Beli ram ddr4 4gb kingston untuk Lenovo 330s

Fujiharu.com - Bebarapa hari ini laptop kurang lebih nggak bisa digunakan karena ram yang ada di Lenovo 330s kurang memadai, alhasil laptop sering dianggurin karena laptop menjadi lemot. Setelah observasi, aku harus menambah ram ddr4 4gb agar daya pacu laptop kuat dan kencang. Tapi apakah informasi itu benar?

Beli ram ddr4 4gb kingston untuk Lenovo 330s di Bekasi

Laptop yang aku punya bukan sekedar laptop biasa. Hampir sebagian besar aku habiskan di depan laptop. Untuk membuat artikel, mencari sumber bacaan, mencari musik, mencari informasi, dll. Pokoknya semacam handphone kedua. Cuma jika handphone kurang sreg karena layar yang kecil, maka aku jarang bahkan hampir nggak pernah buat artikel di smartphone.

Laptop Xiaomi hilang dicuri


Laptop yang paling aku sayangi adalah merek Xiaomi yang aku beli saat di Jepang dulu. Laptop tersebut sangat bagus karena disamping harga yang mahal, aku suka sekali daya tempur mesin yang ada di Xiaomi laptop. Kalo nggak salah saat itu laptop Xiaomi sudah ddr4 8giga, i5 dan lebarnya sekitar 13-14 inchi. 

Namun sayang, ketika aku berada di mesjid Tangerang saat menuju kampung, tas dengan segala isinya diambil pencuri. Hampir 20 juta ludes nggak berbekas. Ketika lapor ke polisi, eh jawabannya cukup menyakitkan. Mungkin orang biasa kali ya jadi nggak begitu ditanggapi. Entahlah.

Pergantian laptop

Dengan alasan kehilangan tersebut, aku harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli laptop baru. Setelah observasi beberapa hari, akhirnya aku memutuskan untuk beli Laptop Lenovo 330s. Alasan aku membeli merek ini adalah karena laptop aku yang dibeli di Jepang juga sama mereknya dan sampai sekarang masih bagus, cuma kini berada di tangan adik tercinta.

Laptop Lenovo 330s yang aku gunakan masih menggunakan i5, ram ddr4 4giga. Dari awal aku sudah wanti wanti bahwa aku harus beli ram lagi agar menjadi 8giga. Alasannya karena pasti kecepatannya akan berkurang. Istilahnya biasanya aku bawa motor dengan kecepatan yang cukup tinggi, tapi kini harus naik sepeda. Cukup menggangu, apalagi ketika laptop juga cukup banyak file. Saat itu lelet sekali. Aku bahkan kesel sampai ke ubun ubun.

Akibat leletnya ram, pekerjaan aku terganggu, bahkan aku nggak enak sama teman yang ada di Jepang karena cukup mengganggu deadline yang telah ditentukan. 

Beli ram ddr4 4giga

Beli ram ddr4 4gb kingston untuk Lenovo 330s di Bekasi
Tokopedia

Sebelum aku beli, aku menghubungi pihak penjual laptop, jika memasang ram baru apakah merusak garansi yang ada? Katanya, "nggak, soalnya pemasarangan ram nggak merusak segel". Syukurlah, tapi halangan lain datang. Harganya nggak kira kira.

Aku bertanya di area mall mall Bekasi berapa harga ram ddr4 4 giga. Hampir semuanya mengatakan bahwa harganya sekitar 750 ribu. Bahkan ketika aku datang ke Mall Lippo Cikarang, harganya ternyata 950 ribu rupiah. Tambahan lagi, ketika ke toko tempat pembelian laptop, harganya justru lebih tinggi Rp. 1.250.000. Wow, harga yang sangat fantastis.

Setelah mendengarnya, aku langsung nyerah untuk memperbaiki laptop. Apalagi duit juga nggak seperti sebelumnya saat aku menjadi menjadi interpreter di perusahaan Jepang. Kini aku freelance, jadi sangat berbeda pemasukan perbulannya. Curcol.

Cari di Online

Ketika aku mencari di online, harganya memang cenderung murah, tapi aku kurang tahu apakah asli atau tidak, lalu kondisinya baru atau nggak. Ketakutan lain adalah karena jika gagal dipasang bagaimana? Kan sayang jika harus terbuang sia sia duit sekitar 250 ribu.

Beli di toko komputer di BCP Bekasi 

Aku mulai bergerilya dan menemukan toko yang menjual ram ddr4 4 giga seharga 600 ribu. Cukup murah. Aku mulai menawar apakah bisa kurang dan katanya bisa kurang sekitar 550.000. Aku langsung mengiyakan dan mulai diperbaiki laptopnya.

Pemasangan ram ddr4 4 giga cukup mudah ternyata. Kendala aku cuma nggak punya alat pembuka laptop. Sekitar 15 menit telah selesai.

Saran dari Toko komputer

Kata penjualnya, jika ingin berkecepatan lebih, maka harusnya bukan menambah ram, tapi justru mengganti HDD dengan SSD. Jika SSD maka akan lebih lancar. Memang benar sih apa yang diucapkan penjualnya karena teknologi SSD lebih bagus, cuma harga SSD sangat mahal. Untuk ukuran 120 GB saja kurang lebih 250 ribu. Bayangkan jika aku yang mempunyai banyak data sekitar 1 tera byte, maka 3 jutaan harganya. Tapi, menambah ram juga nggak salah. Kenapa? Alhamdulillah laptop dalam performa bagus ketika ramnya kini menjadi 8 giga.

Performa setelah diperbaiki

Seperti tulisan di atas, performa laptop Lenovo 330s aku semakin bagus. Aku semakin lancar ketika membuka laptop tanpa lemot sedikitpun. Contohnya adalah biasanya aku membuka browser cukup banyak sehingga tenaga yang keluar tergopoh gopoh, bahkan not responding. Kini hal tersebut bukan masalah lagi karena kondisi laptop kini sangat prima. 

Semoga dengan pergantian ini, laptop semakin bermanfaat buat aku dan orang sekitar.

Note: 

Memang benar performa laptop semakin baik, tapi nggak tahu kenapa laptop restart sendiri dan cukup mengganggu. Ketika datang lagi ke toko komputernya, justru nggak restart sendiri. 

Upaya yang aku lakukan saat ini adalah masih observasi dan juga menginstall windows terbaru karena siapa tahu ketika dipasang ram baru ddr 4 giga, ada software yang harus diinstall.

0 Response to "Beli ram ddr4 4gb kingston untuk Lenovo 330s"

Post a Comment

Biasakan berkomentar yang santun

Recent Articles

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel