara ini dapat menghalangi ditampilkannya iklan dengan benar.

Baca Juga: Cara membuat internal link dan external link di blogger

Apakah JavaScript diaktifkan pada browser?

Pastikan telah mengaktifkan JavaScript di browsermu, karena hal ini diperlukan untuk melihat iklan! Jika bermasalah dalam melihat iklan, coba periksa juga kalau-kalau ada JavaScript yang bertentangan di situs yang dapat menghalangi ditampilkannya iklan.

Tambahan info berdasarkan pengalaman aku:

1. Ganti judul dengan rekomendasi google (keyword google serach)

2. Tambahkan keyword di artikelmu

3. Ganti URL (agak ribet; kalo bisa jangan, tapi coba aja kalo mau)

Silahkan kamu cek lagi kira kira permasalahanmu ada dibagian mana. Semoga bisa membantu ya.

0 Response to "Kenapa iklan Adsense tidak muncul di blogger"

Post a Comment

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel