Cara copy CD/ mp3/ Lagu ke Laptop

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara mengcopy lagu orisinal/ orisinil ke laptop atau PC? Caranya gampang, apalagi kamu nggak perlu software atau aplikasi tambahan yang harus diinstall di PC atau laptopmu. CD asli yang telah tercopy bisa langsung kamu pindahkan ke PC, Laptop atau handphone. Dan kualitasnya bisa kita tentukan sendiri, apakah ukuran default atau yang paling bagusnya. 

Cara yang aku praktekkan ini alhamdulilah terbukti. Dengan copy CD ke laptop, kita juga nggak menyalahi hak cipta. Soalnya kita kan beli CD-nya, lalu kita memindahkannya ke laptop atau PC kita. Dan biasanya aku akan mendengarkan MP3 atau jenis WMA nya di handphone, jadi bisa dibawa kemanapun.

Kenapa kita harus copy CD ke Laptop?

Alasan yang pasti adalah karena bentuk CD gampang rusak jika terus menerus digunakan, maka akan tergores, misalnya. Daripada rusak dan akhirnya nggak bisa didengarkan file atau mp3 nya, aku akan mengcopy file tersebut ke PC atau laptop agar lebih lama tersimpan dan lebih aman tentunya. Biasanya akan memasukkannya ke koleksi di cloud Mediafire atau Mega tersendiri agar bisa didownload kapanpun.

Legalkan aktifitas ini?

Jangan khawatir, kan kita beli CD nya, jadi itu hak milik kita asal kita nggak posting sembarangan. Lagian ada CD Ripping, jadi fungsinya untuk mengcopy CD tersebut, bukan?

Cara yang aku gunakan untuk ripping atau copy CD adalah dengan software bawaan Windows sendiri, bukan yang install aplikasi pihak lain.

Lalu bagaimana tutorialnya? Berikut ini adalah caranya.

CARA COPY CD LAGU ORIGINAL KE LAPTOP/KOMPUTER

File yang ada di CD biasanya berformat file .CDA (CD Audio Track). File ini nggak bisa langsung kita copy ke PC atau Laptop kita. Percayalah, aku pernah mengcopy dan nggak bisa, soalnya file berupa file .CDA yang ukuran sizenya cuma 1 kbyte. Nggak mungkin banget kan size mp3 satu lagu cuma 1kbyte? Biasanya pasti minimal 1 megabyte.

Aplikasi yang akan aku gunakan adalah dengan software bawaan Windows, yaitu program Windows Media Player. Pasti ada dong, kecuali yang windows 10 katanya harus install ulang lagi. Tapi gampang kok tinggal masuk ke Microsoft dan download dengan cepat dan aman.

1. Masukkan CD MP3/Lagu Ke CD-ROM Drive PC atau Laptop

Biasanya ketika CD dimasukan ke CD-Room, maka otomatis Windows Media Player akan muncul, jika belum, kamu bisa klik Windows Media Player.

2. Pastikan CD MP3/Lagu Aktif

Jika CD MP3 terdeteksi, maka akan langsung nyala Windows Media Playernya. Ada beberapa PC atau Laptop yang nggak langsung nyala, tapi nggak apa apa. Kamu klik logo WMP (Windows Media Player) aja.

Nanti, dibagian WMP, kamu klik folder CD room ya. 

3. Buka Menu Options 

Kamu klik CD room yang berisi filenya. Lalu akan terlihat beberapa file yang bisa kamu rip terlebih dahulu.

Cara copy CD/ mp3/ Lagu ke Laptop

Dari menu atas kita pilih Rip Settings. Lalu pilih More Options. 

4. Tentukan Lokasi, Format/ tipe Dan Kualitas suara

Dari menu options ini, tentukan lokasi dimana kita ingin menyimpan file musik/ lagu/ MP3. Kita bisa pilih juga format hasilnya (banyak pilihan 3GP, WMA,MP3, dsb). Dan jangan lupa yang terakhir kualitasnya (disarankan pilih Best Quality atau yang paling bagus).

Cara copy CD/ mp3/ Lagu ke Laptop
5. Lakukan Proses Copy 

Klik Rip, lalu data akan tersimpan. Jika telah selesai, kamu telah mengcopy lagu atau file ke PC atau laptopmu.

Tekan tombol OK untuk menyimpannya.

Cara copy CD/ mp3/ Lagu ke Laptop

Baca Juga:

Semoga tutorial cara copy CD/ MP3/ lagu ke laptop dan PC gampang dimengerti dan filemu bisa berguna. Cara ini aku gunakan setelah aku ripping CD buku bahasa Jepang Minna no Nihongo edisi kedua yang baru aku beli.

Bagi yang ingin download buku Minna no nihongo 2nd edition, silahkan baca artikel berikut dulu.

1 Response to "Cara copy CD/ mp3/ Lagu ke Laptop"

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel