Lembaga Pemagangan ke Jepang 'Ichikara'

Fujiharu.com - Satu lagi lembaga pemagangan ke Jepang di Bekasi adalah Ichikara. Ichikara merupakan perusahaan yang bergerak dibidang tenaga kerja, pendidikan, dan penerjemahan bahasa Jepang. Lembaga ini baru aku temukan beberapa minggu yang lalu.

Lembaga Pemagangan ke Jepang 'Ichikara'

Tanpa sengaja kenal Ichikara

Singkat cerita, aku mencari teman lama yang katanya bekerja di wilayah Cikarang, Bekasi. Dengan berbekal Google Maps, aku menuju tempat tersebut. Ternyata temanku bekerja di Ichikara, semacam perusahaan yang bergerak dalam dunia jasa bahasa Jepang.

Orang yang dicari (teman) nggak ketemu, karena dia sedang ikut training dari Japan Foundation, tapi aku mendapatkan banyak informasi dari mereka terkait Ichikara. 

Ichikara juga satu tempat yang direkomendasikan temanku yang dari Karawang agar aku apply menjadi tenaga pengajar di Ichikara. What a coincidence!

Sebelumnya, jika ada seseorang yang mau ke Jepang, aku akan sarankan untuk mencari informasi ke Minori, salah satu lembaga pemagangan yang sudah sangat terkenal di wilayah Bekasi. Tapi kini, aku punya referensi lain jika kalian ingin ke Jepang. Feel free to contact them! Ichikara nama perusahaan atau lembaga tersebut.

Apa sih ichikara

Jika dipenggal katanya, maka kita dapatkan "ichi" yang artinya "satu", dan "kara" yang artinya "dari". Jika digabung berarti "dari satu". 

Filosofi perusahaannya mungkin hanya pak Arief (Owner) yang tahu dan stafnya. Kebetulan ngobrol dengan pak Arief hanya sebentar. Aku lebih banyak mengobrol dengan staf lain.

Ichikara merupakan perusahaan yang akan membantumu dalam mengikuti pemagangan ke Jepang. Dengan mengikuti program Ichikara, maka kamu akan digembleng dengan bahasa Jepang dan juga fisik. Jika telah digembleng, maka kamu diharapkan siap dalam mengikuti tes yang diadakan oleh pemerintah dalam merekrut tenaga siap kerja di Jepang nanti.

Keuntungan bekerja di Jepang

Sesuai dengan data yang ada di kertas informasi Ichikara, jika bekerja di Jepang dalam kurun waktu 3 tahun, maka kita bisa mendapatkan uang sebanyak 380 juta rupiah. Dan satu hal lagi yang terpenting adalah kita bisa bahasa Jepang yang bisa kita gunakan kembali saat pulang ke Indonesia dan bisa kita gunakan saat melamar kembali ke perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Menarik bukan?

Dan jangan lupa, Jepang juga sedang butuh SDM lho, soalnya Jepang sedang mengalami depopulasi, alias pertumbuhan penduduknya tidak selaras. So, banyak sekali kebutuhan tenaga dari negara asing. Indonesia khususnya. Dan pekerjaan yang ditawarkan Jepang juga banyak sekali, Baito contohnya.

Lalu, Mengapa harus bekerja di Jepang?

1. Jepang negara maju 

Karena Jepang sangat maju, kita bisa belajar banyak tentang dunia manufactur, teknologi dan lainnya agar kita semakin cerdas dalam dunia global

2. Daya Tarik Jepang

Fashion, anime, budaya dan lainnya menjadi daya tarik wisatawan dunia, sehingga sangat menarik jika kita bisa langsung menjadi bagian sorotan dunia tersebut.

3. Negara disiplin

Jika kita belajar pada negara yang disiplin, maka kita juga diharapkan semakin disiplin dan hal baik tersebut bisa kita bawa ke Indonesia agar Indonesia juga semakin bagus pastinya.

Bagi yang ragu, come on, don't be! Ichikara bekerjasama dengan Disnakertrans dengan IM Japan. 

Syarat menjadi pemagang di Ichikara

Lembaga Pemagangan ke Jepang 'Ichikara'

Jika ingin gabung ke Ichikara dan dilatih oleh tenaga ahli agar kita siap magang ke Jepang, maka berikut adalah syaratnya:

1. Laki laki atau Perempuan usia 18-26 tahun

2. Tinggi minimal Laki laki: 162 cm, Berat 52 kg. Perempuan: 155 cm, Berat 45 kg. 

3. Mempunyai sertifikat teknik 220 jam dari BLK bagi lulusan selain SMK

4. Belum pernah megikuti program pemagangan sebelumnya

5. Memiliki sikap disiplin, jujur dan integritas tinggi

6. Memiliki motivasi kuat

7. Tidak cacat tubuh, tidak ada tato, tindik atau bekasnya, patah tulang, tuli, hernia, sakit kulit, kaki semper, kaki o/x, disfungsi organ tubuh, buta warna, minus/ silindris, bekas operasi, buta warna, bekas kecelakaan, luka bakar, usus buntu dalam satu terakhir.

8. Bersedia mengikuti peraturan yang berlaku.

Jika kamu daftar di Ichikara, maka kamu akan dapat fasilitas berikut:

Lembaga Pemagangan ke Jepang 'Ichikara'

1. Asrama

2. Listrik, air dan gas

3. Asuransi kecelakaan dan asuransi kerja

Berapa Biaya pemagangan

Untuk biaya sebenarnya tidak disebutkan secara rinci, tapi alangkah lebih baiknya kamu hubungi langung Ichikara agar lebih detail dan lebih jelas informasinya. 

Tapi dari info yang didapat, banyak sekali keuntungannya. Seperti asrama yang bersih, pelatihan bahasa mumpuni, latihan fisik, dll. 

Dan, satu hal yang aku salut dari LPK atau lembaga pemagangan seperti Ichikara ini adalah hasil bahasanya bisa cukup bagus dan cepat dibandingkan kamu kursus biasa. Kenapa? Soalnya digemblengnya setiap hari, insentif, jadi mau nggak mau, mereka akan terpacu untuk bisa. 

Seoga dengan pelatihan bahasa tersebut, kamu bisa setidaknya mendapatkan JLPT N5 atau JLPT N4.

Alamat Ichikara

Bagi yang tertarik, silahkan hubungi ichikara.co.id (web nya agak lelet, terlalu berat)

IchikaraKomplek ruko melawai Jln. Azalea Blok A No. 31 Lembah Hijau, Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat 17550.Kantor 021 8990 6912, HP 0813 1821 6260 

Menurut info, Ichikara bukan hanya bergerak di pemagangan. Bagi perusahaan yang butuh interpreter atau tenaga pengajar bahasa Jepang, bisa hubungi Ichikara. Bagi yang ingin kursus bahasa Jepang, bisa juga hubungi mereka lho.

Baca Juga: Privat Bahasa Jepang 

Sekedar info, banyak sekali lembaga pemagangan abal abal yang berusaha mengirimkan SDM Indonesia ke Jepang, tetapi kurang bertanggung jawab pada mereka. Selalu waspada nggak ada salahnya dong.

Bagi yang tertarik kursus bahasa Jepang atau ingin tahu lembaga pemagangan lain, silahkan bisa observasi di Minori, JIAEC, Sakura JLC, atau Selnajaya.

Semoga sukses ya.

0 Response to "Lembaga Pemagangan ke Jepang 'Ichikara'"

Post a Comment

Biasakan berkomentar yang santun

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel