Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya

Fujiharu.com - Kali ini aku akan bercerita tentang bagaimana aku booking hotel atau penginapan melalui Agoda dan juga booking tiket kereta api via Tokopedia. Hal ini berawal dari tes CPNS di Surabaya nanti.

Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya

Menunggu kapan tes dan dimana tempat tes CPNS Jatim atau Surabaya cukup lama. Hampir setengah bulan lebih dari hasil pengumuman administrasi sampai pengumuman kapan tes baru diumumkan. Katanya sih biar pas ujian lebih nyaman. Tapi, bagi aku yang menunggu pengumuman tersebut, lamanya terasa seabad lebih. Bagaimana menunggu pacar ya? Hehe.

Ini adalah pengalaman aku dalam memesan hotel atau tempat tinggal selama 2 hari 13 dan 14 Februari 2020 melalui Agoda dan booking tiket KAI dengan Tokopedia. Gampang nggak, sih? Sulit ketika pertama kali, tapi ketika menjalaninya, sangat mudah!

Booking tiket via Tokopedia

Kata temen, jika ada tes CPNS, maka akomodasi harus segera dibooking secepatnya karena pasti akan penuh dan akan kesusahan mencari transportasi.

Karena saran tersebut dari temen yang telah berkali kali ikutan CPNS, maka aku percaya dong. Aku langsung mencari informasi kereta menuju Surabaya setelah mengetahui alamat tes di Graha Unesa Citra Surabaya.

Untuk tes CPNS di Surabaya, aku mendapatkan tempat di Graha Unesa, Surabaya. Jujur, sepertinya ini akan menjadi cerita yang menarik karena aku akan solo trip setelah beberapa lama nggak pernah aku lakukan. Im so excited.

Tokopedia adalah satu platform yang sering aku gunakan disamping belanja kebutuhan sandang dan pangan. Kali ini akupun akan menggunakannya untuk booking KAI. Berharap sih akan ada promo tiket kereta agar lebih hemat bayarnya. Saat ini aku mencari tiket kereta api ekonomi karena jika menggunakan yang bisnis atau eksekutif, sangat mahal. Harganya bisa 3 kali lipat dari harga ekonomi. Harga ekonomi saat aku beli sekitar 130 ribu untuk sekali jalan dari Stasiun Pasar Senen sampai Stasiun Pasar Turi Surabaya. 

Tiket kereta api tokopedia cukup murah, soalnya jika aku memasukkan kode promo, maka akan ada cashback. Dulu kalo nggak salah pernah dapat cash back sampai 10 ribuan. Kali ini aku dapat cashback sekitar 8500 untuk tiket PP Jakarta Surabaya. Caranya cukup gampang, aku memasukkan kode "Gajianseru". Awalnya aku memasukkan kode "toped", tapi cashback cuma 5500.

Aku sebenarnya coba coba tiket kereta api di tiket.com, agoda dan traveloka, tapi dari semuanya, tokopedia lebih praktis dan lebih murah, maka aku memilihnya. Sebelumnya aku juga mencari info tokopedia flight, tapi harganya cukup mahal, maka aku urungkan.

Cara pesan tiket Kereta api via tokopedia.

1. Buka aplikasi tokopedia

2. Ketikkan "kereta"

3. Pilih kereta asal dan menuju kereta yang dituju.

4. Pilih tanggal keberangkatan

5. Cari Tiket

6. Pilih kereta sesuai dengan keinginan

7. Isi identitas diri, jangan sampai salah ya.

8. Pilih kursi yang diinginkan

9. Masukkan kode promo biar hemat

10. Pilih pembayaran

11. Selesai

Sangat gampang sekali lho, menggunakan Tokopedia. Nanti kamu akan mendapatkan kode yang harus kamu scan di stasiun keberangkatanmu. Biasanya 7 hari sebelum keberangkatan udah bisa di print. Nanti tunjukkan tiket tersebut ke petugasnya saat kamu akan naik kereta.

Setelah aku selesai booking kereta, aku mencari penginapan murah. Awalnya sih aku ingin nginep di mesjid, seperti solo trip yang sering aku lakukan dulu. Tapi, karena aku nggak ingin merusak rencana tes ini, aku putuskan untuk booking hotel atau penginapan murah aja agar pas ujian lebih asyik.

Bingung mau booking via Tokopedia, Agoda, Reddoorz, Pegi Pegi dan traveloka.

Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya

Kebingunan yang aku rasakan adalah ketika akan menentukan hotel atau tempat penginapan mana yang harus aku pilih. Jika di hotel berbintang, sudah pasti akan mahal, tapi jika menginap di rumah penduduk, aku takut mengecewakan karena kedatangan aku ke Surabaya untuk tes. Jika merusak mood, takut merusak segalanya.

Tokopedia adalah platform pertama yang aku gunakan untuk mencari tempat tinggal saat di Surabaya nanti. Tapi, beberapa tempat harganya mahal dan meminta kartu kredit saat daftar, maka aku tolak. Ketika nggak meminta kartu kreditpun, tempatnya cukup jauh dari Graha Unesa, maka aku urungkan menggunakan tokopedia.

Mencari tempat tinggal dengan google

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan google. Aku cari beberapa tempat berdasarkan jarak tempat ujian dan tempat tinggal nanti. Alhamdlulillah menemukan banyak tempat yang cocok. Tapi karena saking banyaknya rekomendasi, aku juga semakin bingung. Mana yang harus aku pilih.

Agoda, Reddoorz, pegi pegi dan aplikasi lainnya pada muncul di jendela browser. Aku browsing dengan cukup teliti mana yang harga dan jaraknya cocok. Alhamdulillah aku mendapatkan tempat tinggal di sekitar Stasiun Gubeng Surabaya: My Studio Hotel City Center. Semoga saja tempatnya cocok dan nyaman. Harganya sangat murah: 71.399. See, hemat banget kan? 

Persiapan Travelling selanjutnya

Sejak aku tahu berapa harga kereta dan juga tempat tinggal, aku semakin ingin travel ke beberapa kota di Jawa. Soalnya aku suka sekali jalan jalan ke tempat baru, tentunya dengan dana yang hemat.

Baca Juga: Review buku Rezeki Level 9 (2)

Bagi kamu yang sering travelling, mungkin ceritaku cukup basi, tapi bagi aku, its so excited and entertaining coz this is the first experience.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya"

Berlangganan via Email